Berita Utama

Cara Mengatasi Siaran TV Hilang dari Nex Parabola, Trans 7

Dapat laporan bahwa Trans 7 hilang lagi, ada sinyal tapi tidak keluar gambar hari ini, mungkin tempat Anda tidak masalah.

Trans 7 tadi hilang tidak muncul siarannya, sementara terlihat sinyalnya, Taufik Wea memberi tahu saya. Saya pun kemudian tanya balik, apakah Trans TV juga tidak ada, dan dijawabnya tidak, Trans TV masih ada.

Pertanyaan tentang Trans TV muncul lantaran stasiun tv tersebut bersaudara, sehingga saat yang satu hilang dari reseiver maka tidaklah jauh dan mudah ditemukan kembali. Kemudian saya menuju ke ruang tv dan memegang remot untuk ngecek saluran. Memang Trans 7 tidak ada gambarnya.

Saya minta kepada Taufik untuk mengamati frekuensinya Trans TV, lalu dibandingkan dengan Trans 7 yang hilang dari Nex Parabola, utamanya yang siaran di jalur HD.

Hasil pengamatan frekwensi ada bedanya yang Trans TV sda tanda $ sementara Trans 7 yang hilang gambarnya tidak ada tanda $, maka lalu saya simpulkan untuk mencari lagi cadangan frekwensi yang lain untuk Trans 7.

Jadi begini perlu saya sampaikan bahwa frekwensi siaran yang menggunakan beberapa alamat memang sebagian saya hapus dari daftar data di reseiver dan ada pula yang dicadangkan, tujuannya dihapus dari daftar supaya tidak terlalu banyak siaran stasiun tv yang lebih dari satu, dengan itu setidaknya mengurangi jumlah tv yang siaran sama.

Ternyata cadangan siaran tv untuk Trans 7 masih ada di frekwensi lain yang bertanda $, meskipun bukan HD, sehingga untuk sementara dengan cukup memindah urutan dari daftar stasiun tv, yakni yang tidak ada gambarnya dipindah ke baris akhir sedang frekwensi yang muncul gambar dipindah ke deretan awal.

Baca juga | Cara Membuka Siaran Saluran TV Satelit Berbayar | NEX Parabola

Apakah cukup sampai disini? Tidak, saya sampaikan ke Taufik jika nanti akan kita scan ulang, pasti tidak jauh beda frekwensinya.

Kami pun tidak mencari tahu melalui Google Pencarian, sebab masih ada frekwensi Trans 7 yang lainnya yang muncul gambarnya, apalagi Trans TV tidak ikut hilang, dan juga untuk Trans 7 masih tampak ada sinyal yang bagus.

Mengapa nanti scan ulang dan tidak mencari tahu frekwensi terbaru? Sebab, jika melakukan scan ulang pasti akan muncul tv ganda lagi, sehingga perlu tindakan lanjutan, menghapus atau memindah urutan daftar stasiun tv pada reseiver Nex Parabola tersebut. Selain itu, tidak semua discan ulang, dipilih hanya yang diduga ada Trans 7 nya.

remote kontrol Nex Parabola

Scan Ulang Frekwensi Satelit

Sebelum scan dilakukan maka saya menentukan dulu dari daftar satelitnya, ada Nex Telkom, Telkom, Nex C-Band, Nex K-Band, maka saya pilihlah Telkom. Kemudian, tentu menggunakan remot kontrol.

Berikut ini langkah langkah untuk melakukan scan ulang reseiver Nex Parabola untuk menemuka tv Trans 7.

  • pada remot pilih Menu, lihat di layar tv kita, muncul daftar menu
  • pilih Instalasi, kemudian pilih Pengaturan Antena, lalu
  • pilih Satelit TELKOM
  • selanjutnya kita akan scan ulang, sebelum klik scan Mode carinya pilih TV channel saja
  • Scan ulang dengan klik Mulai Cari, dan tunggu hingga selesai, sambil memerhatikan di layar tv apa muncul Trans 7
  • Oh ternyata muncul, ada Trans 7
  • juga tampak ada stasiun tv yang baru.

Pencarian, alhamdullah berhasil tanpa cari tahu di Google terkait hilangnya gambar Trans 7 hari ini (pagi).

Baca juga | Cara Menemukan RCTI, MNC Grup yang Hilang di Parabola pada Receiver Nex Parabola

Langkah selanjutnya membandingkan frekwensi antara yang gambarnya muncul dengan yang tidak muncul, hasil pengamatan ternyata menunjukkan tidak berubah frekwensi, tetapi ada beda kode PCR nya dan PID nya.

Memindah Urutan Daftar TV dan Menghapus yang Ganda

Mengapa perlu memindah urutannya, ya tujuannya agar memudahkan dalam menayangkan siaran. Sedangkan penghapusan dilakukan untuk mengurangi daftar tv saja dan biar tidak ganda.

Perhatikan tombol pada remot kontrol tv untuk memudahkan mengikuti praktik kali ini, terutama warna merah, hijau, kuning, dan biru yang terdapat dibagian atas.

Tombol merah untuk memindah urutan, tombol hijau untuk menghapus dari daftar, lalu tombol kuning dan biru untuk fungsi yang lain. Untuk memindah tentu disertai tombol anak panah, dan hanya tombol naik dan tombol turun.

Satu hal terpenting yaitu satelit pada posisi All atau semuanya, jika tertekan tombol menunjukkan satelit tertentu harus dikembalikan ke All.

Maaf ya, untuk memindah dan menghapus kanal tv akan kami sajikan selanjutnya.

Baca juga | Cara Menambah Siaran TV Satelit pada Receiver NEX Parabola, GRATIS | Trans 7

Salam, semoga bermanfaat

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.