Babat Supat

Tenggulang Baru Terendam Banjir, Markas Kissparry Ikut Terendam Air

Tenggulang Baru (27/04/2019). Banjir kembali merendam Desa Tenggulang Baru dan Sumber Jaya, Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin, termasuk markas kisparry.com di Desa Tenggulang Baru Blok I terendam.

Kabar banjir Tenggulang sudah kami terima sore 26/4 sekira pukul 18.00 tetapi belum sampai masuk ke rumah yang di Blok I sebagai pusat markas Kissparry.com, tetapi setelah itu air semakin naik hingga sekitar pukul 02.30 dini hari air mulai masuk ke rumah.

Bahkan Kamis 25/4 dibeberapa tempat di Desa Sumber Jaya sudah terendam, sehingga bantuan dari Dinsos Kab. Muba untuk desa Sumber Jaya datang sejak hari itu.

Jadi, saat itu sudah siap-siap untuk menaikkan barang-barang yang rawan terendam ke tempat yang lebih tinggi. Termasuk adanya informasi, keluarga Kissparry yang berada di kawasan dalam akan pindah ke depan di tepi jalan poros.

Markas kissparry Tenggulang Baru.

Aktifitas masyarakat yang terdampak lumpuh total, karena jalan desa ikut terendam, jika tidak hati-hati dapat terperosok pada saluran tersier dan saluran skunder dengan kedalam 2 meteran. Jadi, harus ekstra hati-hati saat berjalan.

Jalan desa depan rumah kissparry. (Dok Agung Y)

Banjir kali ini lebih besar dari bulan November 2018, karena saat itu markas Kissparry separoh halaman yang terendam tidak masuk rumah, namun banjir saat ini air merendam dalam rumah.

Warga mulai mengungsi ke jalan poros atau tetangga yang rumahnya belum tergenang (dok Agung Y)

Banjir ini seperti halnya air yang meluap dari Perkebunan Kelapa Sawit PTPN VII dan PT. Hamita, jadi bukan karena curah hujan yang tinggi di Tenggulang Baru tetapi ada sebab lain. Oleh sebab itu mungkin genangan air tetap akan bertahan lama, bahkan bisa lebih tinggi lagi.

Markas kontributor Agung Y ikut berenang (dok Agung Y)

Menurut informasi kontributor kami dilokasi (Agung Y), memang benar banjir berasal dari luapan air PTPN VII Betung Krawo dan Perkebuanan Sawit PT. Hamita. Saat ini genangan air merendam wilayah Desa Tenggulang Baru khususnya di Blok I dan Blok J, ” Tambah Agung Y.

Air masuk ke rumah sekitar 2:30 Wib (dok Edi Tole)

Perlu diwapadai dan berhati-hati untuk melakukan pengecekan sekitar rumah yang terendam air, karena sekitar 2 hari lalu telah ditangkap seekor ular Phiton yang masuk ke rumah salah satu rumah warga Desa Sumber Jaya.

Penangkapan Ular Phiton yang masuk ke rumah salah satu warga (dok Koidar)

Pagi ini Kissparry konfirmasi kepada Dinas Sosial Kab. Musi Banyuasin Bp. Madarul melalui WA, Beliau menyampaikan bahwa Satgas Tagana telah ditugaskan di Desa Sumber Jaya dan telah mengirim bantuan sembako dan tenda untuk Desa Sumber Jaya.

Penyerahan Bantuan Dinsos oleh Bp. Madarul dan rekan (dok 25/04/2019)
Bantuan Sembako Dinsos Kab. Muba (dok Pak Madarul)
Tenda Dinsos Kab. Muba ditempatkan pada jalan Poros Sumber Jaya yang tinggi

“BPBD Kab. Musi Banyuasin juga telah menempatkan satgasnya di Desa Sumber Jaya,” kata Bp. Syamsul melalui WA.

Agung Y saat meliput banjir (27/04/2019 06.00 Wib)

Tim Tagana Dinas Sosial Kab. Muba siang ini diterjunkan ke Desa Tenggulang Baru untuk melakukan pengecekan dan membantu menyelamatkan perabot rumah tangga pada rumah-rumah yang terendam Air.

Dok Bp. Madarul Dinsos Kab. Muba

Masyarakat Tenggulang Baru dan Sumber Jaya menaruh harapan adanya normalisasi saluran primer dan skunder yang sudah mendangkal oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, maupun dari PTPN VII serta PT. Hamita untuk membantu normalisasi Saluran Perbatasan yang sudah kurang berfungsi menggunakan Corporate Social Responsibility (CSR) kedua perkebunan tersebut.

Mudah-mudahan air segera surut, dan disampaikan kepada warga tetap waspada apabila beraktifitas serta terhadap binatang yang berbahaya akibat banjir.

Siaran Langsung

Meskipun markas pusatnya terendam air tetapi aktivitas kissparry.com masih seperti biasa, karena dikendalikan dari beberapa kota yang lain, yaitu Semarang dan Sekayu, juga Jambi.

Diunggah LikKasjo
Editor EswedeWea

Iklan

2 replies »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.