Mengenal (PASSUS) TRANS dan Bedanya dengan Passus TNI/Polri

Sekadar tahu dan mari kita perhatikan, dilingkungan TNI/POLRI ada pasukan elite yang mereka miliki biasa disebut Pasukan Khusus disingkat Passus.

Kepolisian (Polri), misalnya ada Densus 88 (Detasemen khusus) anti teror. Densus 88 adalah salah satu unit antiteror, di samping Detasemen C Gegana di Korp Brimob (Brigade Mobil). Mako (Markas Komando) Densus 88 AT di Megamendung, Jabar.

Dilingkungan TNI Angkatan Darat (AD), ada Den Gultor (Detasemen Penanggulangan Teror). Ada yang menyebut Sat Gultor 81, alias Grup 5 Anti Teror. Mako-nya di Cijantung Jakarta, bagian dari Kopassus (Korp Pasukan Khusus) TNI AD. Sebelum bernama Kopassus dulu bernama RPKAD dan Kopasanda.

Dilingkungan TNI Angkatan Laut (AL), ada Den Jaka (Detasemen Jala Mangkara), bagian Korps Marinir. Anti perompak, pembajakan, dan keahlian perang bawah air. Ber-Mako di Cilandak, Jakarta.

Di lingkungan TNI Angkatan Udara (AU), ada Korp Paskhas TNI AU dan Den Bravo 90 (Detasemen Bravo 90). Ini adalah pasukan elite anti teror dilingkungan TNI AU. Mako-nya di Lanud Rumpin, Bogor.

Transmigran

Transmigran? Secara proses pengiriman, pembekalan, dan misinya, ada kemiripan. Mereka adalah warga negara terpilih, dan dikirim oleh negara.

Hanya saja tugasnya bukan untuk berperang secara militer, tetapi perang melawan kemiskinan.

Disaat perang terbuka, transmigran adalah pasukan khusus dan kekuatan cadangan bantuan tempur.

Tugas pokoknya menyiapkan logistik (pangan). Sedangkan dimasa damai misinya sebagai pelopor yang membangun daerah/desa terpencil, perbatasan, tertinggal, dan secara pro-aktif merekatkan persatuan antar anak bangsa. Banyak yang tidak menyadari peran ini.

Kader PATRI saatnya pro-aktif mengambil peran terdepan dalam prestasi dan keteladanan. Berinovasi membangun negeri.

Kuatkan sayap-sayap. Selalu kompak, mengintensifkan konsolidasi. Jaga terus kerukunan. Agar PATRI menjadi organisasi yang dibutuhkan dan disegani.

Mari bersama mewaspadai. Kemungkinan adanya upaya penggembosan, penyusupan, adu domba, provokasi, agitasi, dan pengkhianatan.
Semakin besar organisasi, semakin besar pula ujiannya.

Tantangan pasukan Transmigrasi adalah menjaga jiwa korsa. Agar terus setia, waspada, bijaksana, dan secara pro aktif bersama warga sekitarnya menjaga kedaulatan negara.

Kota Depok, 17/08/2019
Salam,

Sebuah Renungan dan tayang ulang arsip

Lurah DPP PATRI 🇮🇩

Hasprabu (Lurah DPP PATRI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.