Berita Utama

Tutorial Mengirim eMail – Surel dengan Gmail Google

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa layanan dari Google banyak yang GRATIS tanpa biaya termasuk email (elektronic mail, surat elektoronik, surel) ini.

Sebelum kita membahas cara mengirim, menerima, menyimpan, meng-arsip, menghapus eMail mari kita tengok manfaat Surel itu.

Manfaat  eMail – Surel

Ada banyak manfaat dengan penggunaan eMail, mari sekilas kita tinjau manfaat dari eMail atau Surel (surat elektronik)

  1. Lebih praktis, dalam mengirim dan menerima surat, namun syaratnya harus menggunakan jaringan komputer atau online
  2. Konsep surat bisa langsung diketikkan pada formulir ataupun dengan cara dikonsep terlebih dahulu.
  3. Surat Lampiran atau lampiran surat bisa disertakan, apabila lampiran yang disertakan besar filenya melebihi batas batas maka akan disimpan ke Drive.
  4. Dalam hitungan menit bahkan detik surat elektronik langsung diterima oleh alamat tujuan, alamat tujuan menggunakan Akun Google atau Akun lainnya yang digunakan oleh penerima, misal @yahoo.com, @yahoo.co.id, dan lain sebagainya.
  5. Dokumen penting dari email bisa langsung dimasukkan (disimpan) ke dalam Drive.

Masuk ke Akun Google

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengirim atau membaca eMail (Surel) yaitu masuk atau Login melalui Akun Google.

Kalau belum bisa silakan membaca, Tutorial Masuk – Login ke Akun Google Caranya Sederhana, sebentar Google akan meminta Anda untuk Login atau Masuk dengan akun yang dimiliki

  • Ketik URL: google.com atau google.co.id
  • Pilih Menu atau Klik Menu Google, kotak kecil sebanyak 9 tiitik samping kanan.
Tampilan ketika di ketik alamat dengan google.com

Cara lain dari keduanya diringkas dengan mengetik URL: gmail.com atau gmail.co.id, namun tampilannya akan berbeda.

Tampilan dengan mengetik alamat web (URL) dengan Gmail.com
  • Klik Masuk —
  • ketiklah akun atau alamat email yang telah dibuat, dan ketik Sandi (password), apabila lupa Sandi Anda bisa mengajukan pemberitahuan Lupa Sandi – dibahas waktu yang lain –
  • ketiklah nama Email pengguna, misal alamat email baru yang telah dibuat sebelumnya: kissparryk@gmail.com
  • Sandinya : ariyemOk2019
  • klik Berikutnya
Saya lupa sandinya — diminta Masukkan sandi Anda (ulangi)

Ternyata saya lupa sandi yang telah saya buat atau salah ketik saja, akan saya ulangi. Tanda mata boleh dinyalakan agar ketikan kita terlihat, jadi tahu salahnya dimana, atau memang benar-benar lupa, oleh sebab itu saran Kissparry agar password atau Sandi dicatat untuk berjaga-jaga kalau tidak ingat.

Sudah salah tiga kali, sekarang buka catatan agar segera bisa masuk ke Gmail atau menggunakan fasilitas layanan Google yang lainnya.

Google Grup

Setelah berhasil maka Anda klik Menu Google (lihat gambar), lalu pilih Gmail, ini langkah menggunakan URL google.com, apabila menggunakan URL gmail.com tampilan langsung ke Gmail.

Bila telah keluar dari Google dan akan masuk kembali, silakan lakukan seperti yang pernah kita bahasa. Jika nama anda tidak masuk dalam daftar pilihan akun, pilihlah Gunakan akun yang lain.


Baca Juga :


Menggunakan Gmail

Langkah yang pertama setelah MASUK ke Google Akun dengan Akun Google yang dimiliki, langkah selanjutnya mengklik Menu (tanda 9 kotak kecil), pilihlah Gmail, setelah ini Gmail akan terbuka.

Pengguna pertama harus melakukan langkah yang dianjurkan oleh Gmail

  • Pilih Gmail, masuk melalui Google.com atau langsung masuk Gmail kalau menggunakan URL Gmail.com

Ikuti langkah ini hingga muncul Gmail

Penyelesaian untuk persiapan usahakan hingga 100% terpakai, 1) Pelajari cara menggunakan Gmail 2) dan seterusnya ikuti menu itu sampai dengan mengganti Profil Anda.

Termasuk juga Pilih tema, kita bisa menghiasi Gmail dengan tema yang kita inginkan.

Impor kotak email tetap di klik, tapi kalau belum punya dikembalikan saja, langkah selanjutnya Ubah Foto Profil, bila diperlukan silakan dilakukan, dan Gmail telah siap dengan selesainya persiapan.

Persiapan Gmail telah selesai – (100%)

Saat persiapan selesai hingga Anda merubah profil, Gmail akan memberikan notifikasi Selamat, Anda sudah siap!. Langkah persiapan ini sebenarnya bisa anda lewati.

Menu Gmail

Perhatikan menu disamping kanan atau kiri menurut penglihatan kita, ada Tulis, Kotak Masuk, Berbintang, Ditunda, Terkirim, Draft, Selengkapnya. Masing-masing dari menu tersebut memiliki fungsi yang berbeda, dan fungsi ini sudah dapat ditebak atau diketahui sekilas dari judulnya.

  • Tulis, digunakan untuk menulis naskah surat beserta lampiran bila ada
  • Kotak Masuk, berisi kiriman surat elektronik (email) dari orang lain ke alamat emal Anda
  • Berbintang, dengan menu ini kita bisa memberi tanda khusus (bintang) untuk email kita agar lebih mudah ditemukan kembali.
  • Ditunda, kita bisa menyetel pengiriman sebuah email dengan menjadwalkan kemudian (ditunda)
  • Draft, untuk menyimpan email yang dibuat sebagai draft atau konsep sebelum sebuah email dikirim kepada alamat email tujuan, termasuk saat anda mengetik surat kemudian ditinggalkan karena ada kesibukan lain, maka konsep surat Anda dengan sendirinya masuk ke draft

Menulis eMail (Surel)

Pilih menu Tulis dengan mengkliknya, lalu akan muncul area menulis surat. Namun sebelum menulis surat Anda diminta mengisi alamat email tujuan yang akan dikirimi surat, termasuk tembusan (cc) atau (bcc) bila ada.

Formulir untuk menuliskan surat (email)

Perhatikan tampilan diatas, meninggalkan layar saat mengetik email akan menyebabkan tulisan masuk ke Draft, untuk melanjutkan klik pada draft tersebut.

Penerima atau Kepada, merupakan alamat tujuan yang akan dikirimi email, bukan nama sebutan tetapi alamat email-nya. Misal: suwardiwea@gmail.com. Dibaris penerima terdapat cc atau tembusan, jadi email kita bisa diteruskan ke alamat lainnya. Misal : sukseswdi@yahoo.com.

Tujuan pengiriman bisa lebih dari satu alamat tujuan, cara menuliskannya dipisahkan dengan tanda koma.

Subjek, merupakan ringkasan isi atau maksud dari email tersebut, usahakan jangan dikosongkan, karena ini merupakan identitas surat yang kita kirim. Misal: Minta dikoreksi artikel baru beserta lampiran.

Menulis disini seperti menulis surat biasa, contoh: isi surat ada dibagian fomulir ketikan.


Ykh
Eswede Wea

Assalamu’alaikum war wab, dengan hormat, kami kirimkan konsep artikel untuk dapat diterbitkan di kissparry.com berserta lampiran.

  1. artikel sudah ada dikonsep online
  2. foto kami sertakan untuk insert teks biar jelas
  3. mohon segera dikoreksi, juga yang di draft

Terima kasih atas kerja samanya.
Wassalam

Tim kissparry.com


Perhatikan tombol dibaris bawah formulir ketikan yaitu Kirim, huruf A, klip, link, emoji, Drive, foto.

Kirim, tombol untuk mengirim pesan yang telah diketik
A, tombol permormatan tulisan
klip, untuk tombol memberi file lampiran
link, menghubungkan dengan artikel lain
emoji, sisipkan gambar-gambar emoji
drive, menyisipkan dari dokumen di Drive
foto, menambahkan foto

Menu “A” apabila diklik akan muncul seperti kembali maju dan mundur, jenis huruf yang digunakan, besar kecil huruf, hurub tabal (B), huruf miring (I), memberi garis bawah U, dan A lagi untuk memberi warna, perataan, dan daftar bernomor, yang paling pojok menu lainnya.

Untuk tulisan bernomor angka 1, 2, dan 3 seperti pada contoh menggunakan format daftar bernomor.

Menyertakan lampiran silakan klik tanda klip, kemudian pilih lampiran yang akan disertakan. Cara lain mengambil lampiran dengan menyeret file yang akan dilampirkan.

File lampiran di folder lain langsung bisa di seret ke tanda klip untuk dilampirkan. Kecilkan layar Anda untuk memudahkan menyeret (copy) ke lampiran.

Surat sudah diketik, lampiran sudah disertakan, link juga sudah disambungkan, sekarang tinggal mengirim — dengan klik KIRIM — maka surat kita sudah terkirim.

Untuk menyambungkan atau menghubungkan artikel di web dengan surat, kita harus tahu alamat (URL) dari artikel, caranya mudah buka artikel kemudian copy nama URL-nya yang tercantum dibaris perintah.

Diri sendiri boleh dapat tembusan surat yang dikirim untuk memastikan bahwa surat telah terkirim, dan jangan sampai salah menuliskan alamat tujuan.

Mengecek Surat Terkirim

Setelah mengirim surat, jangan langsung tutup atau meniggalkan Gmail, dan sebaiknya dicek terlebih dahulu untuk memastikan surat telah terkirim dengan baik.

Caranya mudah saja, yaitu klik menu Terkirim, kemudian lihatlah melalui subjek surat kiriman Anda, inilah perlunya memberi subjek surat.

Dari dua model tampilan dilayar Gmail, sebuah email yang dikirim telah terkirim ke alamat tujuan, bisa dipastikan terkirim, email tersebut di buka, apabila alamat tujuan salah atau tidak dikenal akan diberi tahu oleh Gmail.

Kita harus bisa membedakan benar dikirim dan benar alamat, atau benar dikirim tapi salah alamat, kita percaya saja sama Gmail, harus benar dan benar, bukan benar tapi salah.

Email yang dikirim benar telah terkirim dan mungkin sudah sampai, karena untuk sampai terkirimnya email tidak butuh berjam-jam, hanya hitungan detik atau menit. Sehingga kalau email seharian belum sampai ditujuan, perlu dicek kembali apakah alamat sudah ditulis dengan benar.

Kissparry.com dengan warna biru bergaris bawah itu berarti tersambung dengan web kissparry.com tanpa perintah link, sedang klik disini juga berwarna biru dan bergaris bawah berarti link-nya bisa diklik, dengan catatan URL-nya benar.

Dua lampiran yang disertakan dalam surat tersebut juga tertera dibagian bawah sebagai lampiran (2 lampiran), perhatikan tombol di samping kiri lampiran ada panah ke bawah dan segitiga. Panah blog tebal dengan gairs bawah berarti tombol mengunduh lampiran sedang Segitiga itu simbol dari Drive, untuk memasukkan lampiran ke dalam Drive kita.

Untuk menutup layar ini, dibagian atas ada tanda silang, silakan di klik, atau tanda panah ke kiri pojok kiri atas untuk kembali.


Baca Juga :
Tutorial Menggunakan Google Drive dan Cara Menyiapkannya (HP Android dan Laptop)


Keluar dari Gmail

Untuk mengakhiri dan keluar dari Gmail silakan keluar dengan cara klik di gambar profil di pilih Keluar.

Meskipun demikian, Anda boleh tidak mengklik KELUAR, karena dengan klik Keluar atau Logout akan mengeluarkan dari semua kegiatan Akun yang terbuka, sehingga CUKUP DISILANG SAJA, sementara Akun Google tetap aktif.

Membaca Balasan dan Membalas eMail

Apabila Google sedang tidak aktif, untuk membaca atau mengecek balasan email yang masuk, langkah yang dilakukan yaitu LOGIN atau MASUK ke layanan Google. Pilihan akun tidak ada — Gunakan akun yang lain

Sudah memeroleh email balasan dari suwardiwea@gmail.com, perhatikan Kotak Masuk ada 1 surat, isi surat balasan silaka dibaca dengan cara mengklik di judul / subjek balasan

Simbol panah balik Balas digunakan untuk membalas email yang masuk, sedangkan panah kanan Teruskan digunakan untuk meneruskan surat yang masuk.

Maksudnya bagaimana? Jika kita akan membalas email yang masuk dengan cara klik BALAS, sedangkan apabila email tersebut akan diteruskan ke orang lain maka klik TERUSKAN.

Setelah selesai menggunakan Gmail boleh keluar atau tanpa tombol keluar, karena dengan Keluar berarti akan keluar dari seluruh layanan Google.

Sekian

by Kissparry
Editor: EswedeWea

Iklan

Kategori:Berita Utama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.