Perhatikan dalam Menyiapkan Bekal Anak Sekolah

Membawakan si kecil bekal sekolah bisa jadi pilihan sehat, oleh sebab itu pemerintah mencanangkan Hari Bawa Bekal Nasional yang jatuh setiap 12 April. Selain cermat memilih wadah bekal, Anda juga perlu memperhatikan kebersihannya.

Jika ingin asupan nutrisi si kecil terjamin, sebaiknya siapkan bekal makan siang anak sendiri. Tidak hanya sekadar memasukkan makanan ke dalam kotak bekal, ada juga beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti dilansir dari detikFood.

Apakah hal-hal yang harus diperhatikan, dalam membekali anak makanan ke sekolah? Setidaknya ada 4 hal, seperti berikut ini.

1. Cuci tangan

Sebelum mulai memasak atau memegang makanan pastikan tangan Anda sudah bersih. Agar bakteri yang ada di sela-sela tangan hilang, Anda perlu mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir.

Membiasakan untuk mencuci tangan bisa membuat Anda dan juga keluarga sehat dan tak mudah terkena virus ataupun bakteri.

Selain mencuci tangan, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan bahan dan cara penyajian. Cuci bahan mentah sebelum diolah agar tidak ada bakteri ataupun kotoran yang ikut termasak dalam bekal makanan anak.

2. Kebersihan kotak makan

Bekal (foto iStock)

Kotak makan yang digunakan untuk menaruh makanan juga harus diperhatikan. Bukan soal gambar atau bentuknya yang lucu, akan tetapi Anda juga perlu memperhatikan kualitasnya. Pilihlah wadah makan plastik berkualitas food grade dan BPA (Bisphenol A) free.

3. Hindari jenis makanan ini

Bekal (foto iStock)

Dimasa pertumbuhannya, anak perlu diberikan makanan yang sehat. Jangan membawakan bekal yang banyak mengandung minyak dan tinggi akan gula. Hindari juga makanan olahan beku yang praktis dan pilihlah makanan yang lebih sehat.

4. Komposisi isi

Ilustrasi bawa bekal (foto iStock)

Dalam satu kotak makan, Anda sebaiknya memadukan makanan dengan porsi yang cukup dan mengikuti syarat gizi seimbang. Pastikan ada karbohidrat, protein, lemak dan juga serat.

Nasi, kentang, mie dan roti perlu disajikan dengan tambahan daging ataupun telur sebagai protein. Lemaknya bisa dijuga didapatkan dari lauk hewani atau minyak. Sedangkan serat serta vitamin bisa didapatkan dari buah dan sayuran.

Terlalu banyak membekali makan anak hanya dengan karbohidrat dan gula bisa menyebabkan anak mudah mengantuk di kelas sehingga konsentrasinya akan berkurang.

Dikutip dari detikFood

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s