Bahasa Seni Budaya

Inilah Beda Kendal Inggris dan Kendal Indonesia, Ternyata di Britania Raya ada Kota Kendal

Singkat cerita, ketika Kissparry ingin meng-explore Kabupaten Kendal, terutama tentang Kota Kendal, tiba-tiba terperangah kemolekan Kendal, gambar sudah disimpan, hingga bikin penasaran terus memburu.

Saya menemukan kamar hotel yang super mewah di Kendal dan ternyata yang saya eksplor itu adalah Kota Kendal yang berada di Britania Raya – Negara Inggris di Benua Eropa, non jauh disana.

Mencari informasi tentang banyak hal untuk Kabupaten Kendal karena sedang mengedit artikel mengenai Nama Obyek Wisata di Kendal, Rute, dan Kulinernya yang sedang ditayang. Tiba-tiba menemukan hotel yang sangat cantik Castle Green Hotel in Kendal tertulis begitu.

Baru sadar ketika tertulis ‘in’ yang sama maknanya dengan ‘di’, wah pasti ini bukan Kendal di Jawa Tengah itu, lantas keluar dan cari informasi lebih lengkap, ternyata benar bukan Kendal yang di Indonesia tetapi Kendal di Inggris.

Kota Kendal di Cumbria

Kendal adalah sebuah kota di Cumbria, Inggris. Terletak 64 km di selatan Carlisle, di Sungai Kent, penduduknya mencapai 27.521 jiwa, seperti dikutip dari wikipedia.

Dahulu Kendal adalah bagian dari Westmorland. Karena bangunan-bangunan yang dibangun dari batu kapur, kota ini dijuluki ‘Auld Grey Town.

Kendal in Cumbria, Britania (Google)

Disebutkan di Domesday Book dengan nama Cherchbi, selama berabad-abad kota ini disebut sebagai Kirkbie Kendal yang berarti «desa dengan gereja di lembah Kent». Kastil paling awal dibangun oleh bangsa Normandia, dan atas hal itu permukiman ini dinamai Kirkbie Strickland.

Castle Green Hotel in Kendal, Cumbria, Britania (booking)

Kendal ini terus berkembang sebagai kota pasar, mengkhususkan diri dalam industri wol, dan kastilnya dibangun kembali sampai abad ke-12. Antara tahun 1888-1974, Kendal adalah ibukota administratif Westmorland.

Memerhatikan dari peta, bila Kendal berada di tepi sungai Kent, sedang waktu itu hampir semua kegiatan mengandalkan sungai ‘semuanya, dan bahasa Inggrisnya ‘all’, akhirnya Kissparry mereka-reka kalau istilah Jawa ‘gathuk mathuk’, sungai “Kent” disambung dengan selalu “all”, maka jadilah Kent all, dan biasa orang lama kadang susah mengucapkan Kent all dan jadilah Kentall atau Kendal.

Kota Kendal di Jawa Tengah

Kabupaten Kendal adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kendal dan masuk dalam Wilayah Metropolitan Kedungsapur yang merupakan Wilayah Metropolitan terbesar keempat setelah Jabodetabek, Gerbangkertosusila, dan Bandung Raya, seperti dikutip dari wikipedia.

Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat.

Peta Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah – Indonesia (Google)

Kendal juga dikenal dengan Kota Santri karena terdapat ribuan Ponpes terutama di Kecamatan Kaliwungu dan juga dikenal dengan Kota Seni dan Budaya.

Nama Kendal diambil dari nama sebuah pohon yakni Pohon Kendal. Pohon itu pada mulanya tidak ada yang tahu namanya tetapi ketika Pakuwojo bersembunyi di pohon itu di dalam pohon itu terang benderang akhirnya pohon itu dinamakan pohon Qondhali yang berarti penerang dan akhirnya daerah tempat pohon itu dinamakan Qondhali karena orang Jawa tidak fasih berbahasa Arab maka jadi Kendal.

Pohon yang berdaun rimbun itu sudah dikenal sejak masa Kerajaan Demak pada tahun 1500 – 1546 M yaitu pada masa Pemerintahan Sultan Trenggono. Pada awal pemerintahannya tahun 1521, Sultan Trenggono pernah memerintah Sunan Katong untuk memesan Pusaka kepada Pakuwojo.

Alun alun Kota Kendal, Kabupaten Kendal Jawa Tengah – Kendal Beribadah

Peristiwa yang menimbulkan pertentangan dan mengakibatkan kematian itu tercatat dalam Prasasti. Bahkan hingga sekarang makam kedua tokoh dalam sejarah Kendal yang berada di Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu itu masih dikeramatkan masyarakat secara luas.

Menurut kisah, Sunan Katong pernah terpana memandang keindahan dan kerindangan pohon Kendal yang tumbuh di lingkungan sekitar. Sambil menikmati pemandangan pohon Kendal yang tampak “sari” itu, Dia menyebut bahwa di daerah tersebut kelak bakal disebut “Kendalsari“. Pohon besar yang oleh warga masyarakat disebut-sebut berada di pinggir Jalan Pemuda Kendal itu juga dikenal dengan nama Kendal Growong karena batangnya berlubang atau growong.

Dari kisah tersebut diketahui bahwa nama Kendal dipakai untuk menyebutkan suatu wilayah atau daerah setelah Sunan Katong menyebutnya.

Curug Sewu di Kendal wilayah selatan

Kisah penyebutan nama itu didukung oleh berita-berita perjalanan Orang-orang Portugis yang oleh Tom Peres dikatakan bahwa pada abad ke 15 di Pantai Utara Jawa terdapat Pelabuhan terkenal yaitu Semarang, Tegal dan Kendal. Bahkan oleh Dr. H.J. Graaf dikatakan bahwa pada abad 15 dan 16 sejarah Pesisir Tanah Jawa itu memiliki yang arti sangat penting.

Kendal Indonesia Beda Kendal Inggris

Bila memerhatikan munculnya nama wilayah tersebut, yakni antara Kota Kendal di Cumbria, Inggris dengan Kendal di Jawa Tengah, Indonesia, memiliki kisah cerita asal-usul yang berbeda. Namun apabila dibadingkan munculnya nama Kendal, makan Kendal di Inggris lebih dahulu karena abad 12 sedang Kendal di Indonesia pada abad ke 15.

Castle Green Hotel in Kendal Cumbria Britania

Meskipun Kendal di Indonesia pasti tidak sama dengan Kendal yang di Inggris, namun semoga Kendal yang di Indonesia setidaknya sudah ikut ketenaran nama Kendal-nya Inggris.

Sehingga orang-orang Inggris bisa berlibur di Kendal Jawa Tengah. Seperti halnya Malioboro yang mirip-mirip dengan Marlboro.

Baca Juga : Sejarah singkat Jalan Malioboro Yogyakarta

Taman Garuda Kendal, Indonesia (difrom)

Itu sekelumit tentang Kendal di Inggris dan Kendal di Indonesia, untuk menambah pengetahuan saja! Salam.

Kissparry
Editor Kissparry

Baca Juga : Nama Obyek Wisata di Kendal, Rute dan Kulinernya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.