Fenomena Langka Gerhana Bulan Total Blood Moon 28 Juli 2018

Akhir-akhir ini tentu Anda membaca selebaran di medsos mengenai gerhana bulan total pada tanggal 28 Juli 2018 nanti, Jumat malam atau malam Sabtu. Gerhana akan bermula pukul 00.14 WIB atau waktu Anda setempat, karena gerhana ini bakal bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia.

Dikatakan langka karena prosesi gerhana akan berlangsung lama, bahkan dinobatkan gerhana bulan total blood moon terlama di abat 21. Berawal dari 00.14 WIB dan akan berakhir 05.19 WIB.

meteor-gerhana-bulan-total-juli-2018_20180723_115518
Meteor gerhana bulan total 28 Juli 2018 (pic sriwijayaPost)

Puncak dari gerhana bulan total akan terjadi antara pukul 03.00 WIB sampai 04.00 WIB, dan digambarkan di langit akan tampak hujan meteor sekitar puku 03.00 WIB.

20180728_0300_hujan_meteor
Gerhana Bulan Total, Oposisi Mars, Hujan meteor delta aquariid selatan, dan hujan meteor alpha Capricornid pada tanggal 28 Juli pukul 03:00 WIB.
(Kredit: Star Walk – pic LangitSelatan)

Memang kabarnya sudah menyebar melalui medsos, yang menyebabkan Kissparry tertarik menurunkan berita istimewa tersebut, setelah kita ingat ketika bulan Januari tahun ini juga (2018) telah terjadi gerhana bulan total saat sedang bulan purnama.

Planet Mars akan menjadi bintang paling cemerlang di langit. Ini karena akan memiliki diameter yang jelas sebesar Bulan Purnama, seperti dikutip dari serambinews.

Peristiwa ini hanya terjadi setiap 35.000 tahun sekali. Kejadian ini akan memungkinkan untuk diamati dengan mata telanjang. Artinya, pada fenomena kosmik ini akan memungkinkan para penghuni Bumi menyaksikan dua bulan.

gerhana_bulan_spektakuler_mars_tampak_681060_720
Gerhana Bulan Spektakuler di Abad 21, seakan ada 2 buah Bulan (pic tempo.co)

Satu bulan sebagai satelit bumi, satunya lagi planet Mars yang berukuran seperti bulan malam itu.

Ini adalah pertama kalinya umat manusia akan mampu mengamati fenomena luar biasa ini. Kedekatan planet Mars yang terakhir dengan magnitudo seperti ini terjadi sekitar 34.978 tahun silam.

Kalau begitu berarti gerhana bulan total terlama di abad 21 ini akan terjadi spektakuler yang wajib di tonton nanti.

Amati Langit Tanggal 27 Juli 2018 Lepas Tengah Malam

Saat ini jarak planet Mars lebih dekat ke Bumi yang membuat manusia bisa mengamati bintang oranye di malam hari dengan melihat ke arah Selatan. Pada tanggal 27 Juli nanti, planet Mars akan muncul di langit sebesar Bulan purnama.

Sebelum gerhana bulan super blood moon, kamu dapat mengamati langit malam pada tanggal 27 Juli nanti, karena tidak akan dapat melihat fenomena luar biasa ini untuk kedua kalinya.

Ayo kita bersyukur dapat menyaksikan fenomena alam yang luar biasa.

Diolah dari berbagai sumber, (ingin mendokumentasikan fenomena alam luar biasa)
Editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s