Slide Negatif dan Positif dalam Otak Kita

Slide Negatif dan Positif dalam Otak kita

Sekitar Tahun 1991 saya mengikuti Schools of Success (SOS) training yang diselenggarakan salah satu perusahaan Multi Level Marketing (MLM), salah satu motivator memberi materi tentang kegagalan dalam mensikapi kesempatan yang datang pada kita.

Apa yang menarik dengan materi tersebut?

Banyak penyebab yang melatarbelakangi suatu kegagalan, diantaranya sang motivator menyampaikan melalui beberapa contoh kasus sebagai berikut.

Kasus 1

“ketika kita masih kecil orang tua selalu melarang kita melakukan sesuatu,  seperti ketika kita akan mengambil gelas diatas meja dilarang nanti jatuh dan pecah,  larangan tersebut merupakan slide negatif yang disimpan dalam otak dimana kita akan ketakutan jika mengambil gelas. “

Kasus 2

“sewaktu kita masih kecil saat malam tidak segera tidur atau bahkan bermain diluar rumah hingga larut malam,  orang tua kita selalu bilang ayo cepat tidur atau jangan mainan diluar nanti ada hantu, demikian juga larangan ini akan disimpan dalam otak sebagai slide negatif dan kita akan merasa ketakutan jika malam hari”.

Selain kedua kasus diatas masih banyak hal-hal negatif lain yang terekam didalam otak, perlu Anda ketahui bahwa slide negatif yang sudah terekam dalam otak kita tidak bisa hilang.  Hal ini yang membuat kita merasa ketakutan dalam mengambil kesempatan yang ditawarkan kepada kita,  suatu misal ada peluang usaha kita akan selalu takut kalau nanti rugi atau bangrut sebelum kita mencobanya.

Karena slide negatif dalam otak kita tidak bisa hilang, maka kita harus berusaha menekannya dengan hal-hal positif atau sugesti positif.

Bisa dicoba dengan beberapa tindakan berikut :

  • ambil balon dan tiuplah hingga meledak.
  • jika merasa kantuk disaat mengikuti pelatihan, pelajaran, dan sebagainya, ambil gelang karet, dan tarik karet gelang tersebut kuat-kuat dan lepaslah.
  • jika suatu saat dalam pertemuan atau acara tertentu tiba-tiba anda ditunjuk memberi sambutan maka segeralah berdiri,  hal ini akan menghilangkan rasa grogi atau takut anda.

Setelah direnungkan dari contoh kasus diatas, memang benar kita selalu ketakutan dalam segala hal. Untuk itu mari kita berusaha menghilangkan ketakutan pada diri kita dengan keberanian untuk mengambil tindakan atau kesempatan, dengan perencanaan yang matang untuk menuju tujuan dalam kesempatan tersebut.

Semoga bisa menjadi renungan dan manfaat.

By.  Lik Kasjo (LK)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s