Sungai Terpanjang di Dunia dan Wilayah yang Dilalui

Sungai terpanjang di dunia disajikan mulai urutan yang terpanjang disertakan dengan wilayah yang dilalui oleh sungai tersebut. Disamping itu Kissparry berusaha menambah informasi yang khas dari sungai yang sedang di bahas.

Wilayah yang dilalui oleh sungai tersebut dapat berupa distrik, kota, provinsi ataupun negara, meskipun hanya sebagian kecil saja yang dilalui, disamping itu muara atau hilir berada dimana serta hulu sungai berasal dari wilayah mana.

danube_eropa
Sungai Danube di Eropa (iNews)
Danube adalah sungai terpanjang kedua di Eropa setelah sungai Volga, di Rusia. Sungai ini melintasi 10 negara, yaitu Rumania, Hungaria, Serbia, Jerman, Austria, Bulgaria, Slowakia, Kroasia, Ukraina, dan Moldova.

Keindahan sungai Danube menghiasi muka blog ini, meskipun Danube bukan sungai terpanjang di dunia, karena sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil di Afrika kemudian di susul Sungai Amazon di Amerika Selatan, baru kemudian disusul oleh sungai yang lainnya.

— semula tulisan ini sudah hampir lengkap, tetapi karena ada kesalahan teknis maka harus di tulis ulang, oleh sebab itu harap maklum adanya —

1. Sungai Nil (6853 km), Mesir Afrika

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia, dengan total panjang aliran mencapai 6853 km, terletak di benua Afrika yang bermuara di Mesir, Laut Tengah.

Nil melewati 9 negara yaitu mulai dari Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan, dan Mesir sebagai muaranya. Terkenalnya di dunia sungai Nil disebutnya berada di Mesir, karena sejak zaman peradaban bangsa Mesir Kuno tidak lepas dari keberadaan sungai Nil.

nil-sungai
Sungai Nil di Mesin (sumber: iNews)
Sungai ini melewati 9 negara: Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan dan Mesir.

Mata air sungai Nil berasal di wilayah danau di Rwanda dan Burundi modern, Ethiopia, juga bersumber dari sungai-sungai besar dan kecil yang bermuara di sungai Nil, diantaranya ada Nil Putih dan Nil Biru.

2. Sungai Amazon (6400 km), Brasil Amerika

Sepertinya tentang nama Amazon, sebagian dari kita telah mengenalnya meskipun mungkin belum menjamahnya. Ketenaran sungai ini adalah diantaranya adanya ular Anaconda yang melegenda.

Sungai Amazon (bahasa Spanyol: Río Amazonas, bahasa Portugis: Rio Amazonas) adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia, setelah Sungai Nil di Afrika. Panjang aliran sungai Amazon lebih kurang 6400 km.

anaconda-terselubung
Anaconda Raksasa di Sungai Amazon (sumber: terselubung)

Sungai Amazon memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun, membawa lebih dari Sungai Mississippi, Nil, dan Yangtze (Panjang) digabungkan. Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai.

Negara yang dilalui oleh sungai Amazon yaitu Brasil (62,4%), Peru (16,3%), Bolivia (12,0%), Kolombia (6,3%), dan Ekuador (2,1%)

Hulu dari sungai Amazon diantaranya berasal dari Nevado Mismi dan bermuara di Brasil, Samudera Atlantik.

Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap “terkuat” (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik).

Sehingga tidak mengherankan apabila sungai Amazon dihuni hewan-hewan air raksasa, termasuk ular Anaconda raksasa ada di sungai ini.

084886700_1508122971-20171016-Ikan-Air-Tawar-Terbesar-di-Sungai-Amazon-AFP-1
Ikan air tawar terbesar di sungai Amazon (sumber: liputan6)

Bahkan ikar air tawar terbesar ditemukan di sungai Amazon, sehingga sungai ini juga dikenal garang.

3. Sungai Panjang (Yangtze) (6300 km), Tiongkok Asia

Sungai Panjang yang biasa juga di sebut dengan sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang urutan ketiga di dunia, dengan panjang aliran mencapai lebih kurang 6300 km. Sungai ini terletak di Republik Rakyat Tiongkok wilayah selatan.

Muara sungai Panjang berada di Laut Tiongkok Timur, sedangkan wilayah yang dilalui sungai ini meliputi kota/distrik : Yibin, Jingzhou, Luzhou, Panzhihua, Chongqing. Adapun hulunya adalah Qinghai.

jembatan_terpanjang_didunia_diatas_sungai_panjang_20161006_174541

Danyang–Kunshan Grand Bridge (Jembatan terpanjang di dunia melintas di atas Sungai Panjang (Yangtze)
panjangnya melebihi jarak Jakarta – Bandung (sumber: tribunnews)

Jembatan terpanjang di dunia (saat ini) berada dan melintas di atas Sungai Yangtze, yakni Danyang-Kunshan Grand Bridge, dengan panjang jembatan melebihi jarak Jakarta – Bandung, atau panjangnya mencapai 164,8 km.

4. Sungai Kuning (5464 km), Tiongkok Asia

Sungai Kuning merupakan salah satu sungai yang berada di Tiongkok wilayah utara, yang panjang alirannya mencapai 5464 km, bermuara di Laut Bohai dan berhulu di Pegunungan Bayan Har.

Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang kedua di Tiongkok dan terpanjang kedua di Asia.

Kota-kota yang dilalui sungai Kuning yaitu Zhengzhou, Lanzhou, Jinan, Luoyang, Kaifeng, Yinchuan, Baotou, Wuhai.

jembatan-sungai-kuning_20170803_215833
Jembatan Kaca di bangun di atas Sungai Kuning Tiongkok (sumber: tribunnews)

Jembatan yang dibangun diatas aliran sungai Kuning ini menarik untuk dikunjungi karena jembatan yang dilalui terbuat dari kaca tembus pandang ke bawah.

YR-sungai-kuning-jia-xiang
Salah satu aliran Sungai Kuning yang Jernih bisa untuk berenang (sumber: Jia-Xiang)

Masih menarik dari sungai Kuning yaitu ada bagian-bagian air yang jernih, meskipun namanya sungai Kuning, dan yang lebih menarik lagi ada air terjun dikala musim dingin berubah menjadi air terjun beku.

air-terjun-beku-sungai-kuning
Air terjun beku di Sungai Kuning saat musim dingin di China

5. Sungai Paraná (4880 km), Argentina Amerika

Paraná River adalah sungai yang mengalir melalui wilayah Brasil, Paraguay dan Argentina, dengan panjang aliran sungai tercatat 4880 km, yang melalui wilayah tersebut.

Menarik dari sungai Paraná yaitu secara alami sungai ini membagi wilayah atau menjadi pembatas wilayah ketiga negara tersebut (Paraguay, Brasil, dan Argentina). Muara sungai berada di Rio de la Plata Argentina.

o-trifinium-aereo-con-fronteras-escribir-los-nombres-de-los-rc3ados-486ggkgbeg70
Sungai Paraná memisahkan negara Argentina, Brasil dan Paraguay secara alami (sumber: misionesonline)

Disamping secara alami membagi wilayah, dengan pembangunan Dam untuk pembangkit listrik membuat hal tersebut menjadi pemandangan yang menarik, namun demikian sebelum dibangun dam atau bendungan memang lokasi ini secara alami juga membentuk air terjun.

0410174948-08-fatos-historicos-sobre-a-usina-hidreletrica-de-itaipu-
Bagian dari Sungai Paraná yang dimanfaatkan untuk pembangkit listrik (sumber: britannica)

Dibawah ini air terjun sebelum dibangun dam atau bendungan oleh pemerintah Brasil, menampakkan keasrian air terjum.

guac3adra-falls

6. Sungai Kongo (4700 km), Kongo Afrika

Sungai Kongo merupakan salah satu sungai terpanjang kedua di Afrika setelah sungai Nil, dan terpanjang ke-6 di dunia. Panjang aliran sungai ini mencapai 4700 km. Sungai ini juga dinobatkan sebagai sungai terdalam di dunia, dengan kedalaman di beberapa titik mencapai 230 m.

Dengan kedalaman seperti itu sungai ini disebut-sebut sungai yang paling berbahaya di dunia dan melebihi dari sungai Amazon di Amerika Selatan yang terkenal ganas.

Muara sungai berada di Samudera Atlantik, dengan hulu sungai berasal dari Chambeshi River, Danau Tanganyika, East African Rift, Danau Mweru.

7. Sungai Itapocu (4684 km), Brasil Amerika

 

8. Sungai Mekong (4350 km), Vietnam Asia

Sungai Mekong (Thai: แม่น้ำโขง (Pronunciation)) adalah salah satu sungai utama di dunia, merupakan sungai yang masuk deretan terpanjang di dunia, dan juga terbesar dalam volume (melepas 475 km³ air setiap tahunnya), dia mengisi wilayah seluas 795.000 km² dari Tibet.

Wilayah yang di lalui aliran Mekong yaitu China provinsi Yunnan, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Semua kecuali China dan Myanmar masuk kedalam Komisi Sungai Mekong.

Karena variasi musim yang sangat berbeda dalam aliran dan adanya “rapid” dan air terjun membuat navigasi sangat sulit. dan sungai Mekong ini tidak terlepas dari sejarah bangsa-bangsa terutama di kawasan Asia Tenggara.

Delta Mekong Vietnam

m3kong_amm
Jelajah Delta Mekong (sumber: ammTravels)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s