Galeri

Samarinda Itu Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, Didekatnya Ada Tenggarong

Perbincangan ringan sore ini, tentang Samarinda menjadi menarik untuk saya tuliskan disini, ya tentang Kota Samarinda yang menjadi Ibukota Provinsi Kalimantan Timur itu.

Saudara kita itu dimana, bi? Tanya istri saya, Aku menjawab pertanyaan tersebut ada di Samarinda – Kalimantan Timur. Bukan, Samarinda itu bukannya Sulawesi, ya… Samarinda itu di Sulawesi! sanggah istri saya. Iya….. oralah… iku Kalimantan Timur, sanggah saya dengan sangat mantap. Dan istri saya lebih mantap lagi, seingatku Samarinda itu Sulawesi, dia sambil dialog dengan Pak Lek atau Om saya yang putranya ada di Kalimantan Tengah, daerah Pangkalan Bun.

Saya pun diam tidak adu argumentasi lagi, mengingat suatu tempat adalah alam yang pasti, sambil mengingat-ingat saudara sepupu saya yang di Kalimantan Timur itu sebenarnya di daerah mana? Akhirnya aku ingat, saudaraku itu ada di Tenggarong.

Fawaz Susanto di tepi Sungai Mahakam (lokasi Tenggarong) – Kissparry Tenggarong Kaltim – Dok Santo

Sayapun tidak langsung memastikan jika Kota Samarinda itu ada di Kalimantan Timur, tetapi kalau saya bilang Kota Tenggarong dapat dipastikan istri saya langsung setuju jika Tenggarong itu ada di Kalimantan Timur.

Istri saya, di blog ini juga ada namanya ialah Indarsih Weanind terus saja berbincang-bincang dengan Om saya itu melalui telepon selulernya, yang ia memanggilnya Mbah Wage, tinggalnya di Sragen Sumber Lawang. Memanggil Mbah itu istilah Jawa membahasakan panggilan anak kepada beliau. Kalau saya sendiri memanggilnya Pak Lek atau Om.

Dalam perbincangan itu istri juga menyampaikan jika di Kalimantan itu mencari ikan sangat mudah, bahkan didepan rumah dulu pernah ditunjukkan fotonya dapat ikan seberat puluhan kilogram.

Baca Juga : Sungai Terpanjang di Indonesia dan Daerah Alirannya

Sungai Mahakam dengan latar belakang Jempatan Mahakam di Tenggarong (Jembatan Kutai Kertanegara), dekat kantor Bupati Tenggarong, ditengah sungai ada Pulau Kumala (Dok. Susanto & Fawaz Tenggarong Kaltim, Kissparry Tenggarong)

Setelah selang sekitar 15 menit baru saya tunjukkan di Google Maps jika saudara sepupu saya itu ada di Kota Tenggarong dekat Kota Samarinda yang menjadi Ibukota Provinsi Kalimantan Timur.

O..iya… mbah ternyata Samarinda itu Kalimantan Timur, dan keponakan saya sepupu abinya ada di Kota Tenggarong dekat Kota Samarinda, kata istri saya kepada Paklek saya masih melalui telepon selular mereka.

Akhirnya jadilah ger-geran pada ketawa-ketawa, “aku dewe ya ratek mudeng”, Eyang Wage menimpali dalam guyonan itu.

Jarak antara Kota Tenggarong dan Kota Samarinda sekitar 30 km ditempuh melalui jalan darat dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Untuk penerbangan luar pulau akan melalui Bandara di Samarinda.

Akses ke Tenggarong dengan pesawat udara tentu melalui Kota Samarinda yaitu Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto (Samarinda Baru – SRI – WALS).

Baca Juga : Perjalanan ke Mahakam Ulu Kaltim dengan Mengarungi Sungai Mahakam Demi untuk Negeri

Kota Tenggarong sendiri merupakan Ibukota Kabupaten Kutai Kertanegara masih di kawasan Kalimantan Timur, dan tidak terlalu jauh dari Sungai Mahakam, malah jika diperhatikan diatas peta Kota Tenggarong sebagian berhimpitan dengan Sungai Mahakam.

Ternyata keluarga (saudara) Kissparry juga ada yang di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah, disamping ada yang di Tenggarong Kalimantan Timur dekat Kota Samarinda.

Salam

oleh Eswede Weanind
editor Eswedewea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.