Berita Utama

Gerhana Bulan Total Petang Ini Bertepatan dengan Bulan Purnama

Malam ini (sore-petang) 26/5 akan terjadi gerhana bulan total, saat bulan purnama, yang bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Fenomena astronomi langka Gerhana Bulan Total (GBT) atau Super Blood Moon akan terjadi pada 26 Mei 2021, dimulai sore hari sekitar pukul 16:44:57 WITA (tengah), seperti dikutip dari Antara. Bagi yang berada di wilayah WIB (barat) berarti mulainya pukul 15:44:57 WIB.

Waktu dimulainya gerhana tentu tidak bisa disaksikan dengan mata telanjang, lantaran sinar matahari juga masih memancar, namun dilihat saja nanti, semoga saja langit cerah.

Tentu saja di setiap wilayah, mulai dan berakhirnya GBT akan berbeda-beda.

Sebagai gambaran, bulan tampak di sore hari saat langit cerah atau sedikit berawan.

Bulan tampak di siang/sore hari, pengamatan langsung 27 September 2020 pukul 16.05 WIB

Gerhana bulan total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini terjadi saat Bulan berada di umbra Bumi, yang berakibat, saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah atau yang disebut blood moon.

Posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka Bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut Super Moon.

Untuk mengikuti jalannya gerhana bulan total, kita bisa melalui jaringan live streaming BMKG dengan link https://bmkg.go.id/gbt, kita memilih dari lokasi pengamatan tertentu, sejak pukul 13:40 WIB

Puncak gerhana bulan total akan berlangsung sekitar pukul 18:18 WIB (19:18 WITA atau 20:18 WIT), dan dapat disaksikan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.