Kidney and Woman`s Health Tema di Hari Ginjal Sedunia 2018

Kissparry sedikit bakal mengulas tentang ginjal dan wanita di Hari Ginjal Sedunia, sesuai dengan temanya untuk tahun 2018 ini adalah Kidney and Women’s Health. Setiap tanggal 8 Maret, dunia kesehatan memeringati World Kidney Day (Hari Ginjal Sedunia).

Ya… tema yang diangkat di hari ginjal sedunia tahun ini adalah ginjal dan kesehatan wanita. Nampaknya menjadi menarik, bahwa ginjal banyak masalah terjadi pada wanita (mungkin), nanti kita tengok saja. Sehingga tema yang diangkatnya mengutamakan kesehatan wanita.

Apabila kita ingin menerjemahkan dari tema yang diangkat di hari ginjal sedunia tahun ini yakni tentang ginjal dan kesehatan wanita, sudah semestinya mengenai ginjal dan wanita, atau apa itu ginjal yang sehat dan apa itu wanita yang sehat.

Ginjal (Kidney)

Mari sekilas kita mempelajari tentang organ ginjal dan fungsinya. Seperti dikutip dari Wikipedia dan SoftilmuGinjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang dan bentuk cekungnya menghadap ke arah sumbu tengah tubuh.

Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. 

Pada sisi yang menghadap ke sumbu tubuh itu terdapat hilus ginjal, yaitu tempat masuknya pembuluh darah, pembuluh limfa, saraf, dan ureter yang masuk dan keluar dari ginjal.

Setiap orang normalnya memiliki sepasang ginjal di sisi kiri dan kanan tubuhnya (perhatikan gambar di bawah). Letak ginjal sisi kiri lebih diatas daripada ginjal sisi kanan.

organ ginjal
Organ Ginjal (pic. Softilmu.com)

Berat dan besar ginjal bervariasi, hal ini tergantung jenis kelamin, umur, serta ada tidaknya ginjal pada sisi lain.

Pada orang dewasa, rata-rata ginjal memiliki ukuran panjang sekitar 11,5 cm, lebar sekitar 6 cm, dan ketebalan 3,5 cm dengan berat sekitar 120-170 gram atau kurang lebih 0,4% dari berat badan.

Baiklah, kita tidak akan membahas terlalu lanjut mengenai ginjal, namun akan kita sedikit bahas yang berkaitan dengan sekresi tubuh.

Di dalam ginjal ada yang namanya Nefron yang berfungsi sebagai regulator air dan zat terlarut (terutama elektrolit) dalam tubuh dengan cara menyaring darah, kemudian mereabsorpsi cairan dan molekul yang masih diperlukan tubuh. Molekul dan sisa cairan lainnya akan dibuang.

Nefron merupakan unit fungsional dasar dari ginjal yang dapat berjumlah lebih dari satu juta buah dalam satu ginjal normal manusia dewasa.

Dari penjelasan mengenai ginjal dan fungsi tersebut di atas, sangat jelas apabila fungsi ginjal terganggu maka dapat dipastikan penyaringan kotoran di dalam tubuh dari hasil metabolisma, tentu kurang sempurna atau kurang maksimal.

Sakit Ginjal dan Gagal Ginjal

Munculnya istilah Gagal Ginjal dikarenakan organ ginjal tidak berfungsi dengan sempurna, bisa diperkirakan dengan prosentase (persen). Sakit ginjal belum tentu gagal ginjal, tetapi gagal ginjal sudah pasti sakit ginjal.

Menjadi masalah agak serius adalah seseorang yang sakit ginjal atau gagal ginjal tidak dapat terdeteksi lebih dini, sehingga terkesan tiba-tiba sakit ginjal. Padahal tidak seperti itu, hal ini sebenarnya bisa dirasakan oleh seseorang, misalnya sering sakit pinggang.

Apakah pencetus sakit ginjal itu, silakan baca di sini pencetus sakit ginjal. Dan apa pula batu ginjal itu? silakan baca di sini tentang batu ginjal. Setidaknya setelah membaca terkait pencetus sakit ginjal dan apa itu batu ginjal, kita bisa sedikit ada gambaran bahwa kalau bab ginjal dibahas di sini akan panjang banget.

Ginjal yang sudah bermasalah bila sudah disebut Gagal Ginjal ada dua atau tiga cara pengobatannya, sedangkan kalau sakit ginjal silakan segera diobati, bisa konsultasi dengan dokter Anda atau ahli medis terkait (jangan dikira-kira sendiri, dan mesti harus konsultasi kepada ahlinya).

Dua atau tiga cara untuk masalah Gagal Ginjal adalah 1) dengan pengobatan rutin ala medis, 2) dengan pengobatan rutin ala herbalis, dan 3) untuk Gagal Ginjal Kronik diatasi dengan Dialisis atau Hemodialisa yang biasa disingkat dengan HD.

Pengobatan atau mengatasi masalah ginjal Anda yang bermasalah yang benar yang mana? Tinggal pilih saja sendiri, karena Anda semua punya keyakinan. Namun yang paling penting adalah periksa di laboratorium medis itu sangat diajurkan. Sebaiknya ikuti anjuran dari ahli kesehatan juga medis.

Wanita Sehat

Setelah membahas tentang ginjal, mari kita bahas mengenai kesehatan wanita. Dikatakan sehat apabila tidak sakit, tetapi ada orang yang sakit masih dapat dikatakan sehat. Jika demikian ukuran sehat dan sakit itu seperti apa?

Sehat dimulai dari pola hidup sehat, yakni cara-cara hidup yang sehat. Caranya sederhana makan teratur dan cukup tidak berlebihan, istirahat cukup, olahraga cukup, kebutuhan lainnya cukup. Meskipun sederhana, mungkin sulit dilakukan.

Wanita menjadi perhatian serius di Hari Ginjal Internasional, karena sebagian besar penderita gagal ginjal adalah kaum wanita.

Air Putih di Pagi Hari untuk Kesehatan Ginjal

Ada yang menarik yang perlu kami sampaikan, bahwa ginjal memerlukan air putih di pagi hari, seperti yang dikampanyekan di RS. Roemani Semarang yang terpasang jelas dekat jalan masuk gedung Sulaiman di RS tersebut.

Sepertinya resep sangatlah sederhana tetapi jika kita tidak biasa mungkin itu adalah menjadi sulit untuk dilakukan. Ialah tentang minum air putih di pagi hari.

img_20180309_130118.jpg
Minum air putih di pagi hari (foto Wea di RS Roemani Semarang)

Fungsi dari minum air putih di pagi hari (seperti tertulis di atas), yaitu:

  • Meringankan kerja organ ginjal
  • Menjaga kesehatan organ ginjal

dan kita tidak akan membahasnya sekarang, dan baca di sini manfaat air putih.

Berapa air putih yang dibutuhkan dalam sehari? Di balik tulisan tersebut, tertulis 2,5 liter atau setara dengan 8 gelas perhari. Bagaimana cara mengaturnya, Anda mungkin sudah mempunyai cara sendiri.

Namun demikian, untuk minum air putih bagi lansia perlakuannya berbeda (baca lansia jangan banyak minum air). Juga orang-orang yang sudah mengalami gangguan ginjal, silakan konsultasi dengan dokter Anda.

Anda pasti menunggu lanjutan tulisan ini, untuk itu silakan baca kaitan tulisan tentang tips menjauhi gagal ginjal kronik.

Semoga bermanfaat.

Penulis: Kissparry (WN)
Editor: Kissparry WN

 

Iklan

One thought on “Kidney and Woman`s Health Tema di Hari Ginjal Sedunia 2018”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s