Keterampilan

Tutorial Membuat Akun Google untuk Berbagai Keperluan Daring

Akun (account) adalah tempat untuk mencatat transaksi yang terjadi dalam perusahaan, tetapi bukan ini yang dimaksud, yakni akun yang satunya, akun dalam sistem jaringan utamanya Akun Google.

Untuk ini semua, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar dibenak kita sudah terbayangkan apa-apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah membuat Akun atau Akun Google.

Apa Akun dan Akun Google

Akun Google (Google Account) berfungsi sebagai master info masuk Google yang terdiri atas alamat email dan sandi tunggal. Meskipun mirip dengan info masuk AdSense, Akun Google memungkinkan Anda beralih dengan mudah ke layanan Google mana pun yang berbagi info masuk ini (seperti Grup Google, Gmail, dan Froogle).

Jika telah menggunakan produk tersebut berarti sebelumnya Anda memiliki Google Account. Namun sebaliknya apabila akan menggunakan produk gratis Google, sedang belum memiliki Akun Google, maka terlebih dahulu harus membuat Akun di Google (alamat email dan sandi).

Akun Google

Bahkan Akun Google yang telah kita buat dapat digunakan untuk keperluan mendaftar aplikasi lain seperti facebook, twitter, dan traveloka, juga yang lain. Hanya saja rumah yang berbeda, karena masing-masing aplikasi mempersyaratkan Akun juga.

Apa yang Disiapkan

Persiapan ini bisa ditulis dan dapat juga hanya diangan-angan atau dipikiran saja, tetapi sebaiknya ditulis setelah akun dibuat termasuk sandi (password)-nya.

  • persiapkan nama untuk akun, meskipun nanti Google Akun akan mengajukan alternatif nama kepada Anda. Nama Akun Google akhirannya @gmail.com, misal xxx12@gmail.com.
  • persiapkan kata sandi juga disebut kata kunci atau password. Ingat bahwa sandi harus unik dan mudah diingat oleh diri sendiri dan bersifat rahasia. Catatlah bakal sandi yang akan dibuat dan sandi yang telah dibuat.
  • persiapkan alamat email yang akan digunakan untuk pemulihan bila suatu saat lupa, meskipun demikian kita bisa mengajukan permintaan bila sandi lupa.

Ringkasan Langkah yang Dilakukan

Langkah yang sebaiknya dilakukan untuk membuat Akun Google, diantaranya sebagai berikut.

  1. Pastikan mengerti tujuan membuat Akun Google, bila belum sepenuhnya paham silakan dibaca lagi pengantar tulisan ini. Tujuannya adalah agar Anda dapat menggunakan fasilitas di jaringan internet yang disediakan oleh Google secara GRATIS.
  2. Persiapan nama dan sandi (password), meskipun hanya nama tetapi buatlah nama yang mudah diingat untuk diri sendiri dan orang lain, kalau sandi cukup Anda saja karena sandi bersifat rahasia.
  3. Google Akun akan meminta verifikasi atau konfirmasi melalui media SMS atau lainnya, persiapkan nomor HP yang aktif untuk mengirim pesan konfirmasi dari Google Akun.
  4. ketik URL dengan google.com atau google.co.id, biasanya Google akan otomatis tersambung ke area terdekat dengan Anda melalui deteksi IP yang digunakan.
  5. Pilih daftar menu seperti gambar dibawah ini, kemudian pilihlah Akun Google
  6. Ikuti langkah yang ditayangkan oleh Google Akun hingga selesai.

Setelah langkah tersebut dijalankan semua dan selesai maka Anda sudah mempunyai Akun di Google.

Pengertian

Apa itu URL? yaitu kependekan dari Uniform Resource Locator atau Lokator Sumber Seragam, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. Dapat juga disebut untuk mengetikkan alamat web.

Apa itu Daring? yaitu kependekan dari Dalam jaringan atau Internet atau Online. Lawan kata Daring adalah Luring (Luar jaringan) atau offline, dulu juga dikenal dengan manual.

Apa itu Password? yaitu asal kata dari pass dan word bisa diartikan tiket dan kata, atau kata kunci, atau sandi yang digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi di internet.

Layanan Google Gratis

Macam-macam layanan Google kebanyakan gratis, disamping itu juga ada yang berbayar. Layanan Google yang gratis

Menu Layanan Google Grup — GRATIS
  1. Telusur, untuk menelusuri berita dan gambar, termasuk peta
  2. Maps, untuk mengetahui peta suatu wilayah, dengan Maps pula kita akan ditunjukkan tentang arah yang disebutkan melalui peta. Gojek – Grab bekerja sama dengan Google Maps
  3. YouTube, untuk memutar film, animasi, dan lainnya (hampir semua pengguna HP Android atau OS lainnya kenal YouTube).
  4. Berita, informasi di seputar Anda
  5. Mail, untuk mengirim pesan elektronik, menerima pesan, juga dikenal surat elektronik (surel).
  6. Kontak, menyimpan daftar kontak teman Anda, sehingga tidak perlu khawatir apabila HP Anda disambungkan dengan Google, daftar kontak akan masuk, ketika dijalan lupa tidak bawa HP untuk mencari kontak bisa buka Google Kontak.
  7. Drive atau Google Drive, fasilitas ini digunakan untuk menyimpan semua dokumen elektronik Anda, bukan dari komputer saja, seperti foto, dokumen kepegawaian, ijazah dapat disimpan di Drive.
  8. Kalender, untuk menyimpan rencana jadwal kegiatan harian. Kalender Google dapat mengingatkan anda untuk jadwal terdekat.
  9. Google+, konten ini akan dinonaktifkan bahkan dihapus 4 April 2019.
  10. Terjemahan, untuk menerjemahkan artikel dalam berbagai bahasa di di dunia. Membantu menerjemahkan dan anda bisa menyarankan kalimat terjemahan yang sesuai bila ada yang kurang.
  11. Foto, ini sebenarnya hapir sama dengan Google+ tapi khusus menyimpan dokumen foto.
  12. Blogger, fasilitas untuk membuat blog secara gratis
  13. Hangouts, fasilitas untuk percakapan jarak jauh tampak wajah dengan dukungan kamera.
  14. dan masih banyak lagi.

Dengan berbekal pengetahuan ringkas diatas kiranya sudah tergambarkan mengapa harus membuat Akun Google. Tidak harus membuat akun yaitu Google Terjemahan, Google Maps, YouTube, Telusur, dan juga Peramban yaitu Google Chrome atau dikenal Chrome saja.

Baca Juga : Tutorial Menggunakan Google Drive dan Cara Menyiapkannya (HP Android dan Laptop),
artikel ini ada karena kissparry.com menyediakan unduhan Alquran 30 juz di Google Drive.

Membuat Akun Google

Sekarang kita berada pada bahasan utama bagaimana membuat Akun Google yang sebenarnya sangat mudah, hanya karena belum terbiasa kadang takut keliru. Jika dianggap keliru bisa bikin lagi akun yang baru.

  • Buka atau ketik google.com atau google.co.id, lihatkan gambar dibawah ini (pada Telusuri atau ketik alamat web)
Fasilitas tampilan pada Android
Tampilan pada desktop atau laptop, contoh menggunakan peramban Chrome (produk Google juga)
  • klik atau pilih daftar menu, lihat gambar dibawah
Google Grup
  • Pilihlah menu Akun Google dengan meng-klik-nya, kemudian karena baru maka pilih menu berikutnya Buat Akun Google. Apabila Anda telah membuat atau telah memiliki Akun Google pilih menu Masuk.
  • setelah memilih menu Buat Akun Google langkah selanjutnya mengikuti saja, termasuk arahan atau bantuan dari Google.
Formulir mulai membuat Akun Google

Isian formulir Nama Depan dan Nama Belakang (bila hanya satu kata nama Anda bisa ditambah nama panggilan, nama marga, nama ayah, dan lainnya, bisa juga nama organisasi tertentu.

Misal diisi Nama Depan : Kang sedang Nama Belakang: Kissparry

Nama Pengguna, adalah nama yang akan digunakan untuk masuk-keluar aplikasi, juga bisa diperkenalkan kepada orang lain telah menggunakan Akun Google dengan akhiran @gmail.com.

Diisi sesuai yang disarankan oleh Google, contoh kissparryk @gmail.com

Apabila dari awal anda membuka google.co.id maka akhiran nama pengguna anda akan @google.co.id

Nama sudah disarankan oleh Google, hal ini terkait dengan penggunaan nama yang kembar dengan akun orang lain, karena Google melayani seluruh dunia.

Perhatikan pengisian Sandi dan Konformasi, setelah mengisi Sandi misalnya ariyemOk2019 dikolom konformasi juga diisi dengan tulisan yang sama sebagai konfirmasi.

Tanda mata terbuka disamping kiri digunakan untuk mengetahui huruf yang sedang diketik bisa dilihat, dan supaya tidak tampak lakukan dengan meng-klik sekali maka tanda mata itu akan dicoret.

  • Lanjutkan langkah selanjutnya, silakan mengisi Nomor telepon (optional) artinya boleh tidak mengisi, kemudian Alamat email pemulihan (optional) ini digunakan untuk memulihkan apabila suatu saat lupa Sandi, optional berarti boleh diisi dan boleh dilompati tidak diisi. Tanggal lahir Anda dan Jenis Kelamin.

Untuk jenis kelamin bila tidak menghendaki pilih saja tidak ingin memberi tahu.

  • Verifikasi no. telp. digunakan untuk mengirim kode verifikasi 6 digit ke nomor HP yang diinginkan, dan Google akan mengirim SMS. Setelah diisi klik Kirim. Pilihan selain dikirim berarti menggagalkan pembuatan Akun Google anda.
Formulir Verifikasi no. telp.

Beberapa saat kemudian Google akan mengirim kode verifikasi ke nomor HP anda, maka ketik kode itu dan klik Verifikasi.

Setelah ini akan dapat konfirmasi peningkatan layanan dengan memasukkan nomor HP anda, untuk ini tadi didepan nomor HP yang optional sudah diisi — pilih mana yang diinginkan, boleh LEWATI.

Langkah terakhir membuat Akun Google
  • Langkah terakhir membuat Akun Google adalah menyetujui Privasi dan Persyaratan, dengan cara gulung layar anda hingga ketemu Batal atau Saya Setuju. Disini saya contohkan memilih Saya setuju.

Google memberikan ruang 15 GB (GegaByte) untuk menyimpan layanan Google, seperti Gmail dan foto, juga dokumen lainnya

Pembuatan Akun Google sudah selesai.

Baca Juga : Tutorial Mengirim eMail – Surat Elektronik dengan Gmail Google, Gratis — sedang kami siapkan

Baca Juga : Tutorial Menggunakan Google Drive dan Cara Menyiapkannya (HP Android dan Laptop)

Semoga bermanfaat.

Kissparry
Editor: EswedeWea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.