Hiburan dan Wisata Jawa Tengah Wisata Kota Kabupaten

Obyek Wisata di Sukoharjo, Rute dan Kulinernya

Wisata Solo Raya kali ini kita menengok obyek wisata di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah

Ayo kita jalan-jalan ke Sukoharjo, Solo Raya, Jawa Tengah, merupakan wilayah yang dekat sekali dengan Solo (Surakarta) dan merupakan bagian dari Solo Raya.

Edisi nama obyek wisata dari Kissparry kali ini akan semakin ringkas tampilannya, dengan menampilkan obyek wisata yang paling terkenal di wilayah tersebut (Sukoharjo). Sedangkan, untuk obyek wisata yang lain yang ada di sekitarnya, akan saya sebutkan namanya saja dengan sedikit penjelasan.

Era digital yang sudah semakin canggih, membuat kita mudah menemukan tempat-tempat yang terkenal, sebut saja menggunakan Google Maps.

Sekilas Sukoharjo

Sukoharjo termasuk dalam kelompok Soloraya atau kawasan Solo. Sebelah selatan Sukoharjo berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Gunungkidul Provinsi DI Yogyakarta. Bentuk wilayah yang memanjang ke arah selatan di sebelah barat beratasan dengan sebagian wilayah Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten.

Peta wilayah Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah (Google Maps)

Sebelah utara Sukoharjo adalah sebagian wilayah Boyolali, sebagian Kabupaten Karanganyar, dan sebagian lagi Kota Surakarta. Sedangkan sebelah timur Sukoharjo adalah Kabupaten Karanganyar dan sebagian wilayah Kabupaten Wonogiri.

Ibukota Kabupaten terletak di Kecamatan Sukoharjo, berada ditengah-tengah wilayah ini, dengan jalur lalu lintas Jalan Raya Solo – Wonogiri, sedangkan jalur lalu lintas besar ada di Kartasura, untuk jurusan Surabaya – Yogya – Solo – Semarang. Sukoharjo tidak dilalui jalan Tols Trans Jawa.

Wilayah yang paling strategis ada disini, tepatnya di Kartasura, merupakan segitiga emasnya Sukoharjo. Kartasura lebih ramai dibandingkan kota kabupaten. Disamping dekat dengan Bandara Adi Soemarmo Boyolali Solo, disini juga bertemu dan berpisahnya jalur darat ke arah Yogya, Surabaya, Semarang.

Obyek wisata, ditempat ini boleh dikatakan cukup banyak juga, namun untuk kunjungan skala menengah, sedangkan untuk yang skala besar kami belum menemukan.

Peta Sukoharjo (dok sukoharjokab.go.id)

Kabupaten Sukoharjo merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Tengah (33.11), memiliki 12 kecamatan, yaitu 01 Weru, 02 Bulu, 03 Tawangsari, 04 Sukoharjo, 05 Nguter, 06 Bendosari, 07 Polokarto, 08 Mojolaban, 09 Grogol, 10 Baki, 11 Gatak, dan 12 Kartasura.

Akomodasi Hotel

Saat di Sukoharjo, banyak tempat untuk menginap, karena wilayah ini dekat dengan Solo (Surakarta), Karanganyar, dan Boyolali, atau bahkan sebaliknya, saat Anda merencanakan kunjungan ke Boyolali, Solo, Karanganyat pun bisa menginap hotel yang ada di Sukoharjo.

BEST WESTERN PREMIER Hotel Solo Baru
JL. Ir. Sukarno Solo Baru 57552, Surakarta, Indonesia
Telepon : +62 271 623123 Fax: +62 271 788 0921

Hotel Brothers
Jl. Ir. Soekarno Blok AC 25, Solo Baru-Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia.
Telepon : (0271) 6727979 Fax : (0271) 6727707

Hotel Fave
Jl. Ir. Soekarno – Solo Baru
Telepon : +62 71 6727 555

Rumah Batu Villa & Spa
Jl Ovensari Raya No.8 , Baki Solo Baru, Central Java, Indonesia
Telepon : 0271-623443

Sadinah Lodging Hotel
Jl.Adi Sumarmo No. 18 Kartasura, Sukoharjo
Telepon : (0271)780145

Sarila Hotel
Jl. Jenderal Sudirman
Telepon : +62 271 639 699

Kartasura dan Surakarta

Kata Kartasura dan Surakarta merupakan sebuah kata yang berbalikan, mungkin ada yang mengenal tetapi juga mungkin ada yang kurang mengenal. Tetapi terkait dengan ini sudah tentu keduanya ada saling berhubungan dimasa lampau.

Masa itu berarti saat kerajaan dahulu keduanya sangat berkaitan satu sama lainnya. Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan kasunanan Kartasura. Sekarang menjadi wisata budaya.

Menurut kisahnya, ketika keraton kerajaan Kartasura luluh lantak akibat perang maka penguasa saat itu membangun keraton kerajaan yang baru ke wilayah sebelah timurnya dan diberi nama Surakarta, yang kelak lebih terkenal dan populer dengan sebutan Surakarta Hadiningrat.

Namun demikian keraton Kartasura yang sekarang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Sukoharjo ini sebagian besar wilayahnya menjadi perkampungan penduduk dan tidak lagi bagian dari keluarga kerajaan Kartasura dahulu.

Untuk wisata budaya juga tidak terkenal seperti halnya dengan Keraton Surakarta.

Solo Baru

Namanya Solo Baru tetapi lokasinya secara administratif berada di Kabupaten Sukoharjo, sehingga orang akan mudah mengatakan Solo Baru daripada Sukoharjo.

Bahkan, gedung-gedung moderen bertenggeran di Solo Baru, itu adalah mall dan hotel, sebagai satelite town.

Solo Baru berada di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.

Tempat Wisata di Sukoharjo

1 | Taman Bermain Pandawa Water World (PWW)

Lokasinya di Solo Baru, Jl. Cemara Raya, Gedangan, Grogol ini dapat dijangkau dengan mudah, jika kita sudah berada di jalan utama atau kawasan wisata bundaran patung Pandawa Lima sebagai ikon Solo Baru, maka cukup memilih arah ke barat laut menuju kompleks Pandawa yang hanya berjarak tempuh sekitar 1 km.

Jika Anda dari arah barat (Semarang, Boyolali, Salatiga, Yogyakarta), perjalanan tidak sampai bundaran Pendawa Lima.

Taman wisata air yang mengusung konsep pewayangan Mahabharata ini bukan lah kolam renang biasa, melainkan kolam renang dengan aneka permainan lebih bersifat petualangan. Pengunjung objek wisata ini bukan saja turis domestik, tetapi juga mancanegara. Pengunjung memasuki objek wisata ini langsung menatap dunia pewayangan dalam ukuran raksasa.

Patung Pandawa lima yang dibangun untuk memperindah pemandangan dibuat dalam ukuran besar. Patung Kresna setinggi 37 meter nampak gagah menghiasi gua buatan yang di bawahnya dikitari genangan air kolam. Banyak wahana petualangan air yang menarik seperti bungy jumping, black hole, bungy river, wave pool, raf slide, racer slide, kiddy pool, dan wahana yang lainya.

Saat disini juga tersedia fasilitas yang lain juga tersedia seperti restoran, mushola, dan loker.

Tarifnya (HTM) sebesar Rp 80.000 (hari biasa) dan Rp 100.000 (akhir pekan) per orang, dengan fasilitas hampir 30 wahana air tersedia serta beberapa fasilitas penunjang yang dapat diakses secara penuh oleh pengunjung. Harga mungkin berubah.

Jalur menuju ke Pandawa Water World cukup mudah dan banyak arah menuju lokasi.

Kuliner

Kuliner yang berdekatan dengan Grogol yaitu Tengkleng Mbak Diah, tempat makan ini terletak di bunderan Tanjung Anom Grogol Sukoharjo tepatnya di Jl. Yos Sudarso Perbatasan Solo Sukoharjo. Tempat makan ini adalah ternyata merupakan langganan keluarga pak Harto.

Menu yang bisa dipesan adalah tengkleng kepala kambing, tengkleng sum sum kambing, tongseng dan sate. Yang spesial rasanya tentunya tengkleng kepala kambingnya. Kuahnya gurih, ditambah gurihnya bagian-bagian kepala kambing tersebut.

2 | Royal Water Adventure

Royal Water Adventure juga terletak di Grogol, tepatnya Jalan Raya Telukan KM 08, Telukan, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Taman rekreasi ini memadukan antara wisata air dan wahana permainan modern diantaranya kolam arus, play ground, water slider dan mini olympic pool.

Royal Water Adventure Telukan Grogol Sukoharjo

Fasilitas umum yang ada di Royal Water Adventure seperti foodcourt, musholla, dll, disediakan pula tempat duduk untuk yang membawa bekal.

Harga Tanda Masuk (HTM) untuk pengunjung yaitu Rp 20.000 (hari biasa) dan Rp 30.000 (akhir pekan), harga tersebut sudah dapat menikmati berbagai wahana air.

Anak-anak dengan tinggi badan dibawah 80 cm serta pengunjung berusia diatas 70 tahun dapat masuk secara GRATIS (untuk usia menunjukkan KTP).

Kuliner

Kuliner yang lain, yaitu lokasinya berada di Kartosuro, jadi silakan menyesuaikan kondisi yang ada, meskipun beberapa obyek wisata menyediakan restoran.

Gubug Makan Mang Engking
Terletak di Kartosuro, tepatnya Jalan A Yani KM.07 Kartosura, (depan RSI YARSIS), untuk rombongan silakan kontak Telp 0271-734 158, 0821 3768 4807.

Warung Sate Momo
Terletak di Kampung Madyorejo, Kalurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo tersebut. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh pelanggan dari berbagai kalangan yang kadang rela antre untuk sekadar mendapatkan tempat duduk.

Selain sate bakar, tersedia tongseng, gulai, sate buntel, dan nasi goreng. Menu tengkleng pun tersedia. Warung itu juga melayani pesanan untuk pesta dan arisan.

3 | Alaska Waterboom

Alaska Waterboom terletak di Kecamatan Polokarto. Keberadaan kolam renang di tengah kebun jati (saat) kering itu bagaikan sebuah oasis di tengah padang pasir.

Alaska Warterboom, ada dua kolam kecil dan sedang. Kolam kecil berukuran 9,25 meter x 2 meter, kedalamannya 50 cm. Sedangkan kolam sedang berukuran 10 meter x 15 meter, kedalaman sisi utara 75 cm dan kedalaman sisi selatan 100 cm. Sementara ember raksasa tumpah setiap satu menit sekali. Beberapa perosotan dan ayunan untuk anak-anak pun tersedia.

4 | Dam Colo

Dam atau bendungan Colo terletak di Kecamatan Nguter, sebeanarnya adalah sebuah pintu air dari aliran air Waduk Gajah Mungkur Wonogiri untuk keperluan irigasi atau pengairan di wilayah Sukoharjo.

Kemegahan besarnya pintu air dan suasana air yang mengalir merupakan daya tarik tersendiri dari Dam Colo menjadi favorit para pemancing.

Dam Colo (dok Hartonomall)

Kuliner

Pecel Yu Sinem
Terletak di daerah Kepuh, Sukoharjo, sebelah kiri jalan, tepatnya di Jl. Sukoharjo – Wonogiri (Begajah), Sukoharjo,  ada warung pecel yang rame dikunjungi.

Warung ini lebih dari 15 tahun yang lalu, ketika masih berada di sebuah gang, tidak jauh dari lokasi warung yang sekarang. Menu andalannya adalah nasi pecel bongko dan garang asem ayam, lauk tinggal pilih.

5 | Waduk Mulur Bendosari

Waduk yang terletak di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari biasa digunakan untuk olahraga air atau event lomba dayung, sky air dan motor air.

Disamping itu disekitar Waduk Mulur terdapat lapangan bumi perkemahan untuk kegiatan kepramukaan. Waduk Mulur juga merupakan salah satu atau tempat favorit untuk wisata bagi para pemancing.

6 | Umbul Pecinan Batu Seribu

Taman Batu Seribu terletak di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Taman tersebut berdiri di lahan seluas sekitar 2,5 hektar, dengan memanfaatkan kondisi geografis perbukitan batu kapur, butuh waktu sekitar satu jam dari Kota Solo untuk mencapai taman ini, dari tempat lain menyesuaikan.

Taman Batu Seribu adalah salah satu objek wisata menarik yang bisa Anda singgahi ketika berkunjung ke daerah Sukoharjo. Selain indah, objek wisata ini merupakan obyek wisata keluarga yang sangat lengkap, dan medannya cukup menantang.

Jalan aspal berkelok dengan pemandangan Perbukitan Seribu, menjadikan perjalanan menuju kompleks wisata Batu Seribu, memberi kesan keheningan alami.

Sebagai objek wisata keluarga sangat cocok dengan fasilitas seperti kolam renang, pemandian sendang (mata air), outbond, dan panggung kesenian.


Kuliner

Bale Padi, Restoran tengah persawahan, tepatnya berada di Jalan Ovensari Raya, Kadilangu, (Sawah – Bakipandeyan) Kec. Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Berkuliner sambil berwisata menikmati hijaunya persawahan sekitarnya.

7 | Keraton Kartasura (Kartosuro)

Keraton Kartasura pindah ke Surakarta, banyak peninggalan atau petilasan di Keraton Kartasura, antara lain Alun-alun, Kolam Segaran (sekarang menjadi lapangan), Gedong Obat yang dulu gudang mesiu, tembok belubang akibat geger Pecinan, sumur, makam BRAy Sedah Mirah, tembok benteng dari batu bata setebal dua hingga tiga meter, dan mesjid yang dibangun Sunan Paku Buwono II.

Kehadiran peninggalan keraton merupakan wisata budaya yang berada di Kartasura.

8 | Petilasan Keraton Pajang

Petilasan Keraton Pajang terletak di Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, merupakan cagar budaya yang menjadi saksi bisu ketika Joko Tingkir dan Sultan Hadiwijaya memprakarsai lahirnya Kerajaan Pajang.

Kerajaan Pajang berdiri pada tahun 1568, setelah runtuhnya Kerajaan Demak Bintara. Menapaki puing-puing sejarah Kerajaan Pajang dapat menjadi referensi wisata baru bagi masyarakat Sukoharjo.

9 | The Heritage Palace

Wisata sejarah budaya hingga teknologi, dimulai dari museum transportasi, 3D trik art museum, dan taman dengan nuansa kota lama.

Tempat yang terkenal dengan wisata selfie tanpa batas.

The Heritage Palace (dok Dinpar Solo)

HTM terusan Rp 55.000 (hari biasa) dan Rp 65.000 (akhir pekan), sedangkan khusus untuk outdoor Rp 30.000, harga tiket dapat berubah. Pukul 16.00 penjualan tiket di tutup, buka mulai pukul 09.00.

Oleh-Oleh Khas Sukoharjo

Apa ya, oleh-oleh khas dari Sukoharjo? Jika kita melihat disekitar jalanan maka INTIP banyak kita temui disini.

Selamat berlibur.

Salam

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

<span>%d</span> blogger menyukai ini: