Gathering

Asyiknya di Pantai Indrayanti Gunungkidul Yogyakarta yang Menawan, Saat Cerah

Pantai Indrayanti bagian dari Samudera Indonesia hari ini (28/9) cuaca sangat cerah, juga tidak terlalu sesak dengan pengunjung, jadi saya bisa leluasa berekspresi disini bersama teman-teman.

Musin panas kemarau seperti ini memang asyik jika bermain di pantai, dan kali ini dipilihlah Pantai Indrayanti yang terletak di Kabupaten Gunungkidul Provinsi DI Yogyakarta, namun harus bersiap-siap dengan terik panasnya sang surya yang bikin kulit kering, meskipun terkadang deburan ombak dan derasnya angin dingin dari arah lautan membuat panas terik itu tidak dirasakan oleh kita.

Pantai Indrayanti Gunungkidul DI Yogyakarta

Kunjungan ke Pantai Indrayanti ini merupakan bagian dari Family Gathering teman-teman anggota Pramuka di SMK Swadaya Kota Semarang, dengan tujuan untuk mempererat persaudaraan dalam kebersamaan sesama anggota khusus kelas XII yang akan meninggalkan kampus.

Rombongan berangkat dari kampus Semarang sekitar pukul 15.30 waktu setempat atau selepas waktu Asar (kemarin 27/9) menuju ke Gunungkidul di penginapan kawasan Pantai Indrayanti.

Sesampainya penginapan dilaksanakan acara inagurasi dan acara pramuka lainnya termasuk keakraban dan ramah tamah, dengan susunan acara yang telah disiapkan oleh panitia.

Pagi dan Siang di Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti di Gunungkidul ini merupakan pantai yang sangat strategis sehingga mudah sekali dijangkau oleh semua jenis kendaraan.

Pantai yang berada di tepi jalan raya Pantai Selatan Jawa ini kadang pengunjungnya membludak hingga pantainya sendiri tidak kelihatan indahnya, karena lautan manusia yang berjubel berkunjung ditempat ini.

Pengunjung saat ini tidak terlalu berjubel, namun tetap ramai pengunjung, meskipun begitu kita masih bisa menikmati suasana pantai dengan deburan ombak dengan bermain air didekat pantai.

Pantai Indrayanti Gunungkidul Yogyakarta (dok Alif Kissparry Jr)

Jadi sobat Kissparry jika ingin berkunjung kesini sebaiknya bisa mengatur waktunya tidak bertepatan liburan sekolah dan sekaligus hari Minggu. Hal ini pengalaman kami berkunjung waktu itu.

Pantai Indrayanti Gunungkidul Yogyakarta 20190928 (dok KIssparry)

Jarak dari Kota Yogyakarta ke Pantai Indrayanti sekitar 73 km yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam dan 30 menit, dan waktunya mungkin bisa lebih cepat atau lebih lambat tergantung kepadatan jalan raya yang dilalui, kalau pasnya ya sekitar 3 jam perjalanan.

Dari Kota Semarang (tempat saya tinggal) jaraknya sekitar 175 km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam dan 10 menit, melalui jalan tol Semarang – Solo lewat jalur Klaten. Ini adalah perjalanan bus pariwisata, yang biasanya suka berhenti untuk pergi ke toilet di POM BBM.

Kalau versi Google Maps bisa berbeda, ternyata lewat maps-nya Google akan diketahui jalan sedang padat atau lancar. Jika garisnya bertanda merah berarti jalanan padat merayap, kuning setengah lancar dan warna jalan hijau berarti lancar.

Bukit Karang – Pantai Indrayanti – Gunungkidul Yogyakarta

Beberapa spot foto mesti dimanfaatkan ketika ditempat ini. Untuk yang lupa membawa kamera disini ada jasa foto yang berkeliling siap mengabadikan momen istimewa saat di Pantai Indrayanti.

Jangan lupa memakai kacamata, untuk mengurangi silaunya sinar matahari, dan untuk kulit yang kering mungkin perlu menyiapkan pelembab kulit, agar tidak terpapar akibat sinar matahari.

Untuk berteduh karena kepanasan, kita bisa menyewa payung besar yang sudah disiapkan oleh sekelompok pengelola wisata disini, termasuk jika ingin menyewa alas atau tikar juga tersedia.

Pantai Indrayanti 2019

Setidaknya kita perlu menyiapkan tutup kepala atau topi disamping kaca mata, dan untuk payung sepertinya tidak perlu, karena angin laut kadang kencang banget akan membuat payungnya ingin terbang.

Kedatangan kita bersama keluarga di pantai ini mungkin perlu menyewa payung tenda atau alas bila tidak dipersiapkan dari rumah.

Harga Tiket Masuk dan Sewa di Pantai Indrayanti

Tiket masuk ditarik ditengah perjalanan, sedangkan harga fasilitas lainnya sesuai dengan penggunaan dan ketentuan.

  • Harga tiket masuk : Rp 10.000
  • Sewa payung pantai : Rp 20.000
  • Sewa Gazebo : Rp 30.000
  • Toilet dan kamar mandi untuk bilas : Rp 2000 – Rp 5000
  • Sewa jetski : Rp 250.000 / 15 menit

Saat ingin mengambil gambar atau berfoto ditempat tertentu, dikarena disediakan oleh masyarakat setempat, mungkin kita perlu memberi tips uang yang besarnya sesukanya dan tidak ditentukan.

Sobat Kissparry jangan lupa ya, ketika disini harus menjaga kebersihan terutama jangan membuang sampah sembarangan, karena pengelola bekerja sama dengan pemuda setempat menerapkan denda bagi yang membuang sampah sembarangan, besarnya denda sih hanya Rp 10.000,-.

Bukit Karang Pantai Indrayanti

Bukit Karang berada di kawasan Pantai Indrayanti, kalau saya bilang berada di sebelah timurnya. Bukit inilah yang memisahkan Pantai Indrayanti dengan Pantai Trenggole.

Bukit Karang Pantai Indrayanti Gunungkidul Yogyakarta (2019)

Asyik juga berfoto-foto di spot foto Bukit Karang yang berada bersebelahan dengan Pantai Indrayanti.

Saat ini pengunjungnya tidak terlalu padat, kalaupun saat padat kita perlu sabar untuk antri dalam pengambilan gambar, karena sayang dilewatkan saat berkunjung ke tempat ini tanpa memiliki kenangan berfoto-foto.

Santai di Bukit Karang Pantai Indrayanti Gunungkidul (20190928)

Pantai Pecah Menjadi Dua Bagian

Jika kita amati pantai ini pecah menjadi dua bagian dengan dipisahkan oleh bukit yang runtuh. Memang asli seperti itu.

Penampakan Pantai Indrayanti yang terbelah oleh runtuhnya bukit (2019)

Inilah kunjungan saya bersama teman-teman di Pantai Indrayanti Gunungkidul kali ini.

Salam.

oleh Alifiansyah
editor Kissparry Wea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.