Badko TPQ Candisari Berita Utama Semarang Serba Serbi

Pengurus Badko LPQ Kecamatan Candisari Masa Bakti 2020-2022 Dilantik Hari Ini

Bertempat di aula Masjid Al Jauhari Jl Kawi Kota Semarang, pengurus Badan Koordinasi (Badko) Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) Kecamatan Candisari Kota Semarang dilantik dan dikukuhkan hari ini (31/1).

Pelantikan pengurus harian Badko LPQ Kecamatan Candisari masa bakti 2020-2022 (tiga tahun) dilakukan oleh Ketua Badko LPQ Kecamatan Candisari, Moh. Zamroni, SH.I. dihadiri perwakilan dari Badko LPQ Kota Semarang, H. Moch. Dimyati, S.Ag.

Sebelum melantik, Moh Zamroni membacakan ikrar yang ditirukan oleh seluruh pengurus yang dilantik hari ini, setelah itu dilanjutkan penandatanganan naskah pelantikan yang diwakili oleh Ahmad Nurdin, S.Ag. selaku Wakil Ketua Badko LPQ Kecamatan Candisari.

Adapun Surat Keputusan Ketua Badko LPQ Kecamatan Candisari tentang Susunan Pengurus Harian Badko LPQ Candisari Masa Bakti 2020 – 2022 dibacakan oleh Sekretaris Badko, Ahmad Muhibbin, S.Hum.

Penandatangan naskah pelantikan Pengurus Harian Badko LPQ Kecamatan Candisari masa bakti 2020-2022

Ustadz Moh Zamroni menyampaikan, dengan dilantiknya ustadz/ustadzah menjadi pengurus harian Badko LPQ Kecamatan Candisari masa jabatan 2020 – 2022, mengharapkan dapat bekerjasama memajukan lembaga LPQ melalui Badko LPQ kecamatan.

Badko LPQ Kecamatan di Semarang ada yang membentuk hingga Badko LPQ tingkat kelurahan, tetapi untuk Kecamatan Candisari sejak lama sudah menerapkan Koordinator Lapangan (Korlap), ini akan kita lanjutkan pada kepengurusan kali ini, belum perlu membentuk LPQ tingkat Kelurahan, ungkapnya.

Korlap dalam struktur kepengurusan berada di Seksi Kerja sama dan Humas, dalam hal ini yang menjabat seksi tersebut juga sebagai Koordinator Korlap.

Dengan kondisi terkini yang sudah memanfaatkan teknologi, yaitu dengan komputerisasi dan atau website, kedepan kita akan mengadakan pelatihan komputer, selanjutnya ditunjuk operator TI tiap-tiap kelurahan, seperti Badko Kota Semarang menunjuk operator TI dari masing-masing kecamatan.

Sesuai dengan AD/ART Badko LPQ Kota Semarang yang baru, seluruh pengurus harian Badko Kecamatan se Kota Semarang, terdiri atas Ketua, Sekretaris, dan Bendahara telah dilantik sebelumnya (10/1/2021) oleh Ketua Badko LPQ Kota Semarang, kemudian untuk pengurus harian masing-masing kecamatan cukup dilantik oleh Ketua Badko Kecamatan masing-masing, hal ini disampaikan oleh Ustadz H Moch Dimyati dalam kata sambutannya.

Pengurus Harian Badko LPQ Kecamatan Candisari

Pak Dim begitu sapaan akrab hariannya, dalam sambutan ini bukan sebagai Ketua Badko LPQ Kota Semarang, tetapi sebagai pembina Badko LPQ Kecamatan Candisari, yang dalam struktur kepengurusan juga ikut dilantik hari ini.

Berkaitan dengan permintaan data yang serba cepat, alhamdulillah Candisari termasuk Sigap, yang terakhir permintaan data dari Kemenag, Badko Kecamatan tidak minta data dari LPQ tetapi mengambil data yang telah dikumpulkan sebelumnya divalidasi masing-masing LPQ langsung dikirim, dan saat ini memang semuanya akan berbasis data, paparnya.

Data kita nanti semua akan didatakan melalui aplikasi SIGAP Badko LPQ Kota Semarang, memang diawal sedikit kerepotan apalagi ada LPQ yang TI-nya masih kurang mumpuni, tetapi alhamdulillah Candisari lancar berkat kesigapan dari pengurus Badko melalui penanggung jawab (PJ) TI kecamatan.

SIGAP saat ini merupakan satu-satunya aplikasi yang mengumpulkan data asatidz dan santri berbasis data web, di tingkat Kota/Kabupaten, pertama kali di Indonesia, tutur H Dimyati.

Selanjutnya ia berharap Badko LPQ Candisari setelah tahun lalu (2020) hampir tidak ada kegiatan yang melibatkan semua unsur di kecamatan ini, meskipun masa pandemi Covid-19 belum berakhir, di tahun ini tingkat kecamatan setidaknya ada satu atau dua kegiatan, misalnya lomba secara daring atau mungkin melalui medsos, kemudian kegiatan untuk asatidz tentang kelanjutan dari tahsin.

Meskipun sudah dilaksanakan Raker Badko, diharapkan masih ada pemantapan kegiatan utamanya di tahun 2021, agar program-programnya lebih terarah, pungkasnya.

Seusai pelantikan dan pengukuhan pengurus dibuka acara diskusi singkat untuk mengisi sisa waktu yang ada.

oleh Eswede Weanind
editor Lik Kasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: