Setelah perjalanan sekitar empat setengah jam dari Semarang karena mampir sarapan pagi di Soto Sedeep Resto di Jambu, hampir satu jam, akhirnya sampai di Merapi Park, the World Landmark, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, lereng Gunung Merapi.

Lokasi taman Merapi masih dekat dengan museum Merapi, di Kaliurang, di dalam taman tersebut disamping ditanami bunga-bunga khas juga terdapat miniatur bangunan monumental dari belahan dunia, atau landmark dan ikon dari suatu negara, seperti Burj Al-Arab di Dubai Uni Emirat Arab.

Burj Al-Arab di Taman Merapi

Bagian-bagian Taman Merapi

Kissparry membagi menjadi 5 bagian diseluruh area dalam Taman Merapi, yang berada di Kaliurang, Kab Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembagian ini semata-mata untuk memudahkan dalam menjelajahi Taman Merapi dengan Landmark dunianya, agar ketika di tempat ini tidak ada yang terlewatkan.

Awal pembangunan Merapi Park – The World Landmark (foto Istimewa)

Foto diatas menggambarkan lokasi yang berada di lereng Gunung Merapi, pengambilan gambar (foto) pada saat awal pembangunan, namun sudah dibuka untuk umum.

Saat pengambilan gambar terbaru pada tanggal 19-01-19 yang dilakukan oleh EswedeWea (Kissparry Weanind), terlihat seperti dibawah ini berbeda lokasi pengambilan atau sebaliknya.

Landmark dunia di Taman Merapi hampir tampak semua, dari gazebo depan

Tampak sebelah kiri merupakan bagian sebelah kanan taman, di bagian sebelah kanan landmark Kincir Angin (Belanda), Menara Eiffel (Paris Perancis), Patung Liberty (New York Amerika Serikat), Kuil Surga (Beijing – China), berada di sisi kanan (dari kita tampak kiri), dan yang tidak tampak Love New York Sculpture (Love) – New York Amerika Serikat.

Pembatas atau ditengah taman merupakan jalan untuk lalu lalang yang ditengahnya terdapat air mancur, apakah air mancur ini juga simbol atau tiruan dari daerah mana atau khas Merapi Park belum diketahui pasti, perlu tanya ke pengelola wisata ini.

Kemudian di sebelah kiri tampak landmark Piramid (Mesir), Menara Burj al-Arab (Dubai), Menara Royal Clock (Makkah – Arab Saudi), Post Office Box dan Telephone Box (London – Inggris), Menara Big Ben (London – Inggris), Menara Pisa (Roma – Italia), yang tidak tampak Koloseum (Roma – Italia).

A. Bagian Depan

Bagian depan terdiri loket dan pintu masuk, sebelum pintu masuk tersedia toilet. Setelah pintu masuk terdapat taman pembuka, ke area taman utama atau ke wahana bermain.

B. Bagian Taman Utama Sisi Kiri

Bagian taman utama sisi kiri, pada sisi kiri setidaknya ada 7 landmark dari beberapa negara di dunia. Sebelah kiri terdapat jalan, pintu masuk langsung terhubung ke sisi kiri taman.

Taman Merapi di sisi kiri

Landmark disebelah kiri sudah disampaikan diatas, mulai yang terjauh berarti terdekat dengan pintu masuk, yakni Piramid (Mesir), Menara Burj al-Arab (Dubai), Menara Royal Clock (Makkah – Arab Saudi), Post Office Box dan Telephone Box (London – Inggris), Menara Big Ben (London – Inggris), Menara Pisa (Roma – Italia), dan Koloseum (Roma – Italia).

C. Bagian Taman Utama Sisi Kanan

Bagian taman utama sisi kanan, pada sisi kanan setidaknya *ada 5 landmark dari negara di dunia yang terkenal. Sebelah kanan belum ada jalan seperti halnya sebelah kiri, mengingat sebelah kiri langsung berhubungan dengan bagian depan.

Landmark disebelah kanan yaitu Kincir Angin (Belanda), Menara Eiffel (Paris Perancis), Patung Liberty (New York Amerika Serikat), Kuil Surga (Beijing – China), berada di sisi kanan (dari kita tampak kiri), dan yang tidak tampak Love New York Sculpture (Love) – New York Amerika Serikat.

Saat ini masih dikembangkan ke sisi belakang, New York Love Sculpture terletak di sisi kanan, tetapi berada dibelakang tulisan THE WORLD LANDMARK. Sedangkan di belakang LOVE juga terdapat gazebo untuk tempat istirahat.

D. Bagian Taman untuk Istirahat

Bagian taman untuk istirahat dan melepas lelah, tersedia gazebo-gazebo juga toilet didekatnya serta tanaman bunga-bunga. Termasuk bagi yang ingin memesan makanan dan minuman, tersedia di area ini.

E. Bagian Taman Bermain Anak-anak

Bagian taman bermain anak-anak, diperuntukkan untuk remaja dan anak-anak. Pada saat bermain sebaiknya orang tua mendampinginya, terlebih di kolam bermain yang berair.

Rekomendasi Waktu di Merapi Park

Anda jalan melalui seluruh jalanan yang ada tanpa mengambil foto, dapat melakukannya sekitar 5 menit saja dengan jalan cepat, jalan sedang 10 menit dan jalan pelan 15 menit.

Saat Anda menggunakan waktu untuk pengambilan gambar seluruh spot foto yang ada persiapkan waktu sekitar 90 menit atau 1,5 jam. Namun apabila perlu bersantai disiapkan waktu sekitar 120 menit.

Untuk yang rekreasi bersama keluarga bisa menghabiskan waktu sekitar 180 menit atau 3 jam.

Di tempat ini juga melayani kegiatan gathering dengan menyewa aula yang ada. Pesan makanan juga tersedia.

Rute Perjalanan menuju Merapi Park The World Landmark

Lokasi Taman Merapi berada di Kaliurang Kabupaten Sleman di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jl. Kaliurang KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

Pergi ke Taman Merapi ini, arahkan perjalanan Anda menuju Kaliurang, setelah Pasar Pakem ada penujuknya jalan ke kiri menuju Merapi Park, bila menggunakan kendaraan kecil dari arah Semarang bisa mengarahkan ke arah Museum Merapi karena lokasinya berdekatan, tetapi untuk mobil besar sebaiknya sedikit memutar menggunakan jalan besar ke arah Kaliurang.

Tiket Masuk, Pintu Gerbang Utama

Untuk masuk lokasi wisata Merapi Park dikenakan tiket masuk, tiap orang sebesar Rp 20.000,- yang dapat dibeli di loket didekat pintu masuk. Dalam tulisan harga tiket masuk tidak dibedakan antara pengunjung domestik dan mancanegara (namun dalam pelaksanaan sesuai ketentuan dari pengelola setempat dan harga tiket mungkin juga berubah).

Brandenburg Gate Berlin Jerman, Pintu gerbang masuk obyek wisata Merapi Park,The World Landmark, Lereng Gunung Merapi di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta

Selanjutnya (laman 2) Landmark Dunia di Taman Merapi

1 Komentar »

  1. Suasana yang nyaman untuk berkunjung yaitu menjelang sore atau pagi hari, jika terpaksa siang hari dan kondisi cuaca panas, jangan lupa membawa payung panas (bukan payung hujan).

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.