Ayo Menyambut Tamu Istimewa, Bulan Ramadan (1443 H/2022 M) dengan Muhasabah

Dalam hitungan jari, sebentar lagi kita kedatangan tamu. Bagi saudaraku muslim/mah tamu istimewa itu puasa bulan Romadlon.

Dari 12 bulan Hijriyah, hanya ada 1 bulan, atau hanya seperduabelas bulan istimewa. Hanya 30 hari dari rerata 360 hari dalam setahun kita dicas kembali.

Para ustadz sudah sering mengulas keistimewaannya. Diantaranya sarana untuk menghapus dosa. Menjadi manusia teladan. Berbudi pekerti luhur.

Sesungguhnya kita di planet dunia ini juga tamu. Di punggung bumi ini kita tinggal hanya sebentar.

Jika masih ada, paling lama usia manusia 100 tahun. Rumah manusia sesungguhnya di akhirat. Di akhirat ada rumah abadi. Berupa syurga atau neraka.

Kakek dan Nenek moyang kita dulu, Nabi Adam dan Hawa tinggal di syurga. Setelah wafat beliau kembali ke syurga.

Mari kita banyak berdoa, semoga kelak bisa kembali kerumah kakek nenek moyang manusia itu, syurga.

Baca juga : SERAT KODRAT LAN PITUTURE SIMBAH (JAWA), SEBUAH RENUNGAN DAN MUHASABAH

Selama di dunia ini hanya berisi ujian. Ujian suka atau duka. Aneka macam ujian oleh bangsa jin dan manusia. Ujian kepada badan, mata, telinga, lidah, hati, tangan, kaki, dan lainnya.

Ada yang tergoda, digoda, dan menggoda. Di syurga tidak boleh ada kotoran dosa. Maka mereka yang tanpa dosa, bisa langsung masuk syurga.

Barangkali selama setahun yang lalu, berjumpa di media sosial, kita telah banyak perilaku menyimpang.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dari plataran

Barangkali tanpa disadari kita telah menghujat, menghina, merendahkan, melecehkan, menghakimi, menyinggung, iri, dengki, provokasi, tebar kebencian, pendendam, malas, egois, boros, tidak pandai bersyukur.

Mungkin juga mudah tersinggung, menyia-nyiakan waktu, ingkar janji, tidak amanah, antipati, hilang rasa peduli, kikir, berperangai kasar, tidak punya sopan santun, tidak punya rasa hormat, prasangka buruk.

Ada pula mungkin tidak sengaja kirim berita palsu, menyanjung yang bukan haknya, mendewakan sesama makhluk, merasa paling benar, paling hebat, paling kuat, paling sempurna.

Baca juga : AYO MUHASABAH (INTROSPEKSI DIRI) MENUJU HIDUP YANG BERKUALITAS

Dengan adanya tamu romadhon ini kita belajar lagi mengendalikan diri. Kita berharap semoga dapat anugerah malam istimewa, Lailatul Qadar. Karena satu malam nilainya 1.000 bulan, atau setara 83 tahun 4 bulan.

Sehingga insya Allah dengan mendapatkan Lailatul Qadar, kita dapat membersihkan diri setelah meninggalkan planet bumi nanti. Hakikat puasa adalah mengendalikan diri.

Baca juga : Bersiap di Ujung Jalan

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun. Suka kepada hamba-Mu yang mohon ampun. Maka, ampunilah hamba-Mu. Wafatkan dalam keadaan Husnul khotimah.

Mari kita mulai berwawas diri.

KoDe: 18.03.2022
Lurah PATRI 🇮🇩
(Hasprabu)

diunggah oleh Kissparry
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.