Berita Utama

Pentingnya Mengecek Galon Air Isi Ulang 19 Liter

Meskipun kita sudah berlangganan air dari jaringan PAM atau sumur artetis, biasanya untuk keperluan lainnya masih menggunakan air kemasan biasanya air mineral galon 19 liter.

Mungkinkah kita di bikin sedikit kecewa, kesal, atau mau marah dan protes saat kita mau menukar galon isi ulang air mineral tersebut, “maaf pak, kami tidak bisa menerima galon ini karena terdapat bercak ini, nanti disananya tidak menerima“, padahal galon itu juga dibeli ditukar dari toko tersebut.

Saya pernah, dan saya pun langsung sadar memang benar yang diucapkan karyawan mini market tersebut, dan saya amati secara seksama memang ada bercak karat yang memanjang, kemungkinan galon tersebut tersimpan lama dan menempel pada dinding besi gudang agen air mineral tersebut.

Tampak bercak karat digalon

Saya pun langsung menyadari kesalahan saya pada saat menukar galon ini sebelumnya, karena tidak meneliti apakah ada kejanggalan pada galon. Jika dari segi fungsi tidak ada retak atau kebocoran pada galon tersebut, biasanya sih tidak masalah.

Karena ditolak oleh salah satu minimarket tersebut, akhirnya saya mencoba ke minimarket yang lain, dan ternyata mau menerima galon ini, karena kondisinya memang tidak retak dan bocor.

Wah… berarti saya beralih langganan ke tempat ini, karena pelayanan lebih bagus, tidak mungkin galon isi ulang ini saya yang salah letak, biasanya sehabis beli langsung dipakai melalui dispenser dan galon yang lain untuk cadangan.

Apalagi bercak ini ada bukan dari salah saya menempatkan saat dipakai dirumah.

Selama ini, jika menukar galon air mineral, saya tidak mengecek, karena setelah dibayar di kasir, galon air mineral langsung diangkat dan dimasukkan ke bagasi oleh karyawan mini market.

Apabila kita belum menemui masalah ditolak oleh petugas toko, mungkin kita tidak pernah memasalahkan galon yang kotor, tetapi jika sudah pernah bertemu seperti ini dan ternyata telah menerima galon yang kotor, sebaiknya kita harus rela membersihkannya sebelum menukar ke toko atau minimarket.

Disarankan kepada konsumen air mineral galon, agar meneliti sebagai berikut :

  • Segel tutup galon dalam kondisi baik/ tidak rusak.
  • jika galon ada yang terlalu kotor, sampaikan kepada pelayan toko tentang hal tersebut.

Semoga bermanfaat


Salam

by LikKasjo (Sekayu Muba)
editor Eswedewea (Semarang)