Jalan Sehat Semarakkan Tahun Baru Hijriyah 1440 di RW 09 Tegalsari Semarang

Kebiasaan tirakatan malam tahun baru hijriah atau bersamaan dengan malam satu Suro, dikalangan orang Jawa sudah menjadi kebiasaan yang turun temurun.

Seperti yang dilakukan warga dilingkungan RW.IX Kelurahan Tegalsari Kec Candisari Kota Semarang, adalah sebagai contohnya. Tentu tidak ketinggalan di warga RT (Rukun Tetangga) dimana Kissparry Semarang (Weanind) berdomisili.

Namun kegiatan Jalan sehat untuk umum diselenggarakan di RW.IX Tegalsari Candisari Semarang pagi hari ini, Selasa (11/9) yang di pusatkan di RT.03 Mushola Al Ikhlas, mungkin di katakan sangat jarang.

Penyelenggara dan penanggung jawab kegiatan jalan sehat yaitu Forum Umat Islam RW.IX Tegalsari, sedang pengurus mushola Al Ikhlas merupakan penyelenggara lapangan.

jalan_sehat_FUI_RW9_img_20180911_070717
Tanjakan terakhir pada jalan sehat FUI RW.IX Tegalsari Candisari Semarang

Berbukit, merupakan medan dilingkungan sekitar Kissparry Semarang tinggal sehingga kalau jalan sehat benar-benar bikin sehat, dan tentunya tidak semua generasi mengikuti jalan sehat bila rutenya panjang, terlebih generasi tua, meskipun banyak juga berpartisipasi karena sudah biasa.

jalan_sehat_FUI_RW9_img_20180911_072258
Lurah Tegalsari Semarang, Sri Martini SSos MA, pada sesi sambutan dalam Jalan Sehat menyambut tahun baru Islam 1440 H, kelaurga besar RW.IX Tegalsari Semarang

Kegiatan jalan dihadiri dan dibuka oleh Lurah Tegalsari Candisari Kota Semarang, Sri Martini, SSos, MA, yang dalam sambutannya menyatakan gembira atas terselenggaranya kegiatan ini untuk kebersamaan dan kekeluargaan di wilayah tersebut.

Bentuk Apresiasi dari Lurah Tegalsari Candisari Kota Semarang tersebut diwujudkan dalam penghargaan sekaligus door prize kepada peserta yang datang paling awal, kemudian peserta yang bisa sebut tempat rekreasi di Semarang, dan yang berulang tahun di hari ini. Peserta yang tahu nama lurahnya juga mendapatkan bingkisan (amplop).

Baca juga: Nama obyek wisata di Kabupaten Semarang beserta rute dan kulinernya.

Ceramah agama Islam

Ceramah agama juga mewarnai kegiatan jalan sehat kali ini, pemateri Arif Syafi’i, SAg, mengajak untuk khidmat belajar dari lima kota di dunia yang mana dari kota kota besar itu ada beberapa pelajaran penting.

5 kota di dunia itu adalah Kota

  • Sardinia, di Italia.
  • Okinawa, di Jepang.
  • Nicoya, di Costa Rica.
  • Loma Linda, Calif, di Amerika Serikat.
  • Ikaria, di Yunani.

Hal itu berdasarkan hasil penelitian bahwa dinyatakan kota itu diantaranya masyarakatnya berumur panjang, tidak ada yang terkena penyakit kronik, tidak ada orang pikun.

Dalam kehidupan mereka, saling menyayangi (kasih sayang) diantara sesama, hidup rukun. Disamping itu penduduknya suka berjalan (berolahraga).

Door Prize yang Menarik

Sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta jalan sehat kali ini panitia menyediakan berbagai macam hadiah menarik sebagai door prize, yang berasal dari partisipasi sponsor dan partisipasi warga, juga partisipasi masjid dan mushola di wilayah ini.

Antara lain tampak (karena tidak dibungkus) seperti dispenser air, magic jar, belasan jam dinding, seterika listrik, beberapa kipas angin, beberapa kompor gas. Dan banyak lagi hadiah menarik lainnya yang tidak mengetahui isinya, karena dibungkus dengan kertas kado. Smartphone menjadi hadiah utama pada jalan sehat kali ini.

Bu Ichwani yang beruntung memeroleh hadian utama berupa sebuah smartphone merek terkenal.

Baca Juga : Nama obyek wisata di Kota Semarang, rute, dan kulinernya

Organ Tunggal Turut Menghibur

Kegiatan jalan sehat juga dimeriahkan dengan hiburan organ tunggal, dengan lagu pertama Insyaf pelantun asli Ida Laela, dilanjutkan dengan lagu-lagu lain hingga perhelatan berakhir.

Itulah sekilas informasi dari kegiatan kampung, yang bisa menginspirasi.

Kissparry

Iklan

2 tanggapan untuk “Jalan Sehat Semarakkan Tahun Baru Hijriyah 1440 di RW 09 Tegalsari Semarang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s