Inilah Alasannya, Bulan Ramadan Selalu Dinanti Umat Muslim Sedunia

Tahukah kamu kenapa bulan Ramadan menjadi bulan yang selalu dinanti-nantikan umat muslim sedunia? Ya, ternyata banyak peristiwa historis yang melatarbelakangi Ramadan memiliki makna penting di kalangan umat muslim seluruh dunia.

ramadan_0_0
Shalat tarawih di Palestina saat ramadan

Berikut penjelasan yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, yaitu :

  • Syahr Al-Quran (Bulan Alquran), pada bulan ini merupakan momentum diturunkannya Al-Quran pertama kali dengan berangsur-angsur. Bersamaan dengan itu kitab suci yang lain seperti kitab Zabur, Taurat dan Injil diturunkan pada bulan yang sama.
  • Syahr Al-Shiyam (Bulan Puasa Wajib), bulan Ramadan merupakan satu-satunya nama bulan yang disebut dalam Alquran pada surah Al-Baqarah ayat 185. Pada bulan ini, umat muslimin diwajibkan berpuasa sebulan penuh.
  • Syahr Al-Tilawah (Bulan Membaca Alquran), pada bulan ini merupakan peristiwa malaikat Jibril AS menemui Rasulullah SAW guna mewahyukan perintah IQRA tadarus Alquran bersama dari awal hingga akhir.
  • Syahr Al-Rahmah (Bulan Penuh Rahmat), dalam firman-Nya dikatakan, pintu-pintu kebaikan menuju surga telah dibuka lebat-lebar bagi kaum muslimin. Hanya di bulan ini, Allah SWT menurunkan segala karunia dan rahmatnya yang tidak bisa dijumpai di bulan lain.
  • Syahr Al-Najat (Bulan Pembebasan), di bulan ini, Allah SWT menjanjikan pengampunan dosa dan pembebasan kaumNya dari siksa api neraka dengan ibadah puasa dengan keimanan yang sungguh-sungguh.
  • Syahr Al-Id (Bulan Penuh Kemenangan), di bulan ini dikatakan, bahwa umat Islam menyambutnya dengan sukacita dan juga mengakhirinya dengan sukacita dalam hari kemenangan, Idul Fitri.
  • Syahr Al-Judd (Bulan Kedermawanan), dalam bulan ini, umat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, terutama kepada fakir miskin dengan pahala yang akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.
  • Syahr Al-Shabr (Bulan Kesabaran), dalam bulan ini, umat muslim dihadapkan pada ujian dan cobaan mengenai kesabaran melalui ibadah puasa.

Bulan Ramadan menjadi bulan sarat makna yang semuanya berujung pada kebaikan. Dengan menempa diri melalui ibadah berpuasa, melawan hawa nafsu dan godaan sebaiknya dimaknai dengan menunjukkan perilaku bertaqwa yang muttaqin.
Happy fasting, sampai ketemu di hari kemenangan nanti ya akhi dan ukthi sekalian.

Semoga bermanfaat

Sumber utama: malangToday.net
Ilustrasi: Google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s