Hiburan dan Wisata

Merapi Park dengan Landmark Belahan Dunia di Lereng Merapi, Kaliurang Yogyakarta

Setelah perjalanan sekitar empat setengah jam dari Semarang karena mampir sarapan pagi di Soto Sedeep Resto di Jambu, hampir satu jam, akhirnya sampai di Merapi Park, the World Landmark, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, lereng Gunung Merapi.

Lokasi taman Merapi masih dekat dengan museum Merapi, di Kaliurang, di dalam taman tersebut disamping ditanami bunga-bunga khas juga terdapat miniatur bangunan monumental dari belahan dunia, atau landmark dan ikon dari suatu negara, seperti Burj Al-Arab di Dubai Uni Emirat Arab.

Burj Al-Arab di Taman Merapi

Bagian-bagian Taman Merapi

Kissparry membagi menjadi 5 bagian diseluruh area dalam Taman Merapi, yang berada di Kaliurang, Kab Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembagian ini semata-mata untuk memudahkan dalam menjelajahi Taman Merapi dengan Landmark dunianya, agar ketika di tempat ini tidak ada yang terlewatkan.

Awal pembangunan Merapi Park – The World Landmark (foto Istimewa)

Foto diatas menggambarkan lokasi yang berada di lereng Gunung Merapi, pengambilan gambar (foto) pada saat awal pembangunan, namun sudah dibuka untuk umum.

Saat pengambilan gambar terbaru pada tanggal 19-01-19 yang dilakukan oleh EswedeWea (Kissparry Weanind), terlihat seperti dibawah ini berbeda lokasi pengambilan atau sebaliknya.

Landmark dunia di Taman Merapi hampir tampak semua, dari gazebo depan

Tampak sebelah kiri merupakan bagian sebelah kanan taman, di bagian sebelah kanan landmark Kincir Angin (Belanda), Menara Eiffel (Paris Perancis), Patung Liberty (New York Amerika Serikat), Kuil Surga (Beijing – China), berada di sisi kanan (dari kita tampak kiri), dan yang tidak tampak Love New York Sculpture (Love) – New York Amerika Serikat.

Pembatas atau ditengah taman merupakan jalan untuk lalu lalang yang ditengahnya terdapat air mancur, apakah air mancur ini juga simbol atau tiruan dari daerah mana atau khas Merapi Park belum diketahui pasti, perlu tanya ke pengelola wisata ini.

Kemudian di sebelah kiri tampak landmark Piramid (Mesir), Menara Burj al-Arab (Dubai), Menara Royal Clock (Makkah – Arab Saudi), Post Office Box dan Telephone Box (London – Inggris), Menara Big Ben (London – Inggris), Menara Pisa (Roma – Italia), yang tidak tampak Koloseum (Roma – Italia).

A. Bagian Depan

Bagian depan terdiri loket dan pintu masuk, sebelum pintu masuk tersedia toilet. Setelah pintu masuk terdapat taman pembuka, ke area taman utama atau ke wahana bermain.

B. Bagian Taman Utama Sisi Kiri

Bagian taman utama sisi kiri, pada sisi kiri setidaknya ada 7 landmark dari beberapa negara di dunia. Sebelah kiri terdapat jalan, pintu masuk langsung terhubung ke sisi kiri taman.

Taman Merapi di sisi kiri

Landmark disebelah kiri sudah disampaikan diatas, mulai yang terjauh berarti terdekat dengan pintu masuk, yakni Piramid (Mesir), Menara Burj al-Arab (Dubai), Menara Royal Clock (Makkah – Arab Saudi), Post Office Box dan Telephone Box (London – Inggris), Menara Big Ben (London – Inggris), Menara Pisa (Roma – Italia), dan Koloseum (Roma – Italia).

C. Bagian Taman Utama Sisi Kanan

Bagian taman utama sisi kanan, pada sisi kanan setidaknya *ada 5 landmark dari negara di dunia yang terkenal. Sebelah kanan belum ada jalan seperti halnya sebelah kiri, mengingat sebelah kiri langsung berhubungan dengan bagian depan.

Landmark disebelah kanan yaitu Kincir Angin (Belanda), Menara Eiffel (Paris Perancis), Patung Liberty (New York Amerika Serikat), Kuil Surga (Beijing – China), berada di sisi kanan (dari kita tampak kiri), dan yang tidak tampak Love New York Sculpture (Love) – New York Amerika Serikat.

Saat ini masih dikembangkan ke sisi belakang, New York Love Sculpture terletak di sisi kanan, tetapi berada dibelakang tulisan THE WORLD LANDMARK. Sedangkan di belakang LOVE juga terdapat gazebo untuk tempat istirahat.

D. Bagian Taman untuk Istirahat

Bagian taman untuk istirahat dan melepas lelah, tersedia gazebo-gazebo juga toilet didekatnya serta tanaman bunga-bunga. Termasuk bagi yang ingin memesan makanan dan minuman, tersedia di area ini.

E. Bagian Taman Bermain Anak-anak

Bagian taman bermain anak-anak, diperuntukkan untuk remaja dan anak-anak. Pada saat bermain sebaiknya orang tua mendampinginya, terlebih di kolam bermain yang berair.

Rekomendasi Waktu di Merapi Park

Anda jalan melalui seluruh jalanan yang ada tanpa mengambil foto, dapat melakukannya sekitar 5 menit saja dengan jalan cepat, jalan sedang 10 menit dan jalan pelan 15 menit.

Saat Anda menggunakan waktu untuk pengambilan gambar seluruh spot foto yang ada persiapkan waktu sekitar 90 menit atau 1,5 jam. Namun apabila perlu bersantai disiapkan waktu sekitar 120 menit.

Untuk yang rekreasi bersama keluarga bisa menghabiskan waktu sekitar 180 menit atau 3 jam.

Di tempat ini juga melayani kegiatan gathering dengan menyewa aula yang ada. Pesan makanan juga tersedia.

Rute Perjalanan menuju Merapi Park The World Landmark

Lokasi Taman Merapi berada di Kaliurang Kabupaten Sleman di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jl. Kaliurang KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

Pergi ke Taman Merapi ini, arahkan perjalanan Anda menuju Kaliurang, setelah Pasar Pakem ada penujuknya jalan ke kiri menuju Merapi Park, bila menggunakan kendaraan kecil dari arah Semarang bisa mengarahkan ke arah Museum Merapi karena lokasinya berdekatan, tetapi untuk mobil besar sebaiknya sedikit memutar menggunakan jalan besar ke arah Kaliurang.

Tiket Masuk, Pintu Gerbang Utama

Untuk masuk lokasi wisata Merapi Park dikenakan tiket masuk, tiap orang sebesar Rp 20.000,- yang dapat dibeli di loket didekat pintu masuk. Dalam tulisan harga tiket masuk tidak dibedakan antara pengunjung domestik dan mancanegara (namun dalam pelaksanaan sesuai ketentuan dari pengelola setempat dan harga tiket mungkin juga berubah).

Brandenburg Gate Berlin Jerman, Pintu gerbang masuk obyek wisata Merapi Park,The World Landmark, Lereng Gunung Merapi di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta

Dengan tiket yang telah dibelinya, pengunjung bebas menggunakan waktunya untuk menikmati alam lereng gunung Merapi di taman Merapi ini, dengan taman-taman yang ditata apik ditambah beberapa miniatur bangunan tersohor di dunia, the world landmark.

Landmark Dunia di Taman Merapi

Tidak semua landmark dunia tersaji di Taman Merapi, hanya yang dipilih oleh pengelola disesuaikan dengan luas lahan yang ada. Mungkin kedepannya akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Beberapa miniatur monumental atau menjadi landmark negara-negara di dunia yang menjadi ikon negara tersebut.

  • Brandenburg Gate Berlin, Jerman menjadi pintu gerbang masuk Merapi Park
  • Menara Miring Pisa di Italia,
    Piazza del Duomo, 56126 Pisa PI, Italia
  • Menara Eiffel di Paris, Prancis
  • Burj Al Arab di Dubai
  • Kuil Surga di Beijing
  • Big Ben di London
  • Menara Royal Clock di Makkah
  • Piramida di Mesir
  • Kincir Angin di Belanda
  • dan lainnya.

Brandenburg Gate Berlin

Pintu gerbang Brandenburg di Berlin negara Jerman ini sangat terkenal, dahulu kendaraan bisa melalui pintu ini.

Brandenburg Gate di Berlin Jerman ini menjadi pintu masuk sekaligus pintu keluar di Taman Merapi.

Gedung Burj Al Arab – Dubai

Gedung Burj Al Arab di Dubai sudah di saingi dengan kehadiran Burj Al Khalifa di negara yang sama, Dubai. Lokasi Burj al-Arab berada di Jumeirah St – Dubai – Uni Emirat Arab.

Bangunan aslinya yang menjorok ke laut ini sangat terkenal karena lokasinya yang unik.

Burj Al Arab (Tower of the Arabs) memiliki tinggi 210 meter, terletak di Dubai Uni Emirat Arab dibangun pada tahun 1994, merupakan sebuah hotel tertinggi ketiga di dunia yang berdiri diatas sebuah pulau buatan 280m dari pantai Jamerah.

Burj al-Arab atau hotel Jumaerah ini terhubung dengan daratan menggunakan jembatan melengkung pribadi.

Burj al-Arab Jumeirah – Dubai – Uni Emirat Arab

Sekitar 321 meter gedung ini terbuat dari kaca. Untuk membersihkan semua jendelanya dibutuhkan waktu satu bulan penuh dengan 19 pria yang bekerja.

Menara Miring Pisa – Italia

Menara Miring Pisa, atau lebih dikenal dengan Menara Pisa, adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia, tepatnya di Piazza del Duomo, 56126 Pisa PI, Italia.

Miniatur Menara Pisa Roma di Merapi Park (Kissparry 2019)

Menara Pisa ini memiliki tinggi 57 m mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Sampai sekarang menara tetap kokoh berdiri.

Menara Eiffel – Paris Perancis

Menara dengan tinggi 300,6 m di tepi sungai Seine di Paris ini merupakan menara yang terbuat dari besi, dan dibangun 28 Januari 1887. Menara tepatnya berada di Champ de Mars, 5 Avenue Anatole France, 75007 Paris, Prancis.

Menara Eiffel adalah salah satu simbol negara Perancis dan termasuk dalam daftar arsitektur yang paling terkenal di dunia.

Big Ben London

Big Ben adalah nama sebuah lonceng besar di tengah menara jam yang terletak di sebelah utara Istana Westminster, London, Britania Raya. Tinggi menara 96 meter dan dibuka pada tanggal 31 Mei 1859. 

Menara Big Ben London di Merapi Park

Kincir Angin Belanda

Siapa yang tidak kenal sebutan Belanda, di negeri ini banyak sekali kincir angin bahkan lebih dari seribu kincir angin, yang berfungsi untuk memompa air atau mengeringkan lahan basah, sehingga negeri ini terkenal dengan Negeri Kincir Angin. Kincir Angin telah menjadi ikon negara ini.

Kincir Angin Belanda di Merapi Park
Merapi Park – Kissparry 2019/01/19

Koloseum Roma Italia

Kolosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator, dibangun oleh Vespasian pada tahun 70 Masehi terletak di Piazza del Colosseo, 1, 00184 Roma RM, Italia.

Coliseum in Roma (wallpaper)

Kolosseum merupakan tempat pertunjukan yang besar berbentuk elips yang disebut amfiteater atau dengan nama aslinya Flavian Amphitheatre, yang termasuk salah satu dari Enam Puluh Sembilan Keajaiban Dunia Pertengahan.

Koloseum Roma di Merapi Park

Kuil Surga (Tian Tan) Beijing

Tian Tan atau dalam Bahasa Indonesia, Kuil Surga adalah tempat pemujaan agama Khonghucu & Tao yang terletak di Beijing. Dibangun pada abad 15 M tepatnya dimulai tahun 1420 M, dan dibuat di atas lahan seluas 2.700 KM². Arsitekturnya menyimbolkan hubungan bumi dan langit.

Tian Tan menjadi situs peninggalan yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia, seperti halnya Candi Borobudur, Situs Manusia Purba Sangiran, dan lainnya.

Kuil Surga terletak di 1 Tiantan E Rd, Dongcheng Qu, Beijing Shi, Tiongkok.

Kuil Surga berhias lampion di Merapi Park

Menara Royal Clock Makkah Saudi Arabia

Makkah Royal Clock Tower, adalah salah satu bagian gedung dari hotel Makkah Royal Clock Tower – Fairmont Hotel dan termasuk dalam komplek Abraj al Bait letaknya didepan Masjidil Haram dengan ketinggian 610 m.

Jam menara ini menjadi jam terbesar di dunia bahkan mengalahkan “Big Ben: di London, dan menjadi bangunan tertinggi dunia kedua setelah Burj Khalifa di Dubai.

Miniatur Menara Clock Royal di Merapi Park – Kaliurang Yogyakarta

Pada malam hari berwarna hijau dan bisa dilihat dari jarak 17 km dan pada siang hari akan berwarna putih dan bisa dilihat sampai jarak 12 kilometer.

Jam pada Makkah Royal Clock Tower menggunakan sekitar dua juta lampu LED dinyalakan lima kali sehari sebagai pertanda waktu shalat dan dapat dilihat pada jarak 28 kilometer.

Telepon Box dan Post Office Box London

Box Phone – Post Box Merapi Park

New York Love Sculpture (Love)

Simbol New York Love Sculpture ini sangat terkenal dan tertulis LOVE, LOVE adalah desain pop art 2D karya seniman Amerika Robert Indiana. Gambar ini terdiri dari huruf L dan O diatas huruf V dan E. Huruf O sengaja dibuat miring agar menciptakan efek negative space. Jika dilihat efek ini memunculkan tanda panah menuju huruf V, yang artinya setelah membaca LO lalu ke VE bukan LV – OE.

Pada tahun 1970, LOVE ditampilkan ke publik dalam format 3D (patung) di Indianapolis Museum of Art, Indiana. Sejak saat itu patung logo yang ikonik tersebut dibuat dalam berbagai tema dan dapat ditemui di berbagai daerah.

Salah satunya dapat Anda temui di New York, tepatnya di 1359 Avenue of the Americas dekat Midtown West.

New York Sculpture Love di Merapi Park

Dan sekarang Anda bisa menemuinya di Merapi Park, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Patung Liberty (Statue Of Liberty)

Patung Liberty (Liberty Enlightening the World) adalah suatu patung berukuran raksasa dengan tinggi 93 m, terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson, New York Harbor, Amerika Serikat. Patung perunggu ini diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886.

Patung Liberty merupakan monumen paling ikonik (landmark) di Amerika Serikat, yang digagas oleh sahabat George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. Sahabat George Washington bernama Edouard Rene de Laboulaye Lefebvre seorang ahli hukum dan pemikir dari Perancis.

Piramid Mesir

Piramida Mesir adalah sebutan untuk piramida yang terletak di Mesir yang dikenal sebagai “negeri piramida” sekalipun ditemukan situs piramida dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan merupakan pusat peradaban Maya.

Piramida terbesar adalah Piramida Agung Giza yang terletak di Giza, dibangun 4.500 tahun yang lalu atau tahun 2000-an Sebelum Masehi. Meskipun dibangun sudah beribu-ribu tahun, piramida ini masih berdiri kokoh.

Latar belakang Piramid di Merapi Park

Indian Village

Indian Village merupakan rumah khas orang-orang Indian. Anda bisa mendapatkan kostumnya dan berfoto, dengan biaya tambahan tentu.

Tokoh Kartun Masha and the Bear

Tokoh kartun Masha and the Bear yang sangat disukai anak-anak ada disini, karena polos dan lucunya.

Tokoh kartun Masha and the Bear di Merapi Park, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta (Dok. Kissparry)

Masha sedang dikerubuti pengunjung, yang kebetulan bukan kalangan anak, berarti tokoh ini juga disukai semua kalangan.

Area Bermain Khusus Anak

Disini juga terdapat area bermain untuk anak anak, ada kolam renang yang tentunya mak nyuss, suasana dinginnya air pegunungan.

Kids Water Park di Merapi Park (doc. MerapiPark)
Air Mancur tampak Patung Liberty dan Kuil Surga di Merapi Park

Fasilitas di Taman Merapi

Membuat lebih betah di Merapi Park karena disediakan gazebo yang cukup banyak, sedangkan pengunjung biasanya juga memiliki waktu yang terbatas untuk segera ke obyek lain di seputar lereng Gunung Merapi.

Gazebo di Merapi Park tersedia banyak sekali tanpa tarif alias GRATIS, foto dengan latar belakang gazebo sisi barat

Bukan hanya gazebo, kursi tempat duduk juga tersedia di banyak tempat, disamping untuk mengambil gambar, juga dapat digunakan untuk beristirahat atau menunggui sang buah hati bila bersama anak tersayang.

Bunga-bunga di Merapi Park

Gazebo ada di sisi barat dan utara sebagai sarana untuk beristirahat setelah keliling taman, mungkin merasa capai, bisa memanfaatkan secara gratis tanpa uang sewa. Disetiap gazebo juga disediakan colokan listrik untuk mengisi daya apabila HP atau kamera kehabisan daya.

Gazebo untuk melepas lelah di Taman Merapi tersedia colokan listrik

Mushola juga tersedia meskipun harus bergantian untuk melaksanakan shalat, tempatnya juga nyaman dan bersih, termasuk toiletnya.

Toilet tersedia di luar dan di dalam area taman, sehingga pengunjung ataupun kru bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Masih bisa di tunggu informasi selengkapnya.

Salam Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.