Ini Outbound atau Outing? Suasana nDesa Tenggulang Baru

Desa Tenggulang Baru, sebuah desa terpencil, embung kecil atau empang atau blumbang dapat di temui di hampir setiap pekarangan rumah. Hal ini mengingat lokasinya memang boleh dibilang berair, bagaimana tidak, namanya saja komplek Air Tenggulang. Sehingga air disini memang melimpah ruah.

Oleh karena itu kadang digunakan untuk bermain oleh anak-anak hingga orang dewasa. Apakah kegiatan ini termasuk Outing atau Outbound, sepertinya bukan. Jawabnya yang tepat nanti ya… redaksi tanya dulu kepada Kissparry Jr LK yang slulup.. Atau mungkin berenang…

slulup-di-blumbang.jpeg
Berendam di empang (embung kecil – Jawa: blumbang) di Tenggulang Baru

Oh… ternyata ada lomba renang… (23/6) yang terdiri atas beberapa peserta yang lagi silaturahmi kumpul keluarga (Halal Bihalal) di Tenggulang Baru.

kungkum-blumbang-tenggulang

Lomba yang tanpa juara, karena dilakukan hanya untuk bersenang-senang saja untuk mengisi waktu luang, dan kebetulan saja airnya jernih tidak seperti biasanya pada saat musim penghujan airnya agak keruh.

Peserta yang lain mana? tidak muncul, karena tidak dipotret atau tidak diambil gambarnya. Beginilah saat bercengkerama di air yang berlimpah.

Baca juga : Bermain di Air di Tenggulang Baru (2017)

Selepas lomba renang, kegiatan malam harinya lomba Ludo di smartphone, masih dalam mengisi waktu senggang dalam suasana keakraban.

lomba-ludo-20180623-at-211931.jpeg
Lomba Ludo di Kissparry Center Tenggulang (23/6 21.15)

Lomba Ludo itu seperti apa? Lomba yang menggunakan Smartphone. Ludo sempat ngetren untuk ajang perlombaan di beberapa daerah.

Pengertian dari Beberapa Istilah

Beberapa istilah yang perlu kita kupas adalah pengertian atau arti dari outing, outbound, Ludo, Blumbang.

Outing

Outing merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh umum, perusahaan maupun sekolah yang bersifat menyenangkan atau rekreasi di alam terbuka sebagai sarana hiburan untuk meningkatkan keakraban atau silaturahmi.

Biasanya outing diisi dengan acara bebas atau permainan ringan yang tidak terlalu berat secara fisik, pikiran dan emosional. Tempat untuk kegiatan ini seperti daerah pegunungan, pantai, atau tempat-tempat rekreasi.

Kegiatan outing juga bisa dilaksanakan di dalam ruangan yang luas, misal ruang pertemuan hotel. Contoh permainan seperti estafet bola dengan iringan musik, dimana musik berhenti yang memegang bola dihukum dengan menyanyi atau apa yang bisa, misal berpantun, menari, berjoget dan sebagainya setelah itu dapat bingkisan.

Outbound

Outbound merupakan kegiatan yang diselenggarakan suatu komunitas atau perusahaan yang bersifat edukatif, dengan beberapa jenis permainan atau games seperti permainan strategi, brain games, fun games, ice breaking, team building, dll. Biasanya diselenggarakan oleh provider outbound.

Saat ini, outbound juga banyak digelar oleh sekolah-sekolah (PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA) dengan jenis permainan yang disesuaikan dengan usia para siswa yang menjadi pesertanya.

Dalam outbound, peserta dilatih untuk dapat meningkatkan kemandirian, empati, teamwork, komunikasi, kepemimpinan, dan kesabaran.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebut, peserta dapat memiliki sikap dan karakter yang lebih baik misalnya menjadi lebih kreatif, disiplin, dan bertanggung jawab.

Ludo

Permainan ini hampir seperti permainan ular tangga, bedanya bentuknya papan permainannya kalau ular tanggal gambar penuh tetapi permainan Ludo empat bidang. Ludo bisa dimainkan 4 orang atau 2 orang. Permainan ini tersedia secara online.

Ludo 20180623 at 220543
Ludo 23/6 2205

Blumbang

Blumbang sama dengan empang dan bisa disamakan dengan embung tapi kecil atau embung mini. Fungsi dari blumbang yaitu untuk persediaan air, disamping untuk pengendalian air dikarenakan air yang melimpah ruah di kala musim penghujan.

Air Tenggulang di tepi Sungai Lilin, sungainya lebar seperti Sungai Musi, bahkan untuk daerah hulu (dekat Laut) lebarnya dua kali sungai Musi atau sekitar 2 KM. Coba bayangkan sungai lebarnya 2 KM, wah luas banget. Sedang muara sungai lebarnya sekitar 3 KM (Jarak kediaman Kissparry Semarang hingga Hotel Tentrem Simpang Lima).

Sungai Lilin tidak sepanjang Sungai Musi, meskipun lebih pendek tapi lebih luas sehingga pasang surut air laut yang berjarak lebih kurang 120 KM bisa perpengaruh ke hilir, termasuk di Air Tenggulang dan Tenggulang Baru.

Oleh sebab itu pula di Air Tenggulang dibuatkan parit besar (saluran primer). Mengapa dikatakan parit besar, karena paritnya memiliki lebar 10 M, Wow, parit lebarnya 10 meter, berarti sama seperti sungai. Paritnya dalam dan lebar sehingga bisa dilewati kapal klotok.

Panjang dan lebar embung mini ini suka-suka oleh pemiliknya termasuk kedalamannya. Biasanya panjang sekitar 7 – 10 M dan lebar 4 – 5 M serta kedalaman 1 – 1,5 M, sehingga dikala air jernih bisa untuk berenang.

Sekian

Kissparry
Editor Kissparry WN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s