Tips agar Murah Bayar Rekening Listrik untuk Rumah Tangga Pelanggan PLN

TARIF listrik pelanggan PLN rumah tangga mampu (RTM) 900 Volt Ampere mengalami kenaikan mulai 1 Mei 2017. Seiring dengan pencabutan subsidi sebesar 30%. Agar pengeluaran bisa ditekan, saatnya mulai mencari cara menghemat listrik.

Lampu LED Philips (ruparupa)

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian listrik di rumah, yang berdampak pada lebih murahnya bayar rekening PLN. Berikut beberapa cara menghemat listrik yang disarikan dari berbagai sumber:

Ganti lampu pijar dengan LED

Lampu berjenis Ligh Emitting Dioda (LED) memiliki keunggulan lebih hemat energi ketimbang lampu pijar. Lampu LED juga lebih tahan lama. Saat ini juga telah beredar lampu LED yang bergaransi. Meski harganya relatif lebih mahal, namun menggunakan lampu yang awet tentunya bisa lebih hemat.

Sesuaikan daya lampu dengan ukuran ruangan. Lampu LED mempunyai pencahayaan yang lebih baik. Sehingga dengan daya yang sama, lampu LED bisa lebih terang.

Gunakan peralatan elektronik yang memiliki fitur hemat energi

Saat ini sudah banyak peralatan elektronik yang lebih listrik. Misalnya saja, televisi LED. Penggunaan listrik televisi tabung bisa mencapai 100 watt. Sementara televisi LED hanya butuh 50 watt saja.

Jika menggunakan komputer di rumah, bisa juga mengganti layarnya dengan layar LED. Atau menggantinya dengan laptop. Listrik yang diperlukan untuk laptop lebih kecil dibandingkan komputer desktop.

Jangan menggunakan mesin cuci dan setrika setiap hari

Pemanasan setrika membutuhkan daya listrik yang besar. Maka ada baiknya menyetrika pakaian tidak dilakukan setiap hari. Demikian pula dengan mesin cuci. Sayang juga jika mesin cuci digunakan kurang dari kapasitas yang dimiliki.

Cara menghemat listrik juga bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan pengering mesin cuci. Jika cuaca cerah, manfaatkan tenaga matahari untuk mengeringkan pakaian.

Buat sirkulasi udara dan cahaya yang lebih baik di rumah

Dengan sirkulasi udara yang cukup, penggunaan AC bisa dikurangi. AC hanya diperlukan pada saat yang diperlukan saja. Pencahayaan yang baik juga akan mengurangi penggunaan lampu pada siang hari. Jangan lupa mematikan semua lampu dan AC saat meninggalkan rumah.

Cabut kabel dari steker jika tidak digunakan

Kebiasan ini tampak sepele. Tapi penghematannya bisa cukup signifikan.

Kabel charger handphone atau laptop jangan dibiarkan menancap di steker jika tak terpakai. Selama masih tertancap, listrik akan tetap mengalir. Listrik jadi terbuang sia-sia. Semakin banyak kabel tak terpakai tertancap, semakin banyak listrik yang terbuang.

Ganti penggunaan listrik dengan sistem pulsa

Cara ini tak ubahnya dengan mengisi pulsa handphone. Jika pulsa listrik habis, otomatis aliran listrik akan terhenti.

Pengguna bisa melihat sisa daya sesuai pulsa yang tersedia. Jika sudah hampir habis, sementara anggaran biaya listrik sudah mepet, maka saatnya melakukan penghematan agar cukup hingga akhir bulan.

Selamat mencoba!***

Diolah dari berbagai sumber,
Kissparry

Tidak bermaksud mempromosikan merek tertentu, terutama PHILIPs, akan tetapi hanya sebagai contoh yang kebetulan Kissparry WN memang menggunakan lampu merek tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s