Kesehatan

Manfaat Kepiting Yuyu bagi Kesehatan Liver, Mata, dan Mencegah Kanker

Setelah kita menampilkan kisah capit yuyu yang kuat bikin meringis yang dicepitnya, kini kissparry akan membicarakan manfaat dari kepiting yuyu untuk kesehatan.

Yuyu merupakan jenis kepiting air tawar. Dalam taksonomi, yuyu masuk dalam famili Parathelphusidae dan genus parathelphusa, dengan nama ilmiah Parathelphusa convexa . Tidak hanya di persawahan, yuyu juga dapat ditemukan di daerah sungai, rawa, dan bendungan. 

Yuyu mencintai tempat yang banyak mengandung bahan material organik. Kepiting sawah atau yuyu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan yang bisa kami ungkapkan disini.

Kepiting air tawar yang sering disebut Yuyu (Jawa) atau Kepiting Yuyu (pic. ilmubudidaya)

Yuyu memiliki 5 pasang kaki, dan kaki depan yang berfungsi sebagai pencapit, dan 4 pasang lainnya bekerja untuk berjalan. Panjang ukuran karapaksnya dapat diserahkan antara 5-7 cm. 

Biasanya pada karapaks atau cangkang dari garis yang berbeda-beda (tanda dikirim di antara mata) yang cukup jelas. Pada karapaks bagian bawah ada cetakan seperti tanda trapezium. Dikutip dari ilmubudidaya.com.

Berbeda dengan kepiting laut yang memiliki tulang belakang bentuk pipih, semua kaki yang dikandung yuyu bentuk lancip pada ujungnya. Abdomennya tidak tampak karena melipat kebagian dadanya. 

Tubuh yuyu biasanya berwarna coklat hingga keunguan dan pada bagian dorsalnya memiliki rostum yang datar dan bergerigi.

Manfaat Bagi Kesehatan

Manfaat bagi kesehatan banyak sekali, diantaranya untuk patah tulang, penyakit liver, penyakit mata, dan mencegah kanker juga membantu mengatasi kanker. Hal ini dikarenakan kandungan gizi kepiting yang cukup lengkap.

1. Patah Tulang

Untuk membantu meringankan atau mengatasi patah tulang, yuyu dimasak dan dimakan, rutin. Dari berbagai kasus patah tulang, kepiting yuyu sangat membantu proses penyembuhan semua patah tulang,

2. Penyakit Liver atau Penyakit Kuning

Dalam hal penyakit liver, bagaimana cara menggunakan pengobatan dengan yuyu, yakni cari yuyu berusia muda, ambil dagingnya untuk di jus, tambahkan jeruk untuk penghilang amis. Minumlah secara rutin.

3. Tumor Mata

Untuk tumor mata dari kepiting yuyu memanfaatkan getah capit-nya, pagi sehabis sarapan atau bangun tidur dan malam menjelang tidur, sehari 2 x.

Pilihlah kepiting sawah yang capitnya besar sebelah, karena getahnya lebih banyak. Patahkan capitnya dan ambil getahnya (hati-hati jangan sampai di capit) setelah itu lepaskan lagi kepiting tersebut.
Diteteskan langsung

4. Mencegah Kanker

Konsumsi kepiting yuyu dapat membantu mencegah kanker dan membantu penyembuhan kanker, dikarenakan kandungan gizi yang lengkap.

Caranya makan kepiting yuyu secara rutin, tetapi ingat, jangan terlalu banyak mencampur dengan saus.

5. Konsentrat

Di desa-desa banyak memanfaatkan kepiting yuyu sebagai konsentrat pakan ayam atau sejenis.

Caranya kepiting yuyu sedikit dihaluskan dan dicampur dengan dedak atau pakan lain, seperti dedaunan, dan lainnya.

Budidaya Kepiting Yuyu

Kepiting sawah yuyu dapat dibudidayakan atau diternak, dengan teknik-teknik yang sederhana. Disini kami tidak menjelaskan bagaimana membudidayakan kepiting yuyu secara detil.

Perilaku yuyu yang mudah Dicari adalah kebiasaan melakukan pergantian kulit (molting) yang dilakukan beberapa kali dalam siklus hidup. Pergantian kulit dilakukan untuk proses pertumbuhan. Kebiasaan lain yang dimiliki yuyu adalah aktif pada malam hari ( nokturnal ). 

Yuyu keluar dari persembunyiannya di malam hari untuk mencari makan dan pengembangan biak. Yuyu juga senang membuat lubang persembunyian di seberang sungai atau di pematang sawah yang berlumpur.

Yuyu berkembangbiak dengan cara bertelur. Dalam prosesnya yuyu jantan menaiki betinanya dari depan, sang betina sedang bertelur, kemudian menyemprotkan spermanya. Sperma yang disemprotkan akan membuahi telur-telur yang ada di dalam tempat penyimpanan telur betina. 

Setelah beberapa hari pembuahan, telur kemudian menetas dalam kelompok tempat telur hingga anak-anak yuyu sudah akan membesar. Baru setelah itu betina mengusir anak-anak untuk tujuan agar mencoba makan masing-masing.

Pada lingkungan persawahan, yuyu dikenal sebagai hama. Yuyu sering membuat lubang-lubang sarang di pematang sawah dan tepi saluran irigasi. Hal ini menyebabkan kebocoran, yang memiliki fungsi untuk mengairi sawah kebenaran proses keluar. 

Meskipun demikian, dalam ekologi yuyu sawah juga memiliki manfaat yang lain sebagai pemakan zat-zat organik dan menghabiskan bahan-bahan tersuspensi ( penyulang filter ). 

Selain sebagai hama dan penyeimbang ekosistem, yuyu juga terbukti memiliki manfaat bagi manusia, yaitu untuk mengobati beberapa penyakit seperti tersebut diatas. Dengan diketahuinya manfaat lain dari yuyu, saat ini sudah banyak orang yang mulai membudidayakannya.

Semoga bermanfaat.

Kissparry, diolah dari berbagai sumber
Editor Kissparry Wea

1 reply »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.