6 Bandara Terbaik Indonesia dengan Keunggulannya

Bandar udara atau lapangan terbang di Indonesia jumlahnya puluhan, bahkan ratusan, hal tersebut karena luas wilayah Indonesia atas 13 ribu pulau lebih terbentang dari barat hingga timur, sarana transportasi udara menjadi pilihan sebagian warganya, disamping transportasi darat dan laut.

Wikipedia menyebutkan bahwa Bandar udara (disingkat: bandara) atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya.

Menurut Annex 14 dari ICAO (International Civil Aviation Organization): Bandar udara adalah area tertentu di daratan atau perairan (termasuk bangunan, instalasi dan peralatan) yang diperuntukkan baik secara keseluruhan atau sebagian untuk kedatangan, keberangkatan dan pergerakan pesawat.

Sedangkan definisi bandar udara menurut PT (persero) Angkasa Pura adalah “lapangan udara, termasuk segala bangunan dan peralatan yang merupakan kelengkapan minimal untuk menjamin tersedianya fasilitas bagi angkutan udara untuk masyarakat”

Sebagian bandara di Indonesia ini memiliki keunggulan tingkat dunia, 6 diantaranya adalah seperti berikut ini.

1. Bandara Ngurah Rai, Salah Satu Bandara dengan Wifi Tercepat di Dunia

Bandara Ngurah Rai Bali (foto Indonesia News Network)

Selain meraih predikat sebagai bandara terbaik ke-7 di dunia dengan jumlah pengunjung rata-rata 15 hingga 25 juta per tahun, bandara Ngurah Rai Bali juga menyabet sebagai bandara yang memiliki akses wifi tercepat ke-6 di dunia setelah mengalahkan salah satu bandara IAH di Amerika Serikat. Kecepatan unduhan mencapai 16.01 Mbps, membuat pengunjung yang rata-rata pengguna internet aktif, bisa sedikit lebih bersabar menunggu delay.

Dari bagian atas, bandara ini lebih mirip seperti sirkuit balap dengan jalan berkelok-kelok. Bandara yang masuk dalam 10 bandara terbaik di dunia ini memiliki gapura-gapura dengan relief Bali yang menjadi ciri khasnya.

2. Bandara Sepinggan, Bandara Paling Megah di Indonesia

Bandara Sepinggan Balikpapan (foto Kota Balikpapan)

Mengalahkan Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Sepinggan Balikpapan menjadi bandara termegah di Indonesia. Memiliki sistem keamanan canggih pada penanganan bagasi, desain bandara berwarna putih modern bertema futuristic eco-airport yang ramah lingkungan, serta berdinding kaca transparan yang mengelilingi bandara membuat pengunjung dengan leluas memandang ke luar tanpa merasa terpenjara. Di bagian tengah terminal, terdapat sebuah taman yang berdekatan dengan area pengambilan bagasi. Bagi pengunjung yang jenuh menunggu pesawat, bisa mengunjungi boutique mall yang terintegrasi di sini. Bandara ini memiliki gedung parkir sebanyak 4 lantai yang mampu menampung 2300 unit kendaraan.

3. Bandara Ahmad Yani, Bandara di Atas Air Pertama di Indonesia

Bandara Ahmad Yani Semarang (foto Berita Trans)

Dengan ditandatanganinya Kerjasama Pemanfaatan (KSP) pada 17 Juni 2015 antara oleh President Director Angkasa Pura Airports, Terminal Bandara Ahmad Yani resmi dilakukan pengembangan bandara dengan mengusung tema floating airport yang ramah lingkungan. Pengusungan tema baru ini membuat bandara ini menjadi bandara pertama di Indonesia yang dibangun di atas air.

4. Bandara Soekarno Hatta, Bandara Paling Sibuk di Indonesia

Bandara Soekarno Hatta Jakarta (foto: Berita Satu)

Bandara di Ibu Kota ini setiap tahunnya dikunjungi 51,17 juta penumpang. Tidak salah bandara ini menjadi bandara tersibuk di Indonesia.

Bandara ini memiliki 3 terminal untuk lalu lintas maskapai penerbangan. Terminal 1 digunakan untuk penerbangan domestik, terminal 2 untuk penerbangan internasional dan domestik, sedangkan terminal 3 digunakan untuk penerbangan dengan maskapai termurah. Tidak ada yang salah dengan pembeda-bedaan ini karena semua penumpang dilayani dengan baik oleh staffnya.

5. Bandara Kualanamu, Satu-satunya Bandara di Indonesia yang Memiliki Fasilitas Kereta Api

Bandara Kualanamu Medan (foto Adelina Tampubolon)

Pelayanan terbaik adalah hak yang perlu diperoleh semua penumpang terlebih dengan fasilitas yang lengkap, ini menjadi poin plus sendiri. Bandara Kualanamu ini membuktikan bisa menjadi bandara ini bisa menjadi bandara dengan fasilitas-fasilitas terbaik. Bandara yang terletak di Medan ini menjadi satu-satunya bandara yang memiliki akses kereta api di Indonesia.

Fasilitas lainnya yang dimiliki adalah bandara ini memiliki hotel transit yang bisa disewa per jam dengan kualitas terbaik.

6. Bandara Juanda, Bandara Terbaik ke 10 di Dunia

Bandara Juanda Surabaya (foto Ahar Tulis)

Menjadi bandara terbaik ke-10 di dunia. Bandara dengan segala fasilitas lengkap seperti tempat belanja, tempat makan, tempat hiburan, serta keramahan para staf menjadi penilaian lebih oleh Airport Serv­ice Quality (ASQ). Surabaya yang masuk dalam kota besar di Indonesia, membuat pengguna jasa bandara ini mencapai 15 hingga 25 juta per tahunnya.

Sumber :
http://phinemo.com/6-bandara-terbaik-indonesia-dengan-berbagai-keunggulannnya/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s