Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran (PMAT) 

Sahabat KissParry, sebagaian orang jika sebut anak transmigran terkadang merasa minder ataupun kurang enak, ataupun kurang sreg.

Namun begitulah, sebagai anak-anak keturunan transmigran mau tidak mau harus menerima kenyataan hidup, dan itu harus menjadi picu semangat untuk semakin maju dan berkembang menuju sejahtera.

WhatsApp Image 2018-01-24 at 12.44.53
Kegiatan Keagamaan PMAT UIN Raden Fatah Palembang (Dok Supriadi)

Berikut KissParry turunkan tulisan Kenangan kader:

ASRAMA MAHASISWA ANAK TRANSMIGRAN KALBAR

Asrama ini diusulkan tahun 1994 oleh organisasi mahasisws anak transmigran yang waktu itu kuliah di Pontianak. Nama organisasinya Forum Pembinaan Pengembangan dan Produktifitas Pemuda Transmigrasi (FP4T).

Sebelum lahirnya PATRI (2004), saat ada tugas ke Nanga Tayap Ketapang (sekitar 1994 dan 1996), saya cari info dan sempat bertemu dengan para tokoh FP4T. Diantaranya Akhmadi, Imam Muhadi, Paniran, dan Luki Haryanto.

Asrama yang berdaya tampung sekitar 40 orang ini mulai dibangun tahun 1995. Saat itu Kepala Kanwil Depnakertrans dijabat Drs. Djoko Sidik Pramono, MM (terakhir pensiun Dirjen P2MKT).

Menurut catatan saya, saat ini alumni FP4T banyak yang aktif sebagai pengurus DPD PATRI Kalbar. Ada yang jadi anggota KPUD, KPAI, Komisi Ombudsman, pengusaha, jurnalis, dosen, dan lainnya.

Aktivis dan alumni FP4T saat itu (2004), aktif mendukung lahirnya organisasi anak Transmigran tingkat nasional yang bernama PATRI. Saat awal kelahiran PATRI, bersama alumni organisasi kemahasiswaan anak transmigran yang ada di Indonesia, diantaranya dari Aceh (Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Muhajirin), Riau (Himpunan Pemuda dan Pelajar Makarti), Lampung Perhimpunan Mahasiswa Pasundan (Permapas), dari pulau-pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua, dan para senior anak transmigran yang telah menjadi Profesor, Dirjen, Walikota, dan lainnya FP4T tetap konsisten memperjuangkan aspirasi masyarakat transmigrasi.

Saat Pengukuhan DPP PATRI di Jakarta (2004), DPP PATRI juga mengundang anak Transmigran yang kuliah di Unsoed Purwokerto. Di kampusnya mereka juga telah membentuk organisasi mahasiswa anak Transmigran, dengan nama PMAT (Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran).

WhatsApp Image 2018-01-24 at 12.44.52
Hayo habiskan Kegiatan PMAT UIN Raden Fatah Palembang (Dok Supriadi)

PMAT saat ini ada juga di UIN Raden Fatah Palembang dan Banjarmasin. PMAT yang di Purwokerto dan Palembang dapat beasiswa dari Kementerian Transmigrasi, sedangkan yang di Banjarmasin beasiswa dari DPD PATRI Kalsel. Jika PMAT sudah terbentuk luas di Indonesia, diharapkan suatu saat mereka bergabung membentuk aliansi Paguyuban Mahasiswa Indonesia Anak Transmigran. Paguyuban tingkat nasional.WhatsApp Image 2018-01-24 at 12.44.50

Kegiatan diskusi PMAT UIN Raden Fatah (Dok Supriadi)

IMG_20180124_123017.JPG
PMAT, Selamat dan Sukses

Saatnya bergerak…!!!
Saatnya memimpin…!!!

KoDe, 15.01.2018

@hasprabu

Kiriman : Hasprabu

Iklan

One thought on “Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran (PMAT) ”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.