Sore ini (27/8) cukup cerah, suasana yang ditunggu-tunggu untuk mendapatkan swastamita atau sunset alias matahari terbenam dari atap hotel Grand Edge Semarang, perburuan pun berhasil mendapatkan suasana senja menjelang yang sungguh memesona.

Swastamita istilah yang digunakan untuk matahari terbenam atau menghilang di bawah garis cakrawala di sebelah barat, dan kali ini perburuan dilakukan di atap hotel bingang empat Grand Edge Hotel Sultan Agung Semarang.

Atap hotel ini merupakan kolam renang dan sebelahnya ada restoran, dari kolam renang inilah kita mendapatkan pantulan cahaya matahari diatas air.

Mungkin kalau ambil gambarnya agak kebawah, bisa tampak seperti dilautan, wow… keren sekali, kesempatan yang tidak boleh disiakan, mumpung di hotel ini selama empat hari dan tiga malam.

Sunset – swastamita – senja menjelang, di kolam renang BlueSky hotel Grand Edge Semarang Sultan Agung (27082020)
Iman dan Sakti sedang berenang, saya tak tampak karena yang ambil gambarnya

Perburuan sunset atau diisitilahkan dengan swastamita, hari ini, saya hanya mengandalkan kamera smartphone Redmi 5X, sebenarnya ada kamera milik teman Redmi 8X Pro, jadi keduanya menggunakan smartphone, coba nanti yang satunya ditaruh dibawah ya.

Hotel Grand Edge Semarang Sultan Agung ini merupakan salah satu hotel yang berada di perbukitan Candi Baru, daerah Kagok sekarang Wonotingal.

Lokasinya didepan SMA Ibu Kartini Semarang (Sultan Agung) dan didepan SMP Negeri 5 Semarang (Kagok), jadi begini, Grand Edge Hotel diantara kedua sekolahan yang bangunannya ada lebih dahulu.

Beberapa gedung milik SMA Ibu Kartini dan Akademik Kesejahteraan Sosial (AKS) Ibu Kartini merupakan gedung cagar budaya, dengan Surat Keputusan Walikota Semarang Nomor 645/50/1992 tentang Konservasi Bangunan-bangunan Bersejarah di Wliayah Kota Semarang.

Pada tahun 2005 bangunan ini mendapatkan Senarai Penganugerahan Penghargaan Pelestarian Pusaka Budaya Kota Semarang dan pada tahun 2014 bangunan ini masuk nominasi penghargaan pelestari cagar budaya BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jawa Tengah.

Suasana menikmati swastamita menjelang senja di kolam renang yang letaknya di puncak gedung hotel Grand Edge ini sekaligus untuk hiburan sejenak diantara padatnya aktivitas hari ini.

Pun matahari terbit mungkin juga bisa disaksikan dari atap gedung ini, namun tidak seindah saat terbenamnya. Istilah terbit dan terbenamnya matahari sudah lazim digunakan, yang tepat nampak di garis cakrawala atau hilang di garis cakrawala.

Sunset Grand Edge

Kedua teman saya yang merencanakan berenang dikala senja menjelang ini tahu benar, jika saya suka yang begini-begini, ketika teman saya Sakti bilang “aku sore ini rencana mau berenang sambil nyantai sebentar”, langsung aku sambut “jangan lupa nanti aku disenggol, pastikan waktunya saat tepat, jangan sampai terlewat dengan sunset-nya”.

Benar, namun sepertinya kalah cepat dengan dua orang mbakyu (gadis) yang sudah ada dilokasi. Jika melihat sekilas sudah berpose pengambilan gambar dilatar belakang matahari terbenam (swastamita – sunset).

Sunset diatap gedung, kolam renang, hotel Grand Edge Semarang, BlueSky lounge (27/8)

Dari kolam renang ini pun kita bisa menyaksikan tegarnya dan moleknya Gunung Ungaran yang letaknya di sebelah barat Kota Ungaran Kabupaten Semarang.

Gunung Ungaran dari Hotel Grand Edge yang letaknya di Jl Sultan Agung No. 96 Wonotingal (Kagok) Kecamatan Candisari Kota Semarang jarak pandangnya sekitar 35 km, sedangkan jarak perjalanan darat sekitar 38 km.

Jarak itu, menjadikan postur gunung Ungaran ini masih tampak jelas, sehingga menambah suasana senja menjelang ini semakin tambah asyik.

Atap sebagian bangunan yang fungsinya sebagai lounge – club – bar (BlueSky Semarang) terbuat dari kaca tebal, sehingga kacanya memantulkan sinar matahari yang menambah menarik lagi saat berada di puncak hotel bintang 4 tersebut.

Gunung Ungaran tampak dari Grand Edge

Lengkap sudah suasanya menjelang senja ini, saat berada di kolam renang Grand Edge Hotel, kita pun bisa menyaksikan pemandangan yang kearah timur, sebagian kota bawah.

Saat matahari sudah hilang dari garis cakrawala dibelahan barat, senja pun tiba, lampu-lampu taman menyala menambah keindahan sejauh mata memandang.

Namun, azan Maghrib pun sudah terdengar dari pengeras suara masjid yang terdekat, masjid itu ada dibelakang SMPN 5 Semarang, berarti kami harus segera meninggalkan tempat ini dalam perburuan sunset yang hasilnya tidak mengecewakan sebaliknya sangat menyenangkan.

Senja – kolam renang Grand Edge Hotel Semarang

Sekian dulu ya, nanti disambung cerita lainnya saat berada di Hotel Grand Edge Semarang Candi Sultan Agung, empat hari dan tiga malam.

Semoga bermanfaat dan terhibur.

oleh Eswedewea
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.