Bupati Badung Bali, Gratiskan Petani Bayar Pajak PBB

Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota dalam era otonomi daerah sekarang ini sangat memungkinkan untuk menggratiskan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, sebagai salah satu terobosan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Lahan sawah di tempat-tempat strategis di sela-sela bangunan hotel atau gedung-gedung bertingkat di daerah tujuan wisata Pulau Bali, tetap dikenai pajak bumi dan bangunan (PBB) yang nilainya disesuaikan dengan bangunan hotel atau usaha yang ada di sekitarnya. Hal itu membuat sawah, lahan terbuka hijau sulit dipertahankan.

Hal itulah yang membuat Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta merencanakan penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di pusat pengembangan pariwisata Pulau Dewata dengan harapan dapat meringankan beban masyarakat, khususnya petani. Dilansir dari MalangToday.

Pasalnya kondisi alih fungsi lahan pertanian di Bali sulit dihindari, meskipun UNESCO telah menetapkan Subak, daerah irigasi pertanian tradisional, khususnya di kawasan Jatiluwih Catur Angga Batukaru, Pura Taman Ayun, Daerah Aliran Sungai (DAS) Pakerisan dan Pura Ulundanu Batur, sebagai satu kesatuan menjadi warisan budaya dunia (WBD).

Hal itu menurut Bupati Nyoman Giri Prasta, petani yang akan digratiskan tidak membayar PBB telah diatur dalam Undang-Undang 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dikutip dari Antara, rencana menggratiskan pembayaran PBB hanya khusus untuk warga asli Kabupaten Badung yang lahannya belum dikomersialkan.

Sedangkan, tanah milik orang luar atau investor tetap wajib membayar PBB sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saat ini Nyoman Giri Prasta tengah melakukan kajian untuk pematangan rencana menggratiskan para petani dan nelayan dari kewajiban membayar PBB yang lahannya tidak dikomersialkan. (WN)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s