9+ Manfaat Sirsak (Sersat, Nangka Sabrang, Durian Betawi, Srikaya Belanda) bagi Kesehatan

Beberapa manfaat kesehatan sirsak yang paling mengesankan termasuk kemampuannya untuk membunuh parasit, mengurangi peradangan, memperbaiki kondisi pernafasan, menenangkan tubuh dan pikiran.

Masih ada lagi, sirsak dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit, mengobati beberapa jenis kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan perut, dan meringankan rasa sakit.

Nama Sirsak di Beberapa Daerah di Indonesia

Sirsak (Indonesia), Nangka sebrang, sersat, Nangka Landa (Jawa), Nangka Walanda, Sirsak (Sunda), Nangka Buris (Madura), Srikaya Jawa (Bali).

Deureuyan Belanda (Aceh), Durio Ulondro (Nias), Durian Betawi (Minangkabau), Jambu Landa (Lampung), Langelo Walanda (Gorontalo), Srikaya Belanda (Bugis dan Ujungpandang).

Wakano (Nusa Laut), Naka Walanda (Ternate), Naka (Flores), Ai Ata Malai (Timor)

Sirsak (Annona muricana)

Jika Anda telah bepergian ke berbagai tempat di Meksiko, Karibia, dan sebagian Amerika Selatan, dan di Indonesia khususnya, maka Anda mungkin pernah melihat pohon sirsak, yang merupakan pohon cemara berdaun lebar dengan nama ilmiah Annona Muricata.

Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua, sedangkan pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda.

Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, tetapi jika ingin memperoleh buah yang besar dan jumlahnya banyak, maka paling baik ditanam di tempat yang banyak mengandung air.

Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda, Zuurzak, yang kurang lebih artinya kantung yang asam. Pohon ini akan berbuah setelah ditanam kurang lebih 4 tahun, atau sesuai dengan perkembangan teknologi tanaman.

Rasa buah sirsak adalah kombinasi lezat stroberi dan nanas, dengan catatan manis dan jeruk lainnya yang membuatnya sangat populer di belahan dunia ini.

Hal ini juga dibudidayakan di Afrika, dan beberapa tempat di Asia Tenggara, dan bahkan di Florida. Namun, ini paling populer ditanam untuk konsumsi individu sebagai buah kebun. Sirsak hanya satu jenis Annona, dan salah satu yang terbesar juga, dengan sejumlah kegunaan yang berbeda.

Lembaran lembut dan serat buah digunakan untuk minuman, makanan pencuci mulut, smoothies, dan permen, serta banyak perawatan medis tradisional yang digunakan di banyak belahan dunia.

Sementara rasanya cukup untuk membuat buah ini populer, kandungan vitamin dan gizi yang kaya dalam buah termasuk vitamin C, vitamin B, dan sejumlah senyawa antioksidan.

Jus dari sirsak telah digunakan secara topikal, sementara biji dan desinfektan yang dibuat dari daun juga merupakan bentuk yang populer untuk penyembuhan alami.

Anda juga bisa menggunakan daun dan biji bubuk untuk menyeduh teh yang ampuh, yang juga memiliki sejumlah efek mengesankan pada tubuh manusia. Sekarang, mari kita lihat lebih dekat beberapa manfaat kesehatan dari sirsak.

Manfaat Kesehatan Sirsak

1. Kontrol Parasit

Sifat anti parasit dari sirsak telah membuatnya menjadi pengobatan yang populer di banyak daerah pedesaan di Amerika Latin dan Amerika Selatan, terutama di daerah di mana infeksi parasit lebih sering terjadi. Dengan menyeduh teh dari daun buah, Anda bisa membersihkan usus dan memastikan sistem pencernaan Anda berjalan dengan lancar.

2. Sifat Anti-Peradangan

Jika Anda menderita nyeri sendi atau pembengkakan, terutama dari kondisi seperti asam urat atau artritis, maka gosok rebusan sirsak pada area yang terkena dapat menjadi cara yang bagus untuk menemukan sedikit kelegaan. Senyawa antiinflamasi yang ditemukan di sirsak dapat mempercepat penyembuhan di daerah yang terkena, sekaligus menenangkan rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas.

3. Distres Pernafasan

Jika Anda sedang berjuang dengan batuk, dingin, atau bentuk penyakit pernafasan lainnya, maka sifat antiinflamasi sirsak bisa membantu membersihkan saluran napas Anda, mengurangi kemacetan, dan menenangkan iritasi. Bertindak sebagian sebagai ekspektoran, sirsak adalah cara yang andal untuk menghilangkan dahak dan lendir, dimana banyak patogen bisa hidup. Dengan mengurangi radang pada rongga hidung dan saluran pernafasan, bisa juga mempercepat penyembuhan.

4. Sedasi dan Stres

Teh sirsak telah digunakan sebagai strategi menghilangkan stres selama berabad-abad. Ada beberapa sifat anti-inflamasi dan menenangkan sirsak yang membuatnya sangat efektif jika Anda menderita kelebihan stres dan kecemasan. Hormon stres dalam tubuh bisa merugikan, dan bisa mengacaukan siklus metabolisme alami Anda, serta jadwal tidur Anda. Jika Anda menderita insomnia atau tidur gelisah, teh sirsak merupakan pilihan bijak.

5. Kesehatan Kulit

Anda bisa menghancurkan biji-biji buah sirsak menjadi bubuk, yang kemudian bisa diformulasikan menjadi zat pengikat kulit, membantu Anda mengurangi garis dan keriput, dan memperbaiki tampilan bintik-bintik dan bintik-bintik bulu. Terapkan secara topikal pasta ini ke daerah yang terkena dampak secara teratur dan nikmati kulit yang lebih sehat, sekaligus melindungi diri dari infeksi bakteri dan mikroba.

6. Pencegahan Kanker

Beberapa manfaat yang paling menarik dari sirsak berkaitan dengan aktivitas antioksidannya, yang berasal dari acetogenins, serta quinolones dan alkaloid. Ini telah dikaitkan langsung dengan pencegahan kanker dan pengurangan ukuran tumor. Penelitian ekstensif telah dilakukan pada senyawa organik yang unik dari sirsak dan telah banyak dipelajari sebagai pengobatan kanker alternatif. Asetonin ini sebenarnya unik untuk famili tanaman Annonanaceae, yang membuat mereka sangat mempesona. Mereka tampaknya dapat memotong aliran darah ke pertumbuhan seluler asing atau tidak normal, dan telah dikaitkan secara positif dengan mengobati kanker payudara, pankreas, prostat, dan paru-paru.

7. Immune System Booster

Melindungi sistem kekebalan tubuh adalah salah satu komponen terpenting dari diet sehat dan rejimen kebugaran. Menambahkan sedikit buah sirsak ke makanan Anda, baik melalui minuman menyegarkan atau makanan pencuci mulut, secara positif dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan dan menjaga penyakit tersebut. Kaya akan vitamin C, buah ini merangsang produksi sel darah putih, sementara konsentrasi antioksidan membantu menetralisir radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

8. Kesehatan gastrointestinal 

Menjadi kaya akan vitamin C, sirsak digunakan selama bertahun-tahun sebagai obat alami untuk penyakit kudis dan disentri. Jus dari buah sirsak juga bisa menjadi diuretik yang sangat efektif, untuk membersihkan saluran pencernaan dan menghilangkan kelebihan racun dan garam dari tubuh. Komponen antiinflamasi, termasuk alkaloid dan kuinolon, dapat mengurangi parasit di usus dan mengurangi rasa sakit dan iritasi pada perut / usus besar.

9. Sifat Analgesik

Dalam hal penghilang rasa sakit, sirsak telah dioleskan secara topikal pada luka dan luka selama beberapa generasi, tetapi juga bekerja secara internal untuk menghilangkan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Aspek penenang dan anti-inflamasi buah tropis yang mengesankan ini menjadikannya solusi ideal untuk semua jenis rasa sakit tubuh, baik di dalam maupun di luar.

Khasiat Lainnya

Ambeien

Sakit Kandung Air Seni

Bayi Mencret

Anyang-anyangen

Sakit Pinggang

Bisul

Daun sirsak yang masih muda secukupnya, ditumbuk halus ditambah 1/2 sendor air, diaduk sampai merata, dan kemudian dioleskan pada bagian bisul.

PERHATIAN :
Meskipun penggunaan tradisional dan terbukti ini sangat efektif dan efektif, penting untuk mendiskusikan penambahan baru pada resimen kesehatan Anda dengan profesional medis terlatih. Terutama dalam hal potensi melawan kanker, adalah bijaksana untuk mencari banyak pendapat sebelum mengembangkan profil perawatan Anda. Dan seperti biasa, semuanya di moderasi!

Sumber:
organicfacts.Net/health-benefits/fruit/soursop dan berbagai sumber

Ilustrasi Google

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca