Gaya Hidup Keterampilan Ragam Teknologi

Cara Menemukan RCTI, MNC Grup yang Hilang di Parabola pada Receiver Nex Parabola

Sudah lama banget tidak menonton RCTI atau MNC Grup karena siaran di acak, tetapi tiba-tiba bisa nonton lagi setelah membeli receiver baru, karena receiver Venus HD Meteor saya tiba-tiba tidak menyala lagi, saya perkirakan kena adaptornya.

Dalam kejadian rusaknya receiver itu, sebelum membeli yang baru, saya sempat mencoba menghubungi orang yang biasa menangani jasa servis elektornik, dan menyampaikan jika reseiver-ku sepertinya kena (rusak) adaptornya, karena tidak menyala sama sekali.

Saya pun telah mencoba membuka receiver yang tidak menyala tersebut, dan saya lihat tidak ada yang terbakar.

Oleh tukang servis itu, menyampaikan jika mengganti adaptor harus satu glondong, beli langsung pasang, dan biasanya membelinya bareng teman-teman yang biasa menerima jasa servis, karena nggak sesuai dengan ongkirnya, katanya.

Akhirnya saya putuskan mencoba menghubungi toko parabola, dimana saya dahulu membeli receiver ini, dan sesampai di toko tenyata dan kebetulan tukang servisnya tidak tampak, mungkin libur.

Saat berangkat ke toko parabola, memang dari rumah sudah menyiapkan dana untuk membeli receiver yang baru.

Saat tanya-tanya disodorkan 2 (dua) receiver untuk dipilih dan harganya sama, tapi katanya gambar lebih jernih yang NEX, ya sudah, saya beli saja (19/12), jadilah saya membeli, receiver NEX Parabola edisi Dangdut

Sebenarnya sedapatnya karena sudah hampir 5 (lima) hari tidak menonton siaran televisi. Antene biasa (manual) sudah terlanjur dimasukkan ke gudang.

Cara Instalasi Nex Parabola dan Registrasi Produk

Bagaimana cara instalasi perangkat ini mbak, saya tanya pada pelayan toko, yang sepertinya putrinya dari pemilik toko sendiri.

Jawabnya, biasa pak, itu sudah terinstal didalamnya siaran-siaranya, sehingga otomatis langsung plug and play, katanya.

Semua ada termasuk yang MNC Grup yang diacak? saya bertanya lagi, dan dibalas “ya… pak” didalam sudah ada cara instalasi.

“Oke, baik, ini saya bayar nanti saya cobanya, kalau nggak bisa berarti saya kembali lagi kesini, tolong dikasih tanda atau paraf disini”, kataku pada pemilik toko yang kali ini melayani.

Ini saya kasih kwitansi pak, receiver ini digaransi dari toko kami selama seminggu, ini pak nota pembeliannya, tuturnya.

Sesampai dirumah, receiver NEX Parabola langsung saya sambungkan dengan peralatan yang ada dan terhubung dengan TV, dan ternyata benar langsung muncul semua siarannya, tetapi yang tanda $ ada yang bisa dan ada yang tidak.

Baca juga : Cara Mencari Siaran TV Parabola Reseiver Venus HD Meteor

Saya pun mencoba membolak-balik panduan, dan tidak menemukan caranya memunculkan siaran MNC Grup kecuali INews yang bisa tampak siarannya.

Kemudian bertanya lagi dengan servis elektronik yang semula saya tanya-tanya pada mereka, dan jawabnya, besok saya datang ke rumah bapak membawa receiver sekaligus melihat yang katanya adaptornya mati.

Kalau K-Visian saya tau caranya pak, tetapi kalau NEX, kurang tahu, dan ada cara lainnya, katanya tukang servis tersebut.

Karena waktu yang disepakati tidak saling terhubung, antara bisa dan tidak bisa, atau antara ada di rumah dan tidak.

remote kontrol Nex Parabola

Ternyata Trans 7 juga tidak muncul, mungkin ganti saluran atau bagaimana. Saat itu, hampir 3 minggu tidak melihat acara Trans 7 dan tentu juga MNC Grup.

Saya mencari-cari gelombang untuk Trans 7, dan akhirnya ketemu, dibagian akhir saya infokan praktiknya.

Baca juga : Cara Mencari Program Siaran TV Parabola yang Diblokir Diacak, Buka dengan Biss CW

Tadi malam (17/1), baru terpikirkan akan mencari kode acak dari RCTI, GTV, dan MNC, berarti hampir 1 (satu) bulan saya coba-coba terus memunculkan MNC Grup secara otodidak, belum menemukan.

Saya hanya teringat pesan dari petugas toko parabola, jika untuk TV nasional reguler sudah tersedia tanpa langganan. Memang tidak mencoba aktivasi karena berfikirnya berarti langganan bulanan.

Akhirnya buka-buka internet, dan ketemu jawabnya, ternyata memang harus diaktivasi receivernya. Dikatakan, nanti saat aktivasi akan memperoleh siaran gratis selama 30 hari untuk saluran TV tertentu (berbayar), dan untuk TV nasional kecuali CNN Indonesia.

Caranya mengirim SMC-ID melalui SMS ke NEX Parabola, formatnya, ketik :

NEXPARABOLA*SMC_ID-16-digit*NAMA*KOTA*NO_HP#


dibaca NEXPARABOLA<bintang>Nomor SMC<bintang>NamaPemilik<bintang>Kota/Kab-Asal<bintang>Nomor-HP<dan diakhiri pagar>

Lalu SMS tersebut dikirim ke salah satu Nomor HP berikut ini:

  • Telkomsel – 0811 8522 339, atau
  • Indosat – 0815 1978 2539, atau
  • XL – 0878 0006 5639

Jika telah terkirim, silakan nunggu informasi dari NEX PARABOLA

Bagaimana Cara Melihat Nomor SMC_ID?

Pada remote kontrol tekan tombol HIJAU, maka lalu akan mucul dalam monitor TV anda seperti gamabr berikut.

SmartCard ID

SmartCard ID (SMC_ID) sejumlah 16 digit tersebut yang diregistrasi ke NEX PARABOLA. Waktu menunggu tidak lama, hingga muncul siaran TV yang bertanda $.

Masa Berlakunya Penayangan Siaran TV Berbayar ($)

Anda pasti bertanya-tanya apa benar GRATIS untuk televisi lokal, dan sebagian lain BERBAYAR atau berlangganan.

Inilah balasan SMS yang datang dari NEX PARABOLA sampai ke HP kita yang digunakan untuk meregistrasi produk Nex Parabola.

Registrasi Berhasil SMC ID 8004564199999999, paket ID: 29 mulai 17 Januari 2021 sampai dengan 16 Februari 2021, dan ini adalah bonus saat kita membeli NEX PARABOLA, selebihnya silakan dilanjutkan dengan berlangganan.

Sementara itu, BONUS paket yang lain yaitu Paket ID:26, berlaku sejak 17 Januari 2021 sampai dengan 4 Oktober 2040, selebihnya silakan beli reseiver baru 🤭, ya… begitulah, mungkin alatnya sudah saatnya ganti, sehingga boleh dibilang GRATIS selama alatnya OKE.


Ternyata memang benar bisa menyaksikan siaran televisi lokal seperti RCTI, MNC, dan GTV atau kelompok MNC Grup.

Untuk paket siaran yang telah berakhir nanti (16 Februari 2021) jika tidak ingin memperpanjang paket langganannya maka untuk mengurangi jumlah TV di saluran receiver kita, bisa dilakukan dengan menghapusnya. Namun, jika akan memperpanjang paket atau mau menambah silakan datang ke gerai Indomaret terdekat atau sebaiknya silakan kunjungi laman Nex Parabola.

Contoh siaran TV yang ber-$ (bayar) sudah muncul

Baca juga | Cara Menambah Siaran TV Satelit pada Receiver NEX Parabola, GRATIS | Trans 7

Oh, Langkah Itu Sudah Tetapi Masih Siaran Acak

Menurut informasi dari toko parabola atau penjual Nex Parabola tersebut, jika siaran TV lokal standar semuanya tersedia.

Jika memang langkah registrasi sudah dilakukan, tetapi mungkin masih hilang, silakan cek ada page NEX TELKOM pada reseiver.

Cobalah di SCAN ulang untuk NEX TELKOM, frekwesi yang sempat kami catat untuk MNC Grup, berikut ini daftar frekwensi yang digunakan oleh Nex Parabola.

Frekwensi 4180
Polarisasi Vertikal
Symbol rate 29800

Adapun yang terdaftar di frekwensi tersebut (4180 V 29800) yaitu MNC, RCTI, GTV, iNEWS, Indosiar, ANTV, CITRA, dan beberapa TV lainnya.

Jika frekwensi hilang atau terhapus, silakan ditambahkan baru kemudian di scan ulang.

Frekwensi inilah yang kelak tetap GRATIS di Nex Parabola, sedangkan frekwensi yang lainnya (mungkin) berbayar atau harus berlangganan. Dan, enaknya kita bisa membayar paket langganan secara bulanan di gerai Indomaret.

Sekian, semoga bermanfaat.

oleh Esewedewea
editor Eswedewea

1 komentar

  1. Saya hanya membeli RESEIVER NEX PARABOLA saja sedangkan piringan parabola menggunakan parabola yang sudah ada, kebetulan reseiver VENUS HD Meteornya kena catu dayanya (adaptornya rusak).

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: