Apa itu Badko TPQ?

Pertanyaan sederhana, apa itu Badko TPQ, adakah semua mengetahui apa itu Badko TPQ. Tentu ada yang tahu, ada pula yang tidak tahu, atau mungkin tahu tapi samar-samar. Kissparry juga tahunya belum lama lho, tentang Badko TPQ. Sedangkan untuk istilah TPQ sudah banyak yang tahu serta mendengar sejak lama. Tahun 1990-an sudah ada TPQ/TPA.

Kissparry Weanind sengaja menyajikan dan ingin mengulas sekilas tentang apa itu Badko TPQ, kebetulan saat ini sudah sedikit terlibat didalamnya, dan setidaknya menjadi anggota Badko TPQ. Ya… Badko TPQ Kecamatan Candisari Kota Semarang.

Oleh sebab itu bagi penyelenggara TPQ silakan simak, atau cobalah kalau belum tahu segera mencari tahu ditempat masing-masing, dan kalau belum bergabung bergabunglah, kalau belum ada bentuklah…. Ini sekdar saran masukan saja dari Kissparry Wea.

a_TPQ_Batko_Dimyati_IMG_20180722_101747
Ketua Badko TPQ Candisari, Ust Muh Dimyati SAg (disampingi pengurus Badko TPQ lainnya) pada kesempatan silaturahmi Badko TPQ Candisari di TPQ Nur Hidayah Tegalsari Candisari Kota Semarang Jawa Tengah. Doc. Eswede TPQ NH

TPQ itu Apa?

TPQ adalah kependekan dari Taman Pendidikan Al-Quran (Alquran), kenapa tidak disingkat dengan TPA, ya mungkin masih ada yang menggunakan singkatan TPA. Merupakan lembaga pendidikan non-formal yang menyelenggarakan belajar dan tulis Alquran, dan materi keagamaan Islam lainnya, seperti ibadah, syariah, akidah dan akhlak serta muamalah. Kita tahu mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam.

Baiklah penggunaan istilah memang perlu menjadi pertimbangan tersendiri, ketika memilih TPA, khusus masyarakat kota akan bilang TPA adalah Tempat Pembuangan Akhir, apa itu, sampah. Sehingga kalau pilih TPA takut rancu.

Dahulu pernah kegiatan ini terkenal dengan nama TPA, namun dengan bergesernya waktu kebanyakan memilih nama TPQ.

a_seriusnya_peserta_musyawarah_batko_IMG_20180722_104424
Peserta musyawarah Bulanan silaturahmi Badko TPQ Candisari, tempat di TPQ Nur Hidayah Tegalsari Candisari Semarang (22/7). Doc. TPQ NH

Badko itu Apa?

Badko merupakan kependekan atau singkatan dari Badan Koordinasi, sehingga kalau digabung Badko dengan TPQ makan akan menjadi Badko TPQ. Merupakan lembaga non-profit yang kegiatannya mengkoordinir dari kegiatan dan keberadaan dari TPQ dan madrasah diniyah dilingkungannya.

Organisasi Badko terkecil saat ini adalah tingkat kecamatan, disebut juga sebagai Badko TPQ Kecamatan, contoh untuk wilayah Candisari, berarti ada Badan Koordinasi Taman Pendidikan Alquran Kecamatan Candisari Kota Semarang atau lazim disingkat dengan Badko TPQ Kec. Candisari Kota Semarang.

Organisasi diatasnya adalah tingkat Kota/Kabupaten kemudian tingkat Provinsi, kalau di Semarang berarti Badko TPQ Kota Semarang.

a_sekretari_batko_IMG_20180722_101019
Mencatat hasil musyawarah (notulen) kegiatan Badko TPQ Kecamatan Candisari

Apa itu Badko TPQ Kecamatan – Kota/Kabupaten – Provinsi

Badan Koordinasi TPQ Kecamatan yang kemudian di singkat dengan Badko TPQ Kecamatan merupakan lembaga non-profit yang dibentuk oleh anggota TPQ disekitarnya sebagai wadah koordinasi dan informasi pengelolaan TPQ di tingkat kecamatan.

Kegiatannya meliputi koordinasi untuk wilayah kelurahan se-kecamatan, sedangkan untuk tingkat kelurahan atau desa, dibentuklah koordinator lapangan (Korlap) Kelurahan atau Desa.

Tingkatan setelah kecamatan adalah Kota/Kabupaten yang mencakupi wilayah kerja untuk seluruh kecamatan di kabupaten tersebut, dan tingkatan diatas Kota/Kabupaten adalah Badko TPQ Provinsi.

a_usulan_peserta-Batko_IMG_20180722_104357
Salah satu peserta pertemuan silaturahmi menanggapi atas berbagai hal pada pertemuan 22/7 di TPQ Nur Hidayah Tegalsari Candisari Semarang Jawa Tengah

Pertemuan atau Silaturahim Rutin Bulanan Pengurus Badko TPQ

Mungkin saja tidak banyak Badko TPQ tingkat kecamatan yang menyelenggarakan musyawarah atau pertemuan pengurus dan anggota, seperti untuk Badko TPQ Candisari menyelenggarakan kegiatan tersebut sebulan sekali, dengan cara berputar berganti-ganti diantara anggota Badko.

a_TPQ_NH_IMG_20180722_101315
Ustadzah TPQ Nur Hidayah, sebagai tuan rumah, dengan seragam yang berbeda

TPQ Nur Hidayah yang beralamat di Jl Genuksari Atas RT04 RW09 Kelurahan Tegalasri Kecamatan Candisari Kota Semarang, sebagai contoh, untuk tempat pertemuan bulanan di bulan Juli 2018 (22/7).

a_pasuakan_tpq_NH_IMG_20180722_101112

Tujuan diadakannya pertemuan adalah untuk memberikan informasi-informasi ke-Badko-an dari tingkat kecamatan juga dari tingkat diatasnya, kepada seluruh anggota Badko TPQ Kecamatan.

Kegairahan Badko didalam musyawarah dan silaturahmi dapat memajukan kegiatan TPQ diwilayah setempat.

Oleh sebab itu kegiatan semacam ini harus mendapat dukungan dari masyarakat, terutama para orang tua yang menitipkan putra-putrinya untuk belajar Al-Quran di TPQ atau madrasah diniyah.

a_Mabit_NH_IMG_20180602_154257
Peserta Mabit Badko TPQ Candisari 2018, Peserta dari TPQ Nur Hidayah siap berpartisipasi

Bagaimana untuk Kegiatan Badko Wilayah Pedesaan

Apabila menilik adanya Badko tingkat provinsi, sebut saja Badko TPQ Provinsi Jawa Tengah, maka kemungkinan besar Badko TPQ Kecamatan dari kabupaten di Jawa Tengah juga ada, dan bahkan diluar Jawa Tengah.

Dari pantauan Kissparry untuk kegiatan ke-Badko-an di kabupaten dan kecamatan juga ada, hanya kurang menggeliat, atau kurang di publikasikan. Boleh jadi ini tergantung dari pada Badko tingkat Kabupaten setempat.

Inilah sekilas Badko dan contoh kegiatan, semoga bermanfaat.

Untuk wilayah yang belum ada Badko TPQ, silakan dibentuk dalam rangka menguatkan silaturahmi sesama pengelola dan guru TPQ.

Wassalam.

Sumber dan oleh Kissparry Weanind
Editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s