Gaya Hidup komunikasi Lagu Populer Ragam Teknologi

Inilah Cara Efektif Menghemat Kuota Internet | Bonus Lagu Aku Begini Kau Begitu

Kuota internet dapat dihemat, benarkah, lalu bagaimana caranya kuotanya hemat, ayo coba cari jawabnya.

Kuota internet itu apa, kita harus sedikit tahu tentang kuota internet, lalu kalau kuota secara umum hampir sama dengan batas akhir atau kapasitas atau muatan maksimal paling banyak.

Kuota internet berarti batas maksimal bisa menggunakan jaringan internet. Lho kok bisa, kita kan bebas menggunakan internet, tidak, jawabnya. Ibarat makan minum maka kita sedang berada di restoran.

Internet merupakan media atau sarana untuk mencari informasi dan berbagi informasi secara maya atau virtual, didalamnya terdapat aplikasi program pendukung sehingga dengan media internet kita bisa berbagi cerita bergambar langsung, sebut saja video call atau panggilan tampak gambar bisa bersama banyak orang atau konferensi.

Saluran jalannya tampak gambar, gambar hidup (video), suara, dan tulisan tersebut dalam dunia komputer atau komunikasi akan dihitung dalam satuan bit digabung menjadi byte atau huruf atau karakter.

Maka kemudian digabung lagi akan menjadi Kilobyte biasa disingkat KB, gabungan KB menjadi Megabyte biasa disingkat MB, lalu gabungan Megabyte menjadi Gegabyte atau disingkat GB, dan gabungan Gegabyte namanya Terabyte disingkat TB.

Setiap sekitar 1000 itu senilai 1 tingkat berikutnya, tepatnya 1024, misalnya 1 MB itu sama dengan 1024 KB, kemudian 1 GB itu sama dengan 1024 MB, dan 1 TB akan sama dengan 1024 GB.

Setelah kita tahu tentang istilah MB, GB, dan TB yang ini mungkin saat membeli paket kuota internet, ditanya oleh penjualnya “biasanya berapa GB”, maka sudah dapat menjawab, “oiya… biasanya kalau saya beli Rp 50.000,- itu dapat berapa GB ya!”.

Sekarang sudah ketemu rumusnya, agar kita dapat menghemat kuota, tidak berfoya-foya menghabiskan GB kuota yang dibeli, oh… tidak, saya tidak berfoya-foya karena memang saya punyanya kuota hanya sedikit, lha berapa, yah sebulan paling 7 GB.

Inilah Tips Agar Kuota Internet Kita Hemat

Sebelum dilanjutkan, kira-kira apa yang menghabiskan kuota cukup cepat dan banyak, yaitu video dan musik, entah itu berbentuk games atau permainan atau bentuk langsung video, dan langsung bentuk musik, jadi saat kita menerima video atau musik melalui media sosial biasanya sudah dituliskan berapa MB atau berapa GB.

a | Tidak membuka video atau musik yang tidak diberi titel atau judul atau keterangan yang cukup, dan jika mau buka perhatikan berapa tertulis KB, MB-nya.

Sebelumnya, silakan seting medsos Anda menjadi tidak otomatis buka gambar atau video. Cara ini disamping hemat kuota juga hemat memori smartphone.

Padahal sekarang sudah menjadi kebiasaan para peserta mengirim video, bahkan gambar ucapan jempol, dsb sudah tidak asing lagi.

b | Putarlah video dan lihatlah gambar dengan aplikasi bawaan smartphone, misalnya File Manager

Hal ini dilakukan, berarti saat memutar video atau melihat gambar menggunakan cara offline. Bagaimana dengan video yang di YouTube? Anda pun bisa hemat jika bisa diunduh, silakan diunduh, kemudian dimana akan menyimpan file tersebut, nanti kita cari bersama-sama.

Untuk bisa secara offline, setidaknya video sudah dibuka atau diputar sebagian, kemudian dilanjutkan di File Manager. Dengan File Manager kita bisa memutar berulangkali.

Setelah membuka File Manager, perhatikan menu-menu atau fasilitas dari aplikasi tersebut, seperti Storage, Recent, Docs, Video, Image.

Storage akan menunjukkan memori smartphone yang digunakan dan kita mengenalnya ada memori internal dan eksternal.

Yang internal merupakan memori HP bawaan (internal shared storage), muncul pertama, dan untuk berikutnya klik tombol ke atas-ke bawah. Untuk yang eksternal biasanya tertulis SD card (Kartu SD).

Disinilah letak-letak dokumen kita berada. Namun, File Manager telah mengklasifikasi file/dokumen dengan Recent adalah dokumen yang baru saja dibuka, bisanya disini letak dari video yang baru saja kita buka, disamping video tersebut akan masuk kedalam Video.

Pada Recent juga ditunjukkan dimana letak dokumen kita berada, lihat gambar misalnya Video Unduh (folder) di SD card.

Coba silakah digeser ke menu Video dan silakan putar atau diklik, maka video dapat kita lihat

Silakan dengan File Manager tersebut mengekplorasi file yang ada, terutama video dan audio, juga gambarnya.

c | Bagaimana Jika Kita Menggunakan Laptop

Saat kita menggunakan laptop, semua gambar dan video yang diputar akan masuk ke dalam memori temporer atau sementara, sehingga kalau mau putar ulang yang di laptop, silakan unduh videonya kemudian diputar berkali-kali secara offline.

Saat kita memutar video, belum muncul tombol unduh jika belum melewati setengah waktu putar video.

Bonus Video (Kiriman Teman)

Berikut ini hasil pengambilan video dari Broery Pesolima, kiriman dari seorang teman.

Video Aku Beginu Kau Begitu

Ini contoh lagu lawas.

Kami kasih bonus MP3nya dari video diatas.

Video (MP4) dan audio (MP3) dalam artikel ini dapat diunduh.

Sudah bisa praktik ya….

Salam, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

<span>%d</span> blogger menyukai ini: