Tour Bermotor Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur

Telaga Sarangan merupakan sebuah danau yang cantik yang berada di dataran tinggi pegunungan, merupakan telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut, informasi ketinggian cukup jelas terpampang tertulis di atas danau/telaga tersebut. Telaga Sarangan ini juga dikenal dengan julukan Telaga Pasir.

Informasi ketinggian tempat
Informasi ketinggian tempat di Telaga Sarangan

Telaga Sarangan berlokasi di lereng gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur memiliki luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman 28meter. Selain pesona keindahan yang dipancarkan, telaga ini juga memberikan kesejukan yang mampu membuat pengunjung betah dan nyaman saat berada di telaga tersebut. Telaga Sarangan ditempuh dari Kota Magetan sekitar 16 KM (dari arah barat), ini mampu menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya dan merupakan wisata andalan Kabupaten Magetan.

Apabila Anda datang dari wilayah Solo maka sebelum lokasi Telaga Sarangan Anda akan melewati wisata alam Tawangmangu yang disana ada Grojogan Sewu Karanganyar.

Selama perjalanan menuju Telaga Sarangan yang berada di daerah pegunungan tersebut, Anda akan disuguhi pemandangan alam kanan kiri yang sangat menyejukkan hati, dan bila perlu Anda bisa berhenti sejenak untuk mengambil gambar.

CemoroSewu GunungLawu
Cemoro Sewu di kaki Gunung Lawu Magetan, menuju ke Telaga Sarangan

Aktivitas Menarik yang bisa Anda Nikmati di Telaga Sarangan

Keliling telaga Sarangan dengan speedboat
Keliling telaga Sarangan dengan speedboat

Berpetualang menyusuri keindahan alam Telaga Sarangan merupakan hal yang menarik yang banyak diminati para wisatawan. Anda bisa menggunakan perahu boat dan sepeda air untuk mengarungi telaga yang memiliki air jernih dan suasana sejuk yang dihiasi dengan rimbunan pepohonan yang merupakan ciri khas telaga tersebut.

Menarik juga, Anda berpetualang dengan berkuda di area pinggiran telaga, anda bisa menyewa kuda atau delman yang disediakan oleh penduduk sekitar. Disela-sela berpetualang anda akan menjumpai tempat-tempat menarik yang cocok buat Anda yang gemar foto-foto/selfi ria dengan backroud pemandangan alam yang eksotis.

Fasilitas Telaga Sarangan

Telaga Sarangan (Wisata Air)
Perahu boot yang dapat mengantar Anda keliling danau

Wisata Kuliner, Aneka Souvenir dan Fasum

Perahu boat atau speedboat ini dapat mengantar Anda beserta keluarga untuk mengarungi telaga atau danau dengan tarif yang terjangkau. Apabila Anda satu kali putaran belum puas, maka Anda bisa menambah lagi beberapa putaran, tentu dengan tambahan tarif, atau sekaligus Anda beli tiket untuk 3 kali putaran, misalnya.

Pengemudi speedboat akan menawarkan kepada Anda, apakah perlu diambil gambarnya, dan ini kalau Anda menggunakan kamera sendiri tentu tanpa tambahan biaya. Jangan khawatir bila Anda kelupaan membawa kamera, karena di tempat ini banyak jasa kalau hanya sekedar untuk berpose ambil gambar.

aneka sovenir dan kuliner di telaga sarangan magetan
Aneka souvenir dan kuliner di Sarangan

Anda tak perlu khawatir untuk sekedar membawa kenang-kenangan dari tempat ini, seperti tempat wisata lain, di sini juga tersedia aneka macam souvenir kesukaan Anda.

Untuk fasilitas lain tidak perlu dikhawatirkan di Sarangan ini fasilitas terbilang lengkap mulai dari tempat beribadah, kamar mandi, WC, dan aneka makanan, minuman bisa anda temukan dengan mudah di wisata Telaga Sarangan tersebut. Wisata telaga ini juga dikenal dengan hidangan sate kelinci khas Magetan yang dikenal dengan rasanya yang nikmat yang akan memberi sensasi spesial pada lidah anda, harga juga relatif murah dan terjangkau.

SateKelinci-maxresdefault
Sate Kelinci, yang wajib Anda coba saat di Sarangan (Youtube)

Hotel dan Penginapan

Di kawasan terdekat wisata danau Sarangan ini tersedia banyak pilihan hotel mulai dari yang biasa hingga yang mewah bisa Anda dapatkan, dibawah ini beberapa hotel recommended yang bisa anda pilih sesuai budget, yang bisa anda pesan secara online dan lebih hemat hingga 75%.

Misteri Telaga Sarangan Magetan

Selain memiliki keindahan yang menawan wisata Telaga Sarangan, di tempat ini juga menyimpan mitos yang beredar di masyarakat sekitar danau.

Konon telaga ini dibuat oleh kyai Pasir dan nyai Pasir, dan singkat cerita dua tokoh ini mendadak berubah menjadi seekor naga raksasa lantaran memakan sebutir telur yang ditemuinya di lereng gunung tersebut, usai memakan telur nyai dan kyai pasir tersebut gatal dan menggerus-gerus pasir dan berguling-guling tanpa henti yang akhirnya membentuk sebuah cekungan besar dan mucullah berbagai sumber air hingga membentuk sebuah telaga atau danau yang kini dikenal dengan Telaga Sarangan.

Inilah Indahnya Pemandangan Sepanjang Jalan menuju Sarangan

Ladang di lereng gunung
Sawah dan ladang di tepi jalan
Menikmati pemandangan di Sarangan
Menikmati pemandangan di Sarangan
Tugu perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur
Tugu perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, siang hari sudah berkabut

Itulah sekilas Telaga Sarangan dari kisah petualangan kami sekeluarga, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Baca Juga: Menikmati Indahnya Grojogan Sewu Tawangmangu

Iklan

One thought on “Tour Bermotor Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s