Api Abadi Mrapen Grobogan Jateng Ikut Menyemangati Asian Games 2018 Jakarta-Palembang

Kissparry sebagai warga Indonesia terutama warga Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Palembang) ikut bangga ketika dimulainya perhelatan olahraga di Asia, Asian Games XVIII Jakarta – Palembang, yang dimulai dengan pengambilan api dari Api Abadi di Mrapen Godong Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah.

Sudah mendengar kabar sebelumnya, apabila api Asian Games akan di ambil dari Mrapen, yang kebebetulan Kissparry punya saudara yang tinggal di Grobogan (Gubug), anaknya kakak yang kedua, meskipun tidak di Godong namun kemeriahan warga Grobogan sungguh terasa.

api_abadi_pengambilan_api_di_Mrapen_Grobogan_30440752181 copy
Pengambilan Api Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dari Api Abadi Mrapen Grobogan Jawa Tengah oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani (foto portalsaruinfo_modif )

Sekilas hanya api dan api ada dimana-mana, namun perlu kita ketahui bahwa ini adalah api alam dan api abadi yang tidak akan padam meskipun diguyur hujan lebat, karena bersumber dari alam.

Penyulutan Api Abadi untuk Asian Games ke-18 oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, pada Kabinet Kerja – Jokowi, untuk selanjutnya diserahkan ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melalui Puteri Indonesia yang di taruh dalam thunderbox.

Selanjutnya dari Ganjar Pranowo diserahkan ke torch ambassador, Yustedjo Tarik, sang legenda tenis Indonesia. Prosesi penyerahan api berlangsung meriah.

Api diarak menuju Candi Prambanan di Klaten, dan tampak kemeriahan di Candi Prambanan melalui berita media televisi yang Kissparry lihat semalam. Di Candi Prambanan apinya dikawinkan atau disatukan dengan api abadi dari India.

Api_Mrapen_dan_India_disatukan
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat menyerahkan Obor Asian Games ke-18 kepada atlet Bulu Tangkis asal Yogyakarta peraih Medali Emas Asian Games 1996, Finarsih (foto Kompas)

Hari ini obor api Asian Games hari ini diarak di seputaran Yogyakarta, yang kemudian akan dilanjutkan ke Solo, setelah di kirab di Solo rencana obor api Asian Games bakal menginap semalam di Solo.

Selanjutnya api dibawa keliling Indonesia yaitu menuju beberapa kota di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Papua, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Pekanbaru, Jambi dan Sumatera Selatan.

Sesampai di Kota Palembang, Sumatera Selatan, ada 4 hingga 5 kabupaten/kota yang akan dilalui oleh rombongan kirab api obor Asian Games 2018.

Dari Palembang, api dibawa menuju Bandar Lampung dan diseberangkan ke Pelabuhan Merak, Banten, Serang pada 9-10 Agustus. Setelah keliling Serang, api langsung dibawa ke Purwakarta guna mengikuti Festival Citarum dan lanjut menuju Kota Bandung dengan finish di Gedung Sate.

Hari H Pelaksanaan Asian Games

Pada 17 Agustus, api akan dibawa ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu untuk ikut dalam upacara bendera HUT RI. Dan, sorenya, api akan dibawa ke Istana Negara.

Pada 18 Agustus, api menginap di Balai Kota Jakarta, lalu akan dibawa oleh Torch Barrer bersama 2018 pelari lainnya menuju GBK.

Lalu api akan dinyalakan dua torch ambassador pada saat upacara pembukaan Asian Games 2018.

Total daerah yang akan dilewati api Asian Games 2018 adalah 53 kabupaten/kota di 18 provinsi.

Api Mrapen ikut menyemangati perhelatan olahraga, Asian Games ke-18 Jakarta-Palembang.

Kissparry diolah dari berbagai sumber.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s