Makna Tidur dan Manfaat Tidur

Kissparry kali ini bicarakan mengenai tidur, dari sisi makna dan manfaat. Tidur adalah salah satu kebiasaan manusia yang Allah SWT jadikan sebagai salah satu tanda kekuasaan-Nya.

Mengapa dikatakan tidur itu kebiasaan, bukankah tidur itu merupakan kebutuhan manusia atau makluk hidup lainnya? Ya, oleh karena tidur merupakan kebutuhan itulah sehingga kita dibiasakan atau membiasakan untuk tidur, jadi tidur boleh dikatakan kebiasaan manusia, pun makhluk hidup yang lain.

Pada tidur ada tanda kekuasaan Tuhan, Allah, lantaran orang yang tidur lantas bisa bangun, itulah kekuasaan-Nya. Saat tidur lupa segala hal, kemudian bangun dan teringat kembali.

Dalam tidur pula ada yang seolah-olah tidak tidur karena tidurnya tidak tenang dan membawa beban dan kadang mereka bermimpi, kebiasaan mimpi dikarenakan fikirannya masih menyisakan banyak hal ketika terjaga sehingga dibawa sampai mimpi saat tidur.

Mengapa saat tidur tidak ingat berbagai hal, sementara tempat tidur harus mahal harganya. Tempat tidur tidak harus berharga mahal, tetapi yang penting nyaman sebagai tempat tidur. Orang-orang yang berduit saja, sehingga membeli tempat tidur dengan harga yang paling tinggi.

Simple Queen Canopy Bed Curtains (foto vinendoglass)

Tidur merupakan sarana untuk beristirahat setelah mengalami kepenatan dan kelelahan, namun ketika Anda tidak merasa lelah dan penat sementara sudah saatnya tidur, sebaiknya segera tidur saja.

Setiap hari manusia terbiasa tidur pada waktu malam dan bangun pada waktu siang harinya. Itu adalah kebiasaan pada umumnya, karena ada yang tidak umum, misalnya orang yang bekerja di malam hari, berarti ketika siangnya mereka tidur sedang malam harinya bangun.

Namun demikian, jika salah seorang banyak tidur lebih dari kelumrahannya, maka orang lain pasti mencemooh dan menganggapnya sebagai “tukang tidur”.

Itulah sobat Kissparry sedikit kita memaknai tentang tidur. Ayo kita lanjutkan. Mengapa ketika hendak tidur dianjurkan berdoa, pun setelah bangun.

Doa Menjelang Tidur

Ketika kita sedang tidur, ada kekuasaan Tuhan didalamnya, dengan makna yang sudah kita jabarkan diatas, sehingga seorang yang akan pergi tidur dianjurkan untuk berdoa, dengan keyakinannya.

Doa sebelum tidur dalam Bahasa Arab, dan Anda bisa menggunakan bahasa sehari-hari yang di pahami.

Ada pula doa sebelum tidur yang lebih lengkap, seperti ini, Bismikallohumma ahyaa wa bismika wa amuut

Bagaimana jika tidur tanpa sengaja, maksudnya semula hanya rebahan saja. Tujuan rebahan tentu untuk istirahat menghilangkan penat dan capai. Sebaiknya niatkan untuk istirahat atau tidur sekalian.

Dari doa yang diajarkan tersebut, sehingga saat tidur menjadi seolah olah mati, tapi jangan disamakan dengan mati karena itu berkaitan dengan nadi. Orang tidur nadinya masih berdenyut tetapi dia tidak ingat apa-apa.

Berdoa Sewaktu Bangun Tidur

Saat bangun dari tidur kita juga dianjurkan untuk berdoa sesuai dengan keyakinannya, dibawah ini contoh doa bangun tidur dalam bahasa Arab.

Sehabis tidur kemudian bangun biasanya badan menjadi segar kembali, oleh karena itu sehabis bangun tidur dianjurkan juga untuk berdoa.

Namun ada juga orang bilang bangun tidur mengatakan bahwa badan menjadi pegel semua, ini berarti pengecualian saat tidur kurang nyenyak atau tidak nyenyak.

Gara-gara mimpi buruknya sehingga anggapan mereka yang bikin badan menjadi kurang segar, sebenarnya yang terjadi dikarenakan badan kurang enak itulah yang bikin mimpi buruknya.

Manfaat Tidur

Banyak manfaat yang diperoleh ketika kita bisa tidur, setidaknya sebagian itu antara lain.

  • Membuat badan terasa lebih segar dan nyaman dari sebelum tidur, karena tujuan tidur adalah untuk menghilangkan penat dan capai.
  • Membuat pikiran menjadi lebih fresh (segar) dan rileks dengan melupakan semua hal tentunya sebelum pergi tidur. Bila terjadi susah tidur niatkan melepaskan sejenak beban yang berat di pikiran.
  • Dalam tidur terkadang mengingatkan masa lampau atau juga masa depan, dalam bentuk mimpinya, bahkan seseorang bisa terbang saat tidur. Dalam hal begitu biasanya disebutnya sebagai firasat. Contohnya seseorang yang ingin dapat jodoh kemudian berdoa kepada Tuhan, ketika tidur tergambarkan melalui mimpi.
  • Saat tidur membantu proses regenerasi dan pertumbuhan badan. Dalam hal ini akan kita bahas lebih lanjut.
  • Dan yang lain bisa ditambahkan kemudian

Minum Air Putih Setelah Tidur

Maaf saya sebutkan air putih tidak air bening karena sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa. Bangun tidur sangat dianjurkan minum air putih atau air bening.

Tujuan minum untuk mengembalikan sebagian energi yang terbuang ketika sedang tidur, bagaimanapun juga saat tidur ada energi yang terbuang. Tidur pun membutuhkan energi.

Mengapa Saat Tidur Bermimpi

Ada orang yang beranggapan mimpi adalah kembang atau bunga tidur. Kembang merupakan salah satu hiasan, sehingga anggapannya mimpi sebagai hiasan tidur.

Namun sebagian orang yang lain akan beranggapan berbeda, mimpi bukan bunga tidur tetapi mimpi dianggap sebagai suatu firasat atau pertanda terhadap sesuatu.

Oleh sebab itulah kemudian banyak beredar buku tentang tafsir mimpi, bahkan ada orang yang kerjanya menafsirkan mimpi.

Mimpi kadang kala merupakan tumpukan persoalan dalam dirinya disaat seseorang sedang terjaga (bangun), yang dibawa ketika sedang tidur. Dengan demikian ketika hendak tidur niatkan istirahat, letakkan apa-apa yang masih ada di pikiran sejenak saja.

Mengatasi ketika Susah Tidur

Ketika tidur suka “klisikan” atau tidurnya terasa susah untuk dilakukannya, atau kalau tidur kurang nyenyak, sedangkan kualitas tidur seseorang sangat diperlukan untuk menghilangkan kepenatan dan keletihan setelah keseharian beraktifitas.

Saran untuk mengatasi ketika seseorang susah untuk tidur yaitu dengan cara seperti yang telah terurai diatas, letakkan semua pikiran dalam otak kita dan niatkan untuk istirahat.

Kalau masih susah juga melepaskan pikiran yang bergejolak atau mungkin karena disebabkan oleh hal lain, misalkan gangguan kesehatan, cobalah pergi ke dokter.

Apabila masih susah juga, Kissparry Weanind pernah mendengar sebuah kisah orang yang susah tidur, disuruhlah orang tersebut ke tempat ibadah, terlebih dikala sedang ada khutbah. Tidak menjamin tetapi biasanya mudah terlelap.

O… kalau begitu datanglah kepada seseorang yang ahli menasehati, bisa jadi di tempat tersebut, bisa terlelap tidur.

Baca juga : Kebiasaan Tidur Setelah Subuh atau Sahur, Apakah Berbahaya? Hilangkan.

sekian dulu, semoga bermanfaat 

by WeanindNews (dari berbagai sumber)
editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.