Baturraden Semakin Memesona Cocok menjadi Tujuan Wisata Keluarga

Lokawisata Baturraden yang biasa disebut dengan Baturraden merupakan kawasan wisata di Kabupaten Banyumas yang sudah terkenal sejak lama. Namun Baturraden dahulu dengan sekarang sudah berbeda, tambahan wahana dan obyek lainnya yang menyatu disini menambah daya tarik tersendiri.

Baturraden seperti halnya Borobudur di Kabupaten Magelang, keduanya merupakan nama dari masing-masing Kecamatan di wilayah tersebut. Ahli sejarah mungkin tahu mengapa namanya menjadi seperti itu.

Anda perlu menjadwalkan untuk mengunjungi kawasan wisata yang berada di lereng gunung Slamet sebelah selatan ini, Baturraden. Gunung Slamet merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua di Pulau Jawa.

Baca juga: Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia, Lokasi, dan Rute Pendakian

Baturaden_2
Lokawisata Baturraden Purwokerto Banyumas (pic. perwiratour)

Mengapa ke Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden atau sering di sebut Baturraden saja, merupakan salah satu tempat untuk memanjakan mata Anda, dengan hamparan pemandangan yang elok menghijau dengan kesejukan khas lereng gunung yang tinggi.

Bukan hanya itu, tetapi Baturraden saat ini sudah semakin lengkap fasilitas rekreasinya, yang semula hanya untuk menikmati pemandangan, berendam air panas juga air dingin asli dari gunung, dengan sungai mengalir jernih (kalau pas tidak banjir), beberapa wahana baru sudah ditambahkan, yang membuat pengunjung semakin betah.

Berkunjung ke Baturraden haruslah benar-benar untuk rileks dan tanpa buru-buru, dan bila Anda ingin menyambangi obyek wisata yang lain disekitar Kecamatan Baturraden, maka dipastikan di tempat ini (Lokawisata) dengan jadwal yang lebih lama, mengingat beberapa obyek menyatu dengan Lokawisata, sebut saja Kebun Raya Baturraden, Pancuran Telu dan Theater Alam.

Baturraden_tari_Lengger_patung_DSCN1969
Tari Lengger Banyumas (patung) di Baturraden

Pastilah anda beserta keluarga akan terpesona ketika berkunjung ke tempat ini (Baturraden), dan usahakan mengambil waktu yang cocok buat bersantai sambil menikmati aneka wahana yang ada dan tentu sambil menikmati sajian makanan khas Banyumas.

Lokawisata Baturraden dan juga obyek wisata lain di seputar Baturraden sangat tepat dan cocok untuk mengusir kepenatan akibat aktivitas rutin harian, terutama orang-orang perkotaan. Maka tidak mengherankan apabila musim liburan, tempat ini sangat ramai dikunjungi.

Menuju Lokawisata Baturraden

Untuk menuju ke Baturraden arahkan perhatian Anda ke Purwokerto, Ibukota Kabupaten Banyumas yang berjarak lebih kurang 200km dari Kota Semarang (Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah).

Baturraden tidak termasuk dalam wilayah administratif Kota Purwokerto, melainkan berada di luar wilayah Purwokerto, meskipun terkenal dengan sebutan Baturraden Purwokerto.

Wahana Rekreasi Baturraden

Disamping pemandangan alam pegunungan yang terhampar sejauh mata memandang yang membuat sejuk suasana, beberapa obyek khusus yang ada di Baturraden tersedia gratis untuk pengunjung yang telah membayar di pintu masuk, dan ada beberapa yang harus membayar.

Sungai dengan yang air jernih suara gemericiknya menambah suasana santai dikala berkunjung ke tempat ini.

Memang harus benar-benar menikmati suasana yang sejuk dengan alam terbuka khas di kaki gunung bila di tempat ini, dan jangan tergesa-gesa namun perlu rileks, sehingga tujuan rekreasi dan wisata di Baturraden benar-benar membawa kenangan yang indah bersamanya sepulang dari tempat ini.

Wahana Gratis

Wahana di Baturraden berikut ini termasuk yang tidak berbayar (gratis) setelah membeli tiket masuk ke Baturraden, yaitu kolam renang, kolam luncur, sepeda air, mandi air hangat belerang, dan cascade alam.

Kolam Renang

Masuk arena kolam renang di Baturraden tidak dipungut biaya lagi setelah berada di dalam lokasi Baturraden dengan membayar biaya masuk melalui loket utama.

Persiapkan diri untuk berbasah-basah, terutama yang paling ramai yaitu untuk kolam anak-anak untuk buah hati Anda.

baturraden-kolam-renang-yt-maxresdefault-copy2
Kolam renang di dalam Lokawisata Baturraden Purwokerto (Banyumas) – (YT)

Kolam Luncur

 

Mandi Air Hangat Belerang

 

Cascade Alam

Air mancur alami ini atau yang sering disebut cascade alam benar-benar berasal dari mata air alamiah dan tidak menggunakan mesin, sehingga saat musim kemarau panjang boleh jadi airnya tidak berjoget atau menyembur ke angkasa.

Baturraden_air_mancur
Cascade alami di Baturraden Purwokerto, air mancur alami ini kadang dimusin kemarau panjang tidak menyemburkan air

Berjogetnya air dikarenakan hembusan angin dapat menyebabkan cascade ini mengeluarkan pelangi yang indah, ini sekaligus meluruskan lagu ini,

pelangi-pelangi alangkah indah mu
merah kuning hijau di langit yang biru
pelukismu agung siapa gerangan
pelangi-pelangi ciptaan Tuhan…. 

Jadi pelangi itu tidak hanya di langit, tetapi pelangi yang di langit memang lebih tampak indah.

Wahana ini bisa dilihat dari atas, dan untuk mendekatinya harus merelakan diri untuk menuruni beberapa puluh anak tangga. Untuk kembali berarti menaiki anak tangga kembali.

Sepeda Air

 

Wahana / Obyek Berbayar 

Theater Alam Baturraden

Tarif Rp 5.000,-

Sepeda Gantung (Zip Bike)

Tarif Rp 20.000,-

Terapi Ikan

Tarif Rp 5.000,-

Pancuran Telu

Tarif Rp 10.000,-

Kebun Raya Baturraden

Tarif Rp 5.000,-

 

Kissparry
(sedang di edit)

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.