OPEN TOURNAMENT RANGGONANG SHOOTING CLUB CUP 2017

Sejak tanggal 14 Februari 2017 telah berdiri Klub Menembak yang mewadahi penembak-penembak muda di Kabupaten Musi Banyuasin dengan nama “Ranggonang Shooting Club”. Klub ini resmi berdiri dengan Akta Pendirian No. 35 Tanggal 14 Februari 2017 dengan pemrakarsa Sdr. Arif Gunawan, S.PI., M.Si. dan kawan-kawan.

“Walaupun terbilang muda  klub  menembak dibawah PERBAKIN Musi Banyuasin ini berdiri, mempunyai tujuan awal  untuk merangkul dan merekatkan nilai-nilai pengguna  senapan angin dan memberikan contoh penggunaan senapan angin yang baik, benar dan aman serta untuk menelusuri (scouting), membina (training) dan mengorbitkan (actuating) atlit tembak target dan tembak reaksi dari Musi Banyuasin Khususnya dan Sumatera Selatan pada umumnya.” kata Arif Gunawan.

23434882_10208283182635696_4079112197721643775_n

Penembak Muda  Ranggonang Shooting Club Musi Banyuasin

 

Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Selatan yang dilintasi oleh Sungai Musi. Motto kabupaten ini adalah Serasan Sekate yang artinya adalah bahwa masyarakat selalu mengutamakan kerukunan dan tetap memegang teguh azas musyawarah untuk mufakat yang dijiwai semangat gotong royong. Dibutuhkan waktu tiga jam perjalanan dari Palembang untuk mencapai Sekayu, Ibu Kota Musi Banyuasin.

Kegiatan menembak masih memiliki stigma negatif dimasyarakat karena sebagai salah satu kegiatan yang berbahaya. Faktor utama adalah masih rendahnya kesadaran penembak/pemilik senapan akan pentingnya falsafah keamanan senjata, baik dalam penyimpanan maupun penggunaanya. Angka jumlah kecelakan yang disebabkan oleh senjata angin masih cukup tinggi merupakan salah satu indikator bahwa keamanan penggunaan dan penyimpanan senjata angin masih rendah.

“Sebagai wujud dari tujuan klubnya direncanakan pada tanggal 17 Desember 2017 akan diadakan Lomba Menembak Perdana “OPEN TOURNAMENT RANGGONANG SHOOTING CLUB CUP 2017″ di Kabupaten Musi Banyuasin.” lanjutnya.

WhatsApp Image 2017-11-28 at 14.01.41

Club yang diundang pada Turnamen nanti adalah sebanyak 15 club di Sumatera Bagian Selatan sebagai berikut :

No Nama Club Perbakin Pembina Lokasi Klub
1 Wong Kito Shooting Club (WKSC) Pengkot Kota Palembang Palembang
2 Sumatera Shooting Club (SSC) Pengkot Kota Palembang Palembang
3 Palembang Speed Shooter (PSS) Pengkot Kota Palembang Palembang
4 Albatros Shooting Club Pengprov Sumsel Palembang
5 Sriwijaya Shooting Club Pengprov Sumsel Palembang
6 Meracy Shooting (Club MSC) Pengkab Musi Rawas Lubuk Linggau
7 Gelatik SC Pengprov Sumsel Palembang
8 Bank Sumselbabel SC Pengprov Sumsel Palembang
9 OI SC (ogan Ilir Shooting Club) Pengkab Ogan Ilir Indralaya
10 SAS 17 Shooting Club Pengkab Musi Rawas Lubuk Linggau
11 B88 Shooting Club Pengkab Musi Rawas Lubuk Linggau
12 Bediler Oku Timur (BOT) Pengkab OKUT Martapura
13 Munai Serumpun Shooting Club Pengkab Banyuasin Pangkalan Balai
14 Rejang Lebong Shooter Club Pengprov Bengkulu Curup, Bengkulu
15 Jahty Shooting Club Pengprov Jambi Kota Jambi, Jambi

Lanjut Arif Gunawan, “Namun tidak menolak bagi Club-Club atau perorangan yang ingin berpartisipasi dipersilahkan menghubungi kami (seperti yang tertera dibrusur)”.

EVENT YANG DIPERTANDINGKAN

  1. Air rifle visier non match 15 meter
  2. Air rifle benchrest 41 meter

Peraturan Pertandingan

  • Air rifle visier non match 15 meter

  1. Peserta terbuka untuk umum, baik anggota klub resmi dibawah Perbakin, maupun masyarakat umum.
  2. Senapan yang digunakan jenis senapan angin panjang
  3. Kaliber senapan yang diperkenankan adalah kaliber 4.5 mm/ Kal .177
  4. Jenis air rifle, gejluk, PCP multi pump air rifle (uklik) atau senapan single stroke (senapan peer).
  5. Diperkenankan untuk menggunakan repeater/magazine, maupun single shoot
  6. Menggunakan iron sight/ visir/ pejera
  7. Tidak diperkenankan menggunakan alat bidik match berupa diopter
  8. Jenis mimis yang digunakan tidak dibatasi (rounded, pointed, waddcutter)
  9. Power senapan yang digunakan tidak dibatasi
  10. Sasaran tembak berupa 15 lessan pertandingan dan 2 lessan percobaan.
  11. Lama pertandingan selama 20 menit yang terdiri dari 2 menit tembakan percobaan, 2 menit persiapan akhir dan 16 menit tembakan pertandingan.
  12. Posisi menembak menggunakan standing position/ off handposition
  13. Jarak sasaran tembak 15 meter
  14. Masing masing peserta didampingi oleh satu orang range officer yang telah ditugaskan panitia, yang akan membantu untuk mengganti lessan target, menghitung jumlah tembakan peserta.
  15. Masing masing peserta diperkenankan didampingi oleh 1 official yang diperbolehkan berada dalam arena penembakan.
  16. Masing masing peserta hanya diperbolehkan mengikuti satu kali pertandingan/tidak diperkenankan mendaftar ulang atas nama satu peserta.
  17. Satu kali round pertandingan mempertandingkan 6 petembak
  18. Masing masing penembak dipersilahkann melakukan penembakan percobaan selama 2 menit dengan jumlah tembakan yang tidak dibatasi, dengan diberikan dua target tembakan percobaan.
  19. Setelah waktu tembakan percobaan berakhir peserta di persilahkan untuuk mensetting ulang senapan atau melakukan persiapan akhir diberikan waktu 2 menit.
  20. Setelah masa persiapan akhir berakhir penembakan perlombaan untuk 16 target dimulai, masing masing penembak diberikan waktu 20 menit untuk melakukan tembakan pertandingan.
  21. Sebelum tembakan pertandingan dimulai, range officer masing masig ban memperlihatkan kertas target/lessan kepada masing massing peserta sebagai target tembakan lomba, dan meminta paraf setiap peserta yan gmelakukan tembakan.
  22. Juri lomba akan memberikan aba aba waktu tembakan lomba dimulai. Peserta yang melakukan tembakan sebelum aba aba juri lomba akan diberikan peringatan dan dikurangi pointnya sebanyak 10 point. Dan lessan yang ditembak sebelum aba aba juri lomba tidak dihitung, dan dilanjutkan ke kertas lessan selanjutnya.
  23. Masing masing peserta di persilahkan untuk menembak lessan target yang terpasang, setiap tembakan akan dihitung oleh range officer masing masing ban.
  24. Setiap lessan target hanya diperbolehkan untuk digunakan satu kali tembakan lomba, meskipun tembakan miss ataupun flyer lessan tersebut akan langsung di masukkan dalam penilaian.
  25. Lessan yang bukan milik peseta tembak sesuai ban yang ditembak penembak lain akan dihitung point untuk pemilik ban. Dan apabila lessan yersebut terdapat dua bekas tembakan, diambil nilai tertinggi.
  26. Penilaian dilakukan langsung setelah penembakan dilakukan dengan ketentuan umum, garis/zona terbesar yang tertembaklah yang dihitung. Untuk tembakan flyer diluar zona target diberikan nilai 0.
  27. Penilaian maksimal kertas target adalah 10 point dengan ketentuan bulls eye/tepat tengah atau menyenggol garis tengah target.
  28. Apabila ada peserta yang telah selesai melakukan seluruh tembakan, namun waktu yang diberikan belum berakhir, dipersilahkan untuk mengamankan senapan, mengosongkan senapan dan meninggalkan ban pertandingan.
  29. Bagi peserta yang belum melakukan seluruh tembakan namun waktu yang diberikan telah berakhir tidak diperkenankan untuk menambah waktu pertandingan. Dengan total penilaian keseluruhan hasil tembakan yang telah dilakukan. Tembakan yang belum dilakukan diberikan nilai 0.
  30. Peserta yang lalai dalam menjaga kemanan senapannya baik sengaja maupun tidak sengaja, semisal melakukan penembakan kearah lain (arah yang membahayakan peserta lain ataupun penonton maupun official) akan di diskualifikasi dari perlobaan.
  31. Pada akhir pertandingan apabila ada peserta urutan nilai tertinggi 1, 2, 3 yang memiliki nilai sama akan dilakukan babak tambahan.
  32. Babak tambahan menggunakan 1 lessan dengan 5 target, tanpa tembakan percobaan dengan waktu 3 menit. Nilai akhir ronde percobaan tidak dimasukkan dalam rekapitulasi ronde sebelumnya.
  • Air rifle benchrest 41 meter

  1. Peserta terbuka untuk umum, baik anggota klub resmi dibawah Perbakin, maupun masyarakat umum.
  2. Senapan yang digunakan jenis senapan angin panjang
  3. Kaliber senapan yang diperkenankan adalah kaliber 4.5 mm/ Kal .177
  4. Jenis air rifle Pnemuatic Compreesed Air Rifle (PCP, Gejluk).
  5. Diperkenankan untuk menggunakan repeater/magazine maupun single shoot
  6. Menggunakan alat bidik optik teleskop.
  7. Tidak diperkenankan menggunakan alat bidik laser dalam bentuk apapun, apabila ada telsekop yang include laser didalamnya tetap diperkenankan digunakan dengan syarat laser teleskop dimatikan. Bagi peserta yang menggunakan laser dalam teleskop tersebut dinyatakan di diskualifikasi dari lomba.
  8. Jarak sasaran 41 meter.
  9. Menggunakan sandaran/ benchrest yang di sediakan panitia lomba.
  10. Tidak diperkenankan menggunakan benchrest/ bipod selain yang disediakan panitia lomba.
  11. Diperkenankan untuk melakukan pengisian angin selama lomba.
  12. Diberikan 3 tembakan percobaan pada bagain yang telah disediakan dalam kertas lessan.
  13. juri lomba memulai lomba dan memberikan keterangan waktu setiap 5 menit sekali dalam lomba, petugas range officer mencatat setiap tembakan yang dilakukan peserta.
  14. Jumlah tembakan maksimal yang dilakukan peserta adalah 3 tembakan percobaan dan 25 tembakan pertandingan
  15. Lomba berlangsung selama 20 menit untuk menembak 25 target lessan dan 3 target perccobaan.
  16. Tembakan lessan harus berurutan sesuai dengan nomor target lessan.
  17. Tembakan ke nomor lessan yang salah tetap dihitung sebagai tembakan lomba, namun dilanjutkan ke lessan selanjutnya.
  18. Apabila ada lessan yang di tembak dua kali, nilai lessan diambil nilai tertinggi.
  19. Nilai maksimal lessan adalah 10 dengan ketentuan nilai maksimal adalah bulls eye atau menyerempet titik tengah lessan target.
  20. Apabila ditemukan tembakan lebih yang dilakukan peserta,yang dinyatakan oleh range officer maka akan dilakukan pengurangan nilai. 1 tembakan lebih akan dikurangi 1 nilai tertinggi peserta.
  21. Peserta yang telah melakukan seluruh tembakan dipersilahkan menuju safe area dengan sebelumnya memastikan safety senapan masing masing. Dan meinggalkan senapan di lapangan pertandingan.
  22. Apabila ada peserta yang belum melakukan seluruh tembakan pertandingan namun waktu pertandingan berakhir, tidak diperkenankan untuk melakukan tembakan lagi.
  23. Penilaian target lessan dilakukan dengan persetujuan peserta. Apabila ada perbedaan diberikan kewenganan juri lomba untuk melakukan penilaian akhir. nilai yang diberikan oleh juri lomba bersifat final dan mengikat.
  24. Apabila pada rekap akhir didapat peserta yang memiliki nilai tertinggi sama dilakukan round tambahan dengan menggunakan target kertas lessan dengan posisi duduk, dengan 10 tebakan lessan dalam waktu 5 menit. Masing masing kertas lessan di tembak sebanyak 1 kali.
Selamat Bertanding dan Sukses Selalu.... Salam Olahraga

Sumber dari Sdr. Arif Gunawan, S.PI., M.Si.

By Lik Kasjo.

 

Iklan

2 tanggapan untuk “OPEN TOURNAMENT RANGGONANG SHOOTING CLUB CUP 2017”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.