Badko TPQ Candisari

Inilah Acara Ramadhan Ceria Badko Kecamatan Candisari, 18 Mei yang Bakal Diikuti Sekitar 300 Santri

Setidaknya sekitar 300 santri dan 50 asatidz pendamping bakal meramaikan kegiatan Ramadhan Ceria 1440, 18 Mei mendatang di Balai Kecamatan Candisari.

Ramadhan Ceria baru pertama kali diadakan Badko TPQ Kecamatan Candisari menggantikan kegiatan Mabit. Dan pertama kali ini penyelenggaraannya bertempat di Balai Kecamatan Candisari, Jl Kesatrian No 18 Jangli Kel. Jatingaleh, setidaknya akan diikuti sekitar 300 santri dari sekitar 40 TPQ di Kecamatan Candisari dari 59 TPQ yang ada.

Ilustrasi Ramadhan Ceria (RC) Badko TPQ Kecamatan Candisari

Kuota hanya disediakan 300 santri yang berusia sekitar kelas 4 SD – 6 SD, dan ketika kuota terpenuhi maka pendaftaran ditutup. Ketentuan pendaftaran yaitu masing-masing TPQ mengirimkan 6 santri dan 1 pendamping.

Jadi, bila dihitung maka akan ada sekitar 50 TPQ yang ambil bagian dalam kegiatan ini. Karena mungkin santri TPQ tidak ada yang kelas 4 – 6 SD atau seusia dengan itu, ada saja TPQ yang mengirim 3 santri, atau bahkan 1 santri juga diperbolehkan.

Adapun rencana kegiatan itu akan dilaksanakan mulai pukul 16.00 hingga pukul 21.50, sehingga melewati buka bersama, shalat jamaah Maghrib dan Isya. Dan tentu akan ada kegiatan tarawih dan tadarus Alquran.

Pembinaan sesi pertama Ceria Ramadhan I oleh Ustadh Siti Fadhilah S.Pd., M.Ag. berlangsung sebelum buka bersama, dan pembinaan sesi kedua setelah tadarus Alquran, demikian seperti dijelaskan Ustdz Zamroni, SH.I. selaku Ketua Panitia Ramadhan Ceria 1440.

Peserta yang sudah terdaftar diperlukan registrasi ulang, yang akan dimulai pukul 15.00 hingga 15.55 pada tanggal 18 Mei Sabtu sore, lanjutnya. Oleh karena itu semua peserta diharuskan datang tepat waktu sebelum pukul 16.00.

Setiap peserta wajib membawa peralatan shalat termasuk sajadah dan juz amma, tidak ketinggalan juga para asatidz pendamping membawa sajadah.

Pada Ramadhan Ceria ini, diharapkan peserta tidak datang terlambat, karena kegiatan dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan, tidak ada molor-molor, jadi kasihan santrinya bila terlambat akan kehilangan materi RC kali ini, jelasnya.

Setelah buka bersama secukupnya, dilanjutkan shalat Maghrib berjamaah, kemudian dilanjutkan buka bersama (makan bersama), dan acara ringan hingga Isya. Setelah shalat Isya dilanjutkan jamaah Tarawih, dan kemudian tadarus Alquran (Juz Amma). Tadarus selesai kemudian acara rehat atau istirahat (minum dan snack malam).

Sesi berikutnya setelah istirahat adalah Ceria Ramadhan bagian ke-2 hingga sekitar pukul 21.50 kemas-kemas dan acara Ramadhan Ceria selesai, peserta kembali ketempat masing-masing.

oleh Eswedewea
editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.