Apa itu Oatmeal dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Oatmeal merupakan  biji-bijian gandum utuh, saat ini oatmeal tidak hanya identik sebagai salah satu makanan untuk program diet, namun lebih luas lagi, karena merupakan jenis karbohidrat kompleks yang menyehatkan tetapi dapat dijadikan makanan sehat yang bermanfaat bagi tubuh.

Sudah saatnya kita memulai hari-hari sibuk dengan oatmeal yang saat ini sudah banyak beredar produk tersebut di pasaran, dikutip dari prosana.

Beberapa manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh seperti dikutip dari healthline.

  1. Mencegah penyakit-penyakit mematikan

Oatmeal merupakan  biji-bijian gandum utuh yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Oatmeal juga mengandung lignan, yaitu senyawa kimia yang telah ditemukan dapat mencegah penyakit jantung.

The Dietary Guidelines for Americans 2010 merekomendasikan makan biji-bijian untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, biji-bijian seperti gandum merupakan sumber zat besi, magnesium, dan vitamin.

  1. Tinggi antioksidan, termasuk Polifenol dan Avenanthrimides

Kandungan antioksidan polifenol yang tinggi pada oatmeal berperan penting untuk menjaga tubuh dari radikal bebas hingga memberikan dampak pada kesehatan kulit dan mencegah kanker. Antioksidan Avenanthrimides membantu dalam penurunan tekanan darah pada tubuh dan juga mengandung anti-inflamasi.

  1. Membuat kulit sehat

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi pada oatmeal dapat membantu lapisan kulit mengeluarkan radikal bebas yang berasal dari sinar matahari atau polusi.

Oatmeal_prosana_S__11476996-e1520330539759
Oatmeal (foto Prosana)

Produk oatmeal banyak beredar di pasaran dan tersedia di supermarket, sehingga kita bisa menikmati makanan sehat yang praktis kapan pun dan dimana pun.

Apa itu Penyakit Kardiovaskular?

Sistem Kardiovaskuler yaitu sistem peredaran darah di dalam tubuh. Sistem Kardiovaskuler terdiri dari darah,jantung dan pembuluh darah. Jantung terletak di dalam mediastinum di rongga dada. 2/3 nya terletak di bagian kiri, 1/3 nya terletak di bagian kanan dari garis tengah tubuh, seperti dikutip dari sistemkardiovaskuler.

Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Penyakit kardiovaskular yang umum adalah: penyakit jantung iskemik (ischemic heart disease) (IHD), stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi (hypertensive heart disease), penyakit jantung rematik (rheumatic heart disease) (RHD), pembesaran aorta (aortic aneurysm), cardiomyopathy, atrial fibrillation, penyakit jantung bawaan (congenital heart disease), endocarditis, dan peripheral artery disease (PAD), dilansir dari wikipedia.

Sehingga oatmeal merupakan salah satu jawaban untuk terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Semoga bermanfaat

By Kissparry.
Editor: Kissparry WN
Gambar: Prosana

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s