Wisata Sepeda (Gowes), Kampung Wisata Wanureja Borobudur

Pagi ini KissParry (Semarang) mengikuti rombongan (kantor) untuk berwisata sepeda di Seputar Borobudur, tepatnya di Kampung Wisata Borobudur, Desa Wanureja, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Desa Wanureja merupakan desa wisata yang menamakan dirinya Kampung Wisata Borobudur. Benar saja, karena semua kampung di desa tersebut memiliki beraneka industri wisata yang dapat disinggahi wisatawan, dan paling asyik bisa dengan gowes (mengayuh sepeda).

Rombongan di jemput dari penginapan Hotel Atria sekitar pukul 07 pagi, dengan mengendarai Angkota/Angkudes (Angkutan Kota/Angkutan Desa) atau angkutan umum, menuju Pendopo Wisata Sepeda di Dukuh Tingal Wetan, Desa Wanureja, Kecamatan Borobudur. Peserta yang berjumlah lebih kurang 40 orang oleh panitia penyelenggara disediakan 5 (lima) mobil.

BenQ Corporation
Naiki Angkota dari Hotel sebelum Gowes Borobudur

Perjalanan dari Hotel Atria Magelang ke Pendopo Wisata Sepeda Borobudur kurang lebih ditempuh dalam waktu 25 menit.

BenQ Corporation
Tiba di Lokasi Base Gowes Borobudur

Sesampai di lokasi, sudah siap aneka jajan pasar atau makanan ringan, plus teh dan kopi minumannya. Peserta tinggal ambil sendiri-sendiri bagi yang mau.

Senam Pemanasan (Perenggangan Otot)

Sebelum melakukan perjalanan dengan mengayuh sepeda, peserta diajak peregangan otot oleh instruktur yang dikemas dalam gerakan-gerakan ringan yang menyenangkan dan menghibur.

BenQ Corporation
Instruktur memberi arahan kepada peserta Gowes Sepeda Borobudur

Bukan hanya peregangan otot tetapi juga diajak untuk berkoordinasi lewat gerakan-gerakan dalam bentuk kerjasama tim.

Macam-macam gerakannya, mulai dari tangan, kepala, pinggul, kaki, kemudian ada adegan bergandeng tangan dan lainnya.

BenQ Corporation
KissParry ikuti peregangan sebelum Gowes Borobudur

Peregangan berlangsung sekitar 25 menit, sambil menunggu sepeda-sepeda disiapkan oleh anggota tim penyelenggara.

0Pemanasan_IMG_20180215_083922
Pemanasan gaya bebek, eh… apa namanya ya..

Bagi yang tidak mengayuh sepeda, oleh penyelenggara disediakan dokar (angkutan dengan tenaga seekor kuda yang dikendalikan oleh pedati). Dokar beroda dua, kalau Andong atau kereta beroda empat atau lebih.

Dokar_Borobudur_20180215
Naik Dokar Borobudur 20180215, yang tidak gowes

Dokar tersebut mengikuti rute pesepeda dan berada dibelakang, termasuk mengunjungi beberapa obyek wisata, kecuali saat akan memasuki kawasan persawahan karena jalan agak sempit.

0Pose_Gowes_Borobudur_Image20180215
Gowes ceria Wisata Sepeda Kampung Borobudur

Mengunjungi Kerajinan Batik dan Rengginang

Perjalanan pertama pesepeda diajak mengunjungi kerajinan batik, Tingal Art, diantara peserta banyak yang belajar membatik.

BenQ Corporation
Kampung Wisata Borobudur, Tingal Art, pusat kerajinan Batik

Ditempat tersebut juga disediakan hasil kerajinan batik asli dan batik tiruan (cap)

Selepas belajar membatik yang kurang lebih menggunakan waktu sekitar 30 menit, peserta diajak gowes lagi keliling kampung dengan mengunjungi pusat kerajinan rengginang.

BelajarBatik
Belajar Membatik di Tingal Art Wanureja Borobudur

Kalau batik para pembaca mungkin sudah tidak asing lagi, tetapi kalau rengginang mungkin masih ada yang asing. Rengginang adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari beras ketan. Beras ketan di masak diberi bumbu, kemudian di cetak-cetak bulat setelah kering digoreng dengan minyak goreng.

1Rengginang_Wanureja_IMG_20180215_132557
Rengginang Wanureja Borobudur

Biasanya rengginang yang sudah di goreng rasanya gurih. Rengginang di sini di sediakan dalam dua rasa, yaitu gurih dan pedas. Untuk yang rengginang pedas, ada tambahan cabe.

Di dua tempat ini kami menghabiskan waktu kurang lebih satu jam.

Menyambangi Kampung Baperan

Masih di Desa Wanareja Kecamatan Borobudur, peserta diajak jalan-jalan menyusuri Kampung Wisata Baperan.

BenQ Corporation
Wisata Gowes Borobudur (20180215) Kampus Baperan

Yang pertama di lalui adalah area persawahan, dengan tanaman padi di kanan kirinya, dan kebetulan masih menghijau, sehingga menambah sejuk suasana. Karena pagi-siang itu kebetulan mendung.

BenQ Corporation
Salah satu Home Stay di Baperan Wanureja Borobudur

Kampung wisata ini banyak sekali Home Stay yang bisa disewa, bila ingin menginap di tempat ini, dan kampung ini namanya Baperan banyak ditemukan.

Borobudur_Gowes_20180215
Gowes Baperan Wanureja Borobudur 20180215

Mengunjungi Pusat Kerajinan Kriya Kayu

Pusat kerajinan kriya kayu dimaksud adalah Rik-Rok, disini menyediakan aneka kerajinan dari kayu, dan di sini peserta juga diperbolehkan praktek merangkai.

a_KriyaKayu_Borobudur_IMG_20180215_095659
Kerajinan Kriya Kayu – Borobudur (Gowes)

Disamping kerajinan dari kayu juga ada kerajinan dari batu dan bambu. Oleh penyelenggara ditempat ini disediakan jajanan dan buah, juga minuman, ada es lilin juga disini.

aKriyaKayu_RikRok_Borobudur_IMG_20180215_095729
Pusat Kerajinan Kayu (Kriya Kayu Rik Rok) Desa Wanureja Kampung Wisata Borobudur

Disetiap pemberhentian disediakan tempat istirahat, yang dapat digunakan untuk beristirahat yang merasa lelah.

Berkumpul Di Candi Pawon

Kegiatan gowes selanjutnya adalah mengunjungi Candi Pawon, untuk bergabung dengan kelompok yang lain. Di lokasi ini juga memiliki tempat yang luas, dibanding tempat-tempat lain yang di sambangi ketika gowes sepeda.

BenQ Corporation
Papan Nama Candi Pawon Borobudur (20180215)
BenQ Corporation
Candi Pawon Komplek Kampung Wisata Komplek Borobudur

Di tempat ini waktu yang disediakan lebih lama dari tempat lain yang dikunjungi, karena merupakan kunjungan terakhir di kegiatan Wisata Sepeda Borobudur. Selain itu ditempat ini juga merupakan tempat sejarah.

0CandiPawon_Image20180215
Candi Pawon, saat Gowes Wisata Borobudur

Guna memeriahkan suasana, oleh penyelenggara gowes diadakanlah acara pelepasan balon sebagai tanda berakhirnya kegiatan gowes kali ini.

BenQ Corporation
Pelepasan balon selepas Gowes Borobudur di Candi Pawon

Suasana tambah meriah, meskipun sebagian peserta menyampaikan kalau lelah atau cape selama mengayuh sepeda. Maklumlah karena memang tidak biasa, dan untuk yang biasa atau setidaknya sering jalan-jalan pagi mungkin kegiatan seperti ini tidak begitu berarti. Namun juga maklum, karena total waktu yang digunakan untuk gowes lebih dari 2 jam (120 menit).

Berakhir dan Makan Siang

Selepas berkumpul di Candi Pawon, peserta segera kembali ke lokasi awal yang jaraknya sekitar 1 KM.

Lebih kurang pukul 10.30 rombongan peserta pesepeda sudah sampai kembali ke base camp (Pendopo Wisata Sepeda) untuk istirahat dan menikmati makan siang.

BenQ Corporation
Nasi Liwet sajian Wisata Gowes Borobudur

Nasi Liwet adalah termasuk nasih khas Jawa Tengah (tempoe doeloe). Sebanarnya bahan baku sama, yaitu beras, yang berbeda adalah cara memasaknya. Sedangkan penyajian dengan dimasukkan ke dalam kukusan diatas dandang tanah dengan arang bara api, dapat menambah kekhasan dan cita rasa yang khas nasi liwet.

BenQ Corporation
Nasi Kebuli sajian Wisata Sepeda Borobudur

Nasi Kebuli, prosesnya hampir sama dengan nasi liwet. Apabila nasi liwet hanya di aru (bolak balik saat pemasakan pertama) kemudian di dang, kalau nasi kebuli di aru dengan gudangan dengan komposisi khusus.

Selesai makan ternyata setelah melihat jam, waktu baru menunjukkan 11.15 WIB, baru terasa ternyata makan siangnya awal banget. Itu mungkin peserta pada lapar setelah gowes (mengayuh) sepeda sekitar 2 jam, meskipun banyak berhentinya.

Kembali ke Hotel

Peserta dijemput dan diantar kembali dengan armada yang sama dari Pendopo Wisata Sepeda menuju hotel (tempat menginap). Sampai hotel Atria Magelang tempat kami menginap kurang lebih pukul 11.50 WIB. Setelah itu melanjutkan agenda kegiatan lainnya.

Rekomendasi

Apabila Anda di Magelang terutama berombongan (asyiknya rame-rame), tidak ada salahnya mencoba untuk mengunjungi Kampung Wisata Borobudur di Desa Wanureja satu wilayah dengan Candi Pawon Borobudur.

KissParry (WN)
Dokumen pribadi dan partner

Iklan

One thought on “Wisata Sepeda (Gowes), Kampung Wisata Wanureja Borobudur”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s