Bandung di Landa Hujan Es, seperti Waktu Kecil di Desa sering Terjadi

Fenomena hujan es melanda sejumlah wilayah Kota Bandung, pada Rabu (19/4) siang. Seperti yang bisa dilihat di kawasan Sadang Serang dan Dipati Ukur.

Hujan es itu mengingatkan kepada kami betapa seringnya waktu kami masih kecil di daerah kami (Boyolali, Jawa Tengah) terjadi hujan es. Apa yang kami lakukan saat terjadi hujan es, yaitu keluar rumah dan berada dipojok rumah sambil bertakbir, karena disamping hujan es biasanya disertai angin kencang. Bahkan kami masih ingat, diantara warga ada yang mengumandangkan adzan (padahal adzan itu khan panggilan shalat).

Kondisi rumah yang biasa, genteng tanah liat biasa, dengan datangnya hujan es sudah pasti banyak genteng yang pecah. Kalau tidak berani keluar rumah karena petir juga menyambar bersautan, oleh orang tua, kami disuruh ke kolong tempat tidur atau bawah meja yang kuat.

Bagaimana yang terjadi di Bandung hari ini, berdasarkan prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Neneng Sugianto mengatakan ukuran es yang jatuh bervariasi dari butiran kecil hingga sebesar kelereng.

Menurutnya, hujan es ini terjadi akibat proses kondensasi yang kelewat dingin sehingga air yang menguap berubah bentuk menjadi kristal es.

“Hujan es terjadi akibat proses kondensasi yang terlewat dingin hingga mencapai freezing level. Dengan suhu minus 44 derajat Celcius sehingga terbentuk butiran es. Jadi begitu turun ke bawah masih berupa butiran es,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Bandung mengaku hujan es tersebut bahkan membuat kaca jendela rumahnya sampai retak.

“Kaca jendela rumah sampai retak akibat hujan es tadi. Ngeri juga sih tadi pas hujan es,” ucap warga Jalan Sadang Sari 43 Kota Bandung, Lala sebagaimana dikutip dari Antara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s