Sahabat Kissparry, hari ini kita bicara tentang buntil ya… yang disandingkan dengan ketupat, namun sayang sekali saya tidak bikin sendiri tetapi membeli. Bukan apa, tetapi hanya mengurangi ribet saja.

Ketupat atau kupat syawalan masih ada, ada sambel goreng, dan ada sayur buntil. Buntil, ada yang dari daun talas dan ada pula yang dari daun singkong, yang paling mudah didapat yaitu buntil dari daun singkong.

Sayur semacam ini dapat menggugah selera makan kita, yang didapat dari aroma dan rasa pedasnya.

Ketupat (Kupat)

Ketupat merupakan kreasi tradisi masyarakat Jawa ‘KUPAT’, cara membuatnya juga dapat dibilang mudah, membuat nasi dibungkus janur. Janur adalah daun kelapa yang masih muda, dibikin selongsong.

Selongsong kupat modelnya macam-macam, sebut saja kupat sinto, kupat luar, kupat tumpeng dan lain-lain.

Ketupat (kupat)

Setelah selongsong kupat sudah dirangkai (jadi) kemudian didalamnya dimasuki dengan beras yang sudah dicuci, kira-kira setengahnya lebih sedikit.

Anda pasti bertanya? Apakah yang nulis sudah pernah menanak (bikin) kupat, jawabnya… sudah. Hanya akhir-akhir ini biasanya pesan atau beli yang sudah matang.

Janur dan Slongsong Kupat (foto Maryadi Boyolali)

Setelah semua siap bakal kupat, kemudian dimasak dalam kuali atau panci besar, tergantung jumlah kupat yang dibuatnya, semua harus masuk kuali/panci.

Proses memasaknya lama, sehingga biasanya memasak kupat ini dengan kayu bakar, sebab jika menggunakan kompor gas (mungkin) lebih lama dan kurang tanak.

Memasak kupat memakan waktu yang lama antara 4 jam hingga 5 jam bahkan lebih, sebab jika masaknya terlalu cepat maka kupat tidak tanak atau kurang matang.

Dalam waktu memasak tersebut jika airnya telah menguap maka perlu ditambah lagi air kedalam panci agar tidak gosong kupatnya. Tambah air yang panas akan lebih baik dari pada air biasa.

ketupat gosong

Contoh diatas ketupat kiriman dari Kissparry Purbalingga (2020) yang memasak kupat kehabisan air atau terlambat menambah air saat airnya sudah mengering karena pemanasan.

Ternyata ketupat (kupat) gosong juga enak, karena memiliki aroma yang khas yang tidak pernah kita temukan jika kita membeli ketupat sayur.

Terlebih kalau kita beli diwarung ketupat sayur, kadang bungkusnya dari plastik dan jelas rasanya tidak khas ketupat.

Sayur Buntil

Melihat kupatnya sudah biasa, tetapi ketika melihat sayur buntilnya jadi…. ah… pingin segera mencicipinya.

Sebenarnya ketupat (kupat) dimakan dengan sayur model-model apa saja cocok, karena kupat itu ibarat nasi tetapi dibungkus dengan janur, termasuk dengan sayur buntil.

sayur buntil daun singkong

Sayur buntil kali ini beli, tetapi saya juga pernah membuat sayur buntil. Dalam membuat buntil ada 2 (dua) tahap yaitu membuat buntilnya sendiri dan kuahnya.

Buntil biasa dibuat dari daun singkong, daun pepaya, atau daun talas. Mudah ditemukan dari daun pepaya atau daun singkong.

Membuat buntil daun singkong itu daun singkong yang di gulung-gulung didalamnya diberi isi, untuk isi tergantung selera, misalnya ikan teri, kelapa muda diparut, dan lain-lain dan ini menentukan bahan-bahannya.

  • daun singkong
  • cabe
  • ikan teri
  • kelapa muda diparut
  • gula
  • garam
  • bawang putih
  • bawang merah
  • untuk tali pakailah benang kasur (jangan menggunakan tali rafia)

cara membuatnya yang lebih detil tanyakan yang sudah berpengalaman membuat, antara lain bumbu-bumbu dihaluskan dan diaduk dengan isi, sedangkan untuk daun singkongnya sudah dimasak sampai alum setengah matang.

Kelapa muda diparut untuk diaduk/campurkan dengan ikan terinya telah dibersihkan dan di kukus (lebih baik), beserta bumbu-bumbu yang telah dihaluskan.

Daun singkong ditata (atur) secukupnya untuk membungkus isi yang terdiri dari ikan teri dan kelapa muda. Jika Anda ingin mengurangi (maaf kolesterol) bisa menghilangkan kelapa mudanya.

Kuah dari sayur buntil cenderung khas, meskipun bisa berkreasi

  • santan kelapa
  • cabe
  • garam
  • gula
  • daun salam
  • daun serei
  • daun jeruk

Selain santan kelapa, bumbu dihaluskan atau ditumbuk. Daun salam, daun serei dan daun jeruk tidak ikut dihaluskan, untuk serai cukup ditumbuk (geprek).

Kekentalan santan kelapa menyesuaikan dengan selera, dan usahakan tidak menggunakan santan kelapa instan. Parut kelapa sendiri maka seninya memasak ada disini.

Sambal Goreng

Sambel gorengnya juga ada. Sambal goreng juga cocok untuk menemani ketupat. Jika memerhatikan namanya sambal goreng, tetapi sayur ini bukan hanya sambal digoreng tetapi sambal itu sebagian dari bumbunya.

Cara membuat sambal goreng tidak perlu saya uraikan disini, karena masaka ini sudah sangat umum. Coba perhatikan, sambal goreng-nya: kerecek, tahu, tempe, kentang, dan banyak cabe.

sambal goreng ala Semarangan

Uniknya sambel goreng ini adalah ditaburi dengan bubuk kedelai.

Salam dan tetap semangat

oleh Indarsih Weanind
editor LikKasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.