Agenda

Apa Manfaat Upacara Bendera, Apel Senin Pagi

Kissparry ingin bicarakan manfaat apel pagi atau upacara di hari Senin pagi, yang biasa dilaksanakan hampir diberbagai instansi wilayah di Indonesia, terutama di sekolah-sekolah.

Kebetulan ketika ada kegiatan upacara (apel) Senin pagi, ada yang memotret saya, sedang mengenakan kostum kedaerahan atau pakaian adat, dalam rangka memeringati hari jadi Provinsi Jambi. Pada foto tertulis pukul 09:31 WIB, saat itu pagi 07:30 sedang gerimis sehingga menunggu hingga hujan reda, dan tetap diadakan upacara.

Ada perbedaan antara upacara dan apel, perbedaannya kalau upacara lebih cenderung formal sedangkan apel tidak terlalu formal. Upacara ada pengibaran bendera sedang kegiatan apel bendera sudah terpasang.

Di sini saya tidak akan memasalahkan apel atau upacara, sementara dianggap sama meskipun berbeda, tujuan sama untuk kesiapan kegiatan di hari pertama dalam minggu tersebut, dan menyampaikan pesan-pesan dari pimpinan atau kepala sekolah.

Ada beberapa instansi melaksanakan apel pagi disetiap pagi hari di semua hari kerja, kemudian saat pulang kerja juga ada apel sore pulang kerja.

Untuk instansi atau lembaga yang besar biasanya pimpinan apel (upacara) berganti-ganti, tidak hanya pimpinan tertinggi tetapi pimpinan yang lain juga menjadi pembina apel.

Manfaat Upacara (Apel) Senin Pagi

Manfaat dilaksanakannya kegiatan apel atau upacara di tiap Senin pagi, antara lain sebagai berikut.

  • Sarana silaturahmi diantara sesama warga dalam komunitas (instansi) tersebut. Termasuk perkenalan pimpinan kepada warga di lembaga tersebut, karena untuk lembaga yang besar bila tidak diadakan apel maka kadang antara bagian satu dengan yang lain tidak saling mengenal.
  • Menyampaikan pesan-pesan atau informasi dari pimpinan kepada semua warganya, sehingga saat apel atau upacara memerhatikan pesan apa yang disampaikan oleh pembina apel/upacara.

  • Mengecek kesiapan untuk belajar atau bekerja setelah liburan sekolah atau kantor. Biasanya ajakan untuk semangat belajar atau bekerja satu minggu kedepan.

  • Melatih – membiasakan disiplin dalam keseharian, karena apel atau upacara biasanya tepat waktu, dan melatih keberanian untuk petugas-petugas upacara (apel).

  • Evaluasi kegiatan mingguan, bulanan dari pimpinan terhadap kinerja lembaga (termasuk proses belajar mengajar).

Inilah beberapa manfaat dari dilaksanakannya apel pagi atau upacara Senin pagi, masih ada manfaat yang lainnnya.

Bersyukur

Setiap apel atau upacara di hari Senin pagi yang merupakan hari kerja pertama di minggu tersebut, pesan yang utama disampaikan oleh pembina apel/upacara adalah ajakan selalu bersyukur.

Bersyukur karena telah diberikan rizki oleh Allah yang melimpah ruah terutama kesehatan, dan kenikmatan hidup. Karena orang bekerja ataupun anak-anak yang sekolah merupakan bagian daripada ibadah, dan harus diniatkan dengan ibadah.

Pesan Kebaikan dan Informasi Seputar Kegiatan

Setelah ajakan bersyukur kepada Tuhan, kemudian peserta akan menerima informasi seputar kegiatan, juga pesan-pesan yang bermakna untuk kebaikan dan kemajuan.

Kemudian kegiatan apel atau upacara diakhiri dengan doa.

Sekian 

by Rimbopesat (Jambi)
Editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.