Jebakan Anime!, Waspadalah

Sobat pemuda, Pengen tahu saja nih, kamu lebih banyak baca atau lebih banyak mendengar atau lebih banyak nonton? Silakan jawab sendiri ya. Saya beri penjelasan saja nih. Kalau kamu banyak baca, alhamdulillah. Berarti wawasan kamu (seharusnya) bertambah setiap kali membaca informasi dan opini. Begitu pula kalau mendengarkan informasi dan opini dari radio. Itu juga berlaku ketika kamu nonton acara televisi atau tayangan lainnya yang sifatnya audio-visual. Namun, yang perlu diperhatikan adalah isinya.

Ilustrasi animasi (gambar nayzak)

Yup, apa yang kamu baca, apa yang kamu dengar dan apa yang kamu tonton amat berpengaruh nantinya kepada cara pandang kamu dan perilaku kamu. Kalau informasi dan opini yang benar dan bermanfaat, insya Allah akan berpengaruh baik pada cara pandang dan perilaku kamu.

Bagaimana kalau informasi dan opini yang buruk dan salah? Ya, kamu bisa saja terpengaruh jadi jelek kalo nggak ngerti dan nggak punya filter buat nyaringnya. Tul nggak?

Begini sobat, tak diragukan lagi kini Anime sedang digandrungi anak remaja. Coba deh sob, tampilan tokoh utamanya yang keren, imut dan heroik. Begini sob, anime adalah animasi dari Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Kata anime merupakan singkatan dari “animation” dalam bahasa Inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi.

Di luar Jepang, istilah anime digunakan secara spesifik untuk menyebutkan segala animasi yang diproduksi di Jepang. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa anime dapat diproduksi di luar Jepang.

Beberapa anime juga bisa bertahan bertahun-tahun lho! Tergantung peminatnya, pokoknya yang dipakai adalah azaz manfaat dapat untung gede. Salah satunya itu anime Naruto, One piece, yang sudah tayang ratusan episode di TV Tokyo. Bahkan ada juga yang produksi costum anime di Indonesia. Mungkinkah kamu peminat anime diantara mereka ?

…apa yang kamu baca, apa yang kamu dengar dan apa yang kamu tonton amat berpengaruh nantinya kepada cara pandang kamu dan perilaku kamu. Kalo informasi dan opini yang benar dan bermanfaat, insya Allah akan berpengaruh baik pada cara pandang dan perilaku kamu…

Kalau dari segi konten, memang ada konten anime yang memang dari sananya butuh BO (Bimbingan Orangtua), sebutlah Shinchan, Doraemon, dll. Sekilas kayak nggak papa, padahal mah sebenarnya kalau nggak diantisipasi, bisa bahaya. Doraemon menceritakan kisah Nobita yang sangat tidak patut ditiru. Daya hayal pencipta Doraemon yang keren sebenarnya oke, tapi kalo nanti diterjemahkan sama anak-anak bahwa ada kantong ajaib, pintu ke mana saja secara mutlak, maka bimbingan dan penjelasan dari orang tua di sini sangat perlu.

Imajinasi-imajinasi yang distimulus berbagai kartun (entah Jepang ataupun lainnya) mungkin dianggap baik, yang perlu diwaspadai dari sananya mereka punya niat jelek buat ghazwul fikri atau merusak pikiran anak-anak atau bahkan yang sudah dewasa sekalipun. Kalau Shinchan, seingatku, di Jepang malah peruntukannya bukan untuk anak-anak, karena ada banyak hal yang berbau pornografi. Tapi saya nggak terlalu nyimak karena emang nggak suka.

Sobat, Anime bisa berkembang biak di Jepang bahkan sampai ke negara-negara lain ini karena eh karena, negara mengadopsi liberalisme dan kini sudah tertancap kuat  disetiap negara. Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu.

Liberalisme ini kalau dibiarkan akan menjalar menggeser budaya asli yang Islami. Sedikit demi sedikit sobat muslim yang tergila-gila pada anime ini lama-lama menjauh dari kehidupan umat Islam. Kok bisa? Ya bisa saja, sebagai contoh yang tadinya costum umat Islam berdasarkan menutup aurat eh gara-gara anime, costum-nya berubah jadi ngikuti anime yang disukai costum-nya sih setengah tertutup auratnya, setengahnya lagi disengaja terbuka.

Sobat, kartun-kartun anime sebenarnya nggak cuma berlaku buat anak-anak, karena pangsa pasar anime dan manga juga nggak cuma buat anak-anak di bawah 12 tahun kan. Bagi temen-temen segede saya juga masih bisa berdampak dan bisa jadi dampaknya sangat signifikan. Apa contoh? Anime atau manganya Naruto. Nah lo? Sobat, sekarang ini kalian mesti waspada, karena sudah banyak banget beredar kartun-kartun anime yang nggak sesuai dengan akidah Islam, bahkan bertentangan! Banyak yang tidak menyadari banyak film yang mengkampanyekan kaum homosekual.

Next, ketika kita menonton sebuah film atau menikmati media yang lain, janganlah kita menelan mentah-mentah apa yang disajikan. Kita harus kritis dalam menonton sebuah film, harus diperhatikan apakah film itu pesannya baik ataukah buruk. Harus kita selidiki dan perhatikan, dan kita tangkap apa yang salah dari sebuah media tersebut.

Jangan asal tonton ya! Kita harus bisa mengerti bagian mana yang salah dan tidak sesuai dengan akidah kita, dan kita perlu menyebarkannya agar orang-orang yang belum mengerti bisa tahu juga. Jika pesan dalam sebuah media atau film itu baik, maka bisa diambil. Tapi jika pesannya malah dapat menjerumuskan kita, maka kita harus ekstra hati-hati, jangan sampai kita latah mengikuti apa yang disajikan media itu.

Ketika kita sedang mengkonsumsi sebuah informasi dari media tertentu, sudah sepantasnya kita menyelidiki lebih lanjut jika kita mendapati keanehan yang tidak biasa. Banyak lho kartun yang secara nggak kita sadari dapat menjerumuskan kita karena pesan-pesannya yang buruk.

Pesan-pesan yang disampaikan melalui kartun-kartun itu, jika kita konsumsi secara sering lama kelamaan dapat masuk ke alam bawah sadar kita lho. Bahkan yang parah seperti mulai membenarkan perilaku menyimpang seperti homoseksual atau mulai mempertanyakan keberadaan Tuhan.

Hal ini sering lho terjadi terhadap remaja yang menelan mentah-mentah tontonan-tontonan merusak yang disajikan. Nggak mau dong ya, sebagai seorang muslim isi kepala kita malah dipenuhi hal-hal yang dilarang atau diharamkan oleh Allah Ta’ala. (riafariana/voa-islam.com)

Artikel
Oleh: Emha Ibrohim (Tim Soeara Pemoeda)
Sumber: Voa-Islam,
Ilustrasi: Nayzak di Google

See more at: http://www.voa-islam.com/read/smart-teen/2017/04/04/49825/awas-jebakan-anime/#sthash.5h4lUgkw.dpuf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s