Arti Hikmah

Berikut ini diuraikan tentang arti dan makna hikmah dalam kehidupan sehari-hari. Setiap waktu, setiap orang akan menemui hikmah, apabila orang tersebut menyadarinya, namun kadang seseorang tidak menyadari apabila dirinya sedang bertemu dengan hikmah. Untuk itulah kita perlu mengetahui arti dan makna hikmah, meskipun secara ringkas.

teruslah-menuntut-ilmu

Arti hikmah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online (kbbi.web.id) adalah dijelaskan sebagai berikut:

hikmah/hik·mah/ n 1 kebijaksanaan (dari Allah): kita memohon — dari Allah Swt.; 2 sakti; kesaktian: — kata-kata; 3 arti atau makna yang dalam; manfaat: wejangan yang penuh –.

Dalam Al-Qur’an, firman Allah SWT dalam suat Al-Baqarah ayat 269 yang artinya:

”Allah menganugrahkan AL- HIKMAH  kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugrahi AL-HIKMAH itu, ia benar-benar telah dianugrahi KARUNIA yang BANYAK. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran.”
(QS Al Baqarah : 269)

Sedangkan Imam al-Jurjani rahimahullah dalam kitabnya, memberikan makna AL-HIKMAH secara bahasa artinya : ilmu yang disertai amal (perbuatan), atau perkataan yang logis dan bersih dari kesia-siaan.
AL-HIKMAH juga bermakna : kumpulan keutamaan dan kemuliaan yang mampu membuat pemiliknya menempatkan sesuatu pada tempatnya (proporsional/ADIL)
AL-HIKMAH juga merupakan ungkapan dari perbuatan seseorang yang dilakukan pada waktu

Hikmah: ialah perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil. Ayat ini menjelaskan tentang etika pergaulan sosial. Bagaimana mengajak seseorang untuk menuju kepada yang Haq dengan komperhensif. Bersungguh-sungguh dalam ucapan dan perbuatan, dan menggunakan hikmah dalam berdakwah.

ذَلِكَ مِمَّا أَوْحَى إِلَيْكَ رَبُّكَ مِنَ الْحِكْمَةِ وَلاَ تَجْعَلْ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ فَتُلْقَى فِي جَهَنَّمَ مَلُومًا مَدْحُورًا (الإسراء/39).

“Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah).

(QS Al-Isra, 17: 39)

Begitu banyak ilmu dan hikmah yang disebarkan Allah subhana wata’ala di dunia ini. Sering kita menemukannya dari pelajaran di lembaga pendidikan, majlis ta’lim,  nasihat-nasihat orang tua, diskusi dengan teman, bahkan saat kita menyaksikan apa yang terjadi di penjuru langit dan bumi. Kekayaan ilmu yang Allah miliki tak pernah terbatas dan akan diberikan kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

Dan setelah kita mendapatkan HIKMAH tersebut  kita WAJIB menyampaikan, mendakwahkan, sesuai firman Allah (yang artinya):

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan AL-HIKMAH  dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS An-Naml: 125)

Semoga bermanfaat
Ilustrasi Google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s