Mulai Melirik Siaran TV Digital Non Parabola dan Non Streaming, Apa Sebabnya

Sudah lama saya menggunakan antena parabola untuk menonton televisi, sebab ditempat saya tinggal siaran tv pada waktu itu tidak jernih, dan saya belum mencoba siaran TV digital.

Mulai dari MNC grup gratis tidak berbayar, saya sudah menggunakan parabola sampai dengan sekarang, dan sekarang grup MNC seperti RCTI, GTV, MNC TV merupakan tv berbayar untuk pengguna parabola, sepertinya diikuti oleh Trans TV dan Trans 7 juga berbayar.

Kebetulan saya untuk penggantian reseiver yang ketiga menggunakan Nex Parabola – Dangdut (jadi sebelum saya awalnya menggunakan reseiver Philsat – Juara, kemudian menggunakan Venus HD Meteor, dan terakhir reseiver Nex Parabola).

Sejak reseiver Juara, pada alat tersebut sudah tertera logo DVB, memang siaran yang kami terima merupakan saluran digital. Makanya, dengan parabola, kemudian bisa menyaksikan tayangan tv dengan jernih.

Baca juga : Baru Menyadari Jika MNC Grup kecuali iNews Hilang dari Nex Parabola, Apa Solusinya

Sudah jamak diketahui orang banyak apabila kita menggunakan saluran televisi parabola atau streaming, biasanya tidak dapat menangkap siaran khusus even menarik seperti olimpiade, piala dunia, dan siaran lainnya, yang katanya menggunakan hak siar.

Oleh sebab itulah, karena televisi saya tv digital model lama yang belum dilengkapi penerima sinyal digital, kemudian saya akan menambah satu saluran lagi dengan Smart TV, sebab smart TV katanya dapat menerima siaran TV digital.

Saya belum akan membeli (seperti) Nex Parabola Combo yang sudah terdapat STB-nya, sebab reseiver yang lama Nex Parabola masih bagus.

Langkah berikutnya saya membeli alat untuk mengubah TV menjadi Smart TV (Android), namun setelah saya pasang alatnya, saya belum menemukan menu untuk saluran tv digital/reguler, kemudian saya mulai memikirkan untuk menambah STB, karena sudah terlanjur membeli antena digital.

Dengan bertambahnya STB maka (nanti) pada televisi saya akan ada 4 sumber yang bisa ditayangkan pada 1 TV, dan untuk ini saya sudah membeli konektor HDMI yaitu HDMI 5 to 1 (5 input masukan dan keluar 1).

Sumber / masukan, Input 1: dari saluran TV parabola dari reseiver Nex Parabola, Input 2: Smart TV (Android) menggunakan jaringan internet, untuk Input 3 dari Siaran TV dari Saluran TV kabel/berbayar First Media, dan Input 4 dari TV Digital reguler alihan dari STB.

Satu layar TV bisa untuk beberapa sumber penayangan.

Semoga bermanfaat,

salam

oleh Eswedewea
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca