Bunga dari Belahan Dunia Menghiasi Taman Bunga Celosia Bandungan

Kissparry berkisah sekilas tentang kunjungannya ke Taman Bunga Celosia di Bandungan Kab. Semarang beberapa waktu yang lalu (20/02), semoga tetap menarik hati Anda para pembaca (eksposenya agak terlambat). Perjalanan tetap seperti kisah yang lain, dengan bermotor.

Apalagi Bandungan yang hanya berjarak lebih kurang 38,5KM dari Kissparry Semarang, tentu ini jarak yang cukup dekat, tentu bermotor tidak menjadi soal, bahkan sangat menarik. Bagaimana tidak: Tour Jawa Timur, Telaga Sarangan, Grojogan Sewu, mendaki Gunung Telomoyo, pun telah dilakoninya dengan bermotor, dan masih banyak yang lainnya yang belum diarsipkan di blog ini (segera menyusul).

Tentang Bandungan

Sebelum kita jalan-jalan di taman bunga Celosia, alangkah baiknya sekilas kita tinjau tentang Bandungan yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat umum. Ya, bukankah Anda pernah mendengar lagu Klengkeng Bandungan yang dikumandangkan oleh Sang Maestro lagu Pop Jawa Campursari, siapa lagi kalau bukan Didi Kempot, ada lagi lagu Kangen Bandungan.

Taman Bandungan IMG_20180220_100913_HDR
Taman Bunga Celosia (Miniatur ikon PARIS Perancis) Bandungan

Bandungan merupakan kecamatan baru di Kabupaten Semarang pemekaran dari sebagian Kecamatan Ambarawa dan sebagian lagi Kecamatan Jambu, terletak di dataran tinggi berada di kaki Gunung Ungaran, berudara sejuk dan cenderung dingin di malam hari.

Bandungan menjadi tujuan berlibur masyakarat Semarang, karena banyak tempat wisata di sini, sehingga untuk akhir pekan jalanan di tempat ini padat merayap, kalau tidak boleh dikatakan macet dan tersendat. Namun kali ini yang akan kami sajikan adalah Taman Bunga Celosia.

Dari Kota Semarang menuju Bandungan, jaraknya lebih kurang 40 KM (dari Simpang Lima), bila Anda berada di Semarang atas tentu lebih dekat lagi atau kurang dari 40 KM. Sedangkan dari Kota Salatiga (Patung Jendral Sudirman, depan Mall Ramayana) jaraknya lebih dekat dari pada dari Semarang, yaitu sekitar 28 KM saja.

Rute ke Bandungan, Celosia

Menuju Bandungan dapat kita tempuh dari berbagai arah jalan. Bila Anda berada di Jalan Raya Semarang – Solo, di daerah Lemah Abang dari arah Semarang silakan ambil ke kanan dengan memutar, jalan maju sedikit, karena ada pembatas jalan di tengah jalan raya tersebut.

Apabila dari arah Solo – Salatiga maka setelah pertigaan Bawen, silakan maju terus sedikit lagi, kemudian belok ke kiri ke arah Bandungan. Sebagai patokan adalah POM Bensin Lemah Abang, cuma saja kalau dari arah Solo – Salatiga sebelumnya sedang kalau dari Semarang sesudahnya nggak ada 50 meter, jadi laju kendaraan harus sudah menyesuaikan.

Anda yang dari arah Yogyakarta, Magelang ke arah Semarang, sesampai di Ambarawa (sebelum pasar), silakan belok ke kiri mengambil jalur ke Bandungan. Ingat saat di pertigaan jalan lingkar Ambarawa depan POM bensin jangan ke kanan, Anda harus lurus ke arah kota, jangan melalui jalan lingkar.

Dari Pasar Bandungan berarti telah dekat dan sudah satu wilayah, silakan ke barat lagi kira-kira 3,5 KM ke arah Sumowono atau Candi Gedong Songo, sesampai di pertigaan Candi Gedong Songo, ikuti jalan arah Candi Gedong Songo.

Dari arah Temanggung – Wonosobo, silakan mengikuti arah jalan ke Semarang melalui Sumowono atau Bandungan. Demikian pula apabila Anda dari Kendal lewat jalan selatan (tengah) melalui Limbangan, silakan tujukan perjalanan Anda melalui Sumowono.

Dari Pasar Sumowono kira-kira ke timur lagi sejauh 3,5 KM kemudian silakan mengambil arah ke Jalan Candi Gedong Songo, ketika sampai di pertigaan jalan arah Candi Gedong Songo.

Taman Bunga Celosia Bandungan

Wisata alam berupa taman bunga ini termasuk baru bila di banding wisata Candi Gedong Songo atau Bandungan Waterpark. Di sini menawarkan pemandangan yang berbeda, yaitu berupa bunga di taman bunga.

Sudah cukup jelas, bahwa untuk menuju Bandungan dapat di tempuh dari pelbagai arah, dengan demikian sangat mudah untuk menjangkau Bandungan. Bahkan ada angkutan umum yang melewati jalur ini. Minibus Jurusan Sumowono – Semarang, dan angkutan dari Pasar Ambarawa – Bandungan.

Taman Bandungan IMG_20180220_095958_HDR
Taman Bunga Celosia di Bandungan

Jam Buka dan Tiket Masuk

Jam buka layanan umum adalah mulai pukul 08.00 hingga 17.00 setiap harinya, dengan biaya atau tiket masuk per orang sebesar Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) (20/02), tiket yang tidak terlalu mahal.

Ketika kami berkunjung ke sini, masih ada pekerjaan pembangunan di beberapa sudut tempat. Sehingga taman bunga masih akan dikembangkan untuk lebih lengkap lagi. Seiring penambahan fasilitas ada kemungkinan harga tiket masuk akan berubah, sehingga tiket yang benar sesuai dengan harga tiket di lokasi.

Ada beberapa bunga memang merupakan bunga imitasi, hal tersebut karena kemungkinan musim berbunga yang menjadi permasalahannya, atau bunga asli yang mungkin sedang di datangkan dari negara asalnya. Dan mungkin pula memang bunga itu tidak bisa tumbuh di daerah tropis, sebut saja bunga Tulip asal Eropa atau Belanda.

Saat mengunjungi taman bunga Celosia, kita akan disuguhi aneka bunga dengan ikon wisata dari pelbagai negara belahan dunia, misalnya Belanda, Singapura, Perancis, dan lain-lain.

Bunga Latar Belakang Miniatur Wisata Khas di Dunia

Seperti yang sudah Kissparry sampaikan di atas, bahwa ketika pengunjung masuk ke Taman Bunga Celosia, disini akan disuguhi aneka bunga dari pelbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Apakah bunga-bunga itu benar khas dari negara tersebut? Jawabnya silakan Anda mengunjungi taman bunga tersebut, setiap kelompok bunga ada namanya (maafkan ya karena Kissparry lupa mencatatnya).

Bunga Leiden Belanda Celosia IMG_20180220_100226_HDR
Taman Bunga Celosia (Miniatur ikon Leiden Holland Belanda)

Bunga daerah Leiden Holland Belanda, dengan kincir angin raksasanya ikut menghiasi taman. Bila Anda berada di sini serasa ada di Leiden Belanda.

Bunga Nederland Celosia IMG_20180220_095012
Taman Bunga Celosia (Minatur ikon Nederland Belanda)

Bunga dari dataran Nederland Belanda, ikon Nederland dengan kincir angin kecil-kecilnya,

Hadir pula bunga khas dengan ikon negara Singapore (patung Marlion), maka Anda bisa membayangkan seperti berada di Singapura.

Bunga Singapura Celosia IMG_20180220_095406_HDR
Taman Bunga Celosia (Miniatur Ikon Singapura)

Bunga dalam pot yang ditata rapi dan apik juga menghiasai Taman Bunga Celosia.

Bunga pot Celosia IMG_20180220_094914_HDR
Taman Bunga Celosia (Bunga dalam pot ikon Indonesia)

Payung-payung yang ditata bergelantungan di atas, menambah indahnya suasana. Bagaimana kalau tiba-tiba hujan, di sini pengelola sudah menyiapkan tempat berteduh, dan payung-payung itu tidak boleh Anda ambil.

Di wilayah ini termasuk memiliki curah hujan yang lebih tinggi, kalau akan bersiap membawa payung sendiri juga diperbolehkan.

Bunga Payung Celosia IMG_20180220_095639
Taman Bunga Celosia (Payung Pelangi)

Di lokasi ini Anda dapat melepas lelah, untuk membuat pikiran lebih segar. Bisa juga sebagai tempat singgah, karena sekitar Bandungan banyak obyek wisata yang bisa anda singgahi.

Taman Celosia IMG_20180220_102941
Taman Bunga Celosia Bandungan

Bunga dari dataran Perancis (Paris), ada menara Eifel yang menjadi ikon dari Paris negara Perancis.

Taman Bandungan IMG_20180220_100913_HDR
Taman Bunga Celosia (Miniatur ikon PARIS Perancis) Bandungan

Segerombolan bunga yang menarik dan sedap dipandang mata. Namun area ini masih dalam pengembangan, kalau masih ada pembenahan di sana – sini itu wajar, terlebih bunga-bunga tersebut butuh perawatan.

Celosia 20180220 at 095129
Bunga di Taman Bunga Celosia Bandungan

Lokasinya saja kami sampaikan berada di kaki Gunung Ungaran, tentu udara di sini sangat sejuk dan enak untuk bersantai menikmati pemandangan alam, terlebih bersama keluarga tercinta.

Silakan berkunjung ke Taman Bunga Celosia di Bandungan, bila Anda penasaran.

Kissparry (Semarang) sebenarnya mengunjungi Taman Bunga Celosia hanya untuk melepas lelah dan beristirahat, dari perjalanan panjang bermotor dari Purbalingga dengan rute mengambil jalur Sumowono, “sambil menyelam minur air” peribahasanya begitu. Sehingga dalam menyajikan keterangan detil bunganya, kurang lengkap, dan dalam waktu dekat semoga bisa berkunjung lagi dengan waktu yang lebih leluasa. 

Semoga bermanfaat.

Kissparry (WN).

Iklan

4 tanggapan untuk “Bunga dari Belahan Dunia Menghiasi Taman Bunga Celosia Bandungan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s