Tutorial Mengirim eMail – Surel dengan Gmail Google

Mengecek Surat Terkirim

Setelah mengirim surat, jangan langsung tutup atau meniggalkan Gmail, dan sebaiknya dicek terlebih dahulu untuk memastikan surat telah terkirim dengan baik.

Caranya mudah saja, yaitu klik menu Terkirim, kemudian lihatlah melalui subjek surat kiriman Anda, inilah perlunya memberi subjek surat.

Dari dua model tampilan dilayar Gmail, sebuah email yang dikirim telah terkirim ke alamat tujuan, bisa dipastikan terkirim, email tersebut di buka, apabila alamat tujuan salah atau tidak dikenal akan diberi tahu oleh Gmail.

Kita harus bisa membedakan benar dikirim dan benar alamat, atau benar dikirim tapi salah alamat, kita percaya saja sama Gmail, harus benar dan benar, bukan benar tapi salah.

Email yang dikirim benar telah terkirim dan mungkin sudah sampai, karena untuk sampai terkirimnya email tidak butuh berjam-jam, hanya hitungan detik atau menit. Sehingga kalau email seharian belum sampai ditujuan, perlu dicek kembali apakah alamat sudah ditulis dengan benar.

Kissparry.com dengan warna biru bergaris bawah itu berarti tersambung dengan web kissparry.com tanpa perintah link, sedang klik disini juga berwarna biru dan bergaris bawah berarti link-nya bisa diklik, dengan catatan URL-nya benar.

Dua lampiran yang disertakan dalam surat tersebut juga tertera dibagian bawah sebagai lampiran (2 lampiran), perhatikan tombol di samping kiri lampiran ada panah ke bawah dan segitiga. Panah blog tebal dengan gairs bawah berarti tombol mengunduh lampiran sedang Segitiga itu simbol dari Drive, untuk memasukkan lampiran ke dalam Drive kita.

Untuk menutup layar ini, dibagian atas ada tanda silang, silakan di klik, atau tanda panah ke kiri pojok kiri atas untuk kembali.


Baca Juga :
Tutorial Menggunakan Google Drive dan Cara Menyiapkannya (HP Android dan Laptop)


Keluar dari Gmail

Untuk mengakhiri dan keluar dari Gmail silakan keluar dengan cara klik di gambar profil di pilih Keluar.

Meskipun demikian, Anda boleh tidak mengklik KELUAR, karena dengan klik Keluar atau Logout akan mengeluarkan dari semua kegiatan Akun yang terbuka, sehingga CUKUP DISILANG SAJA, sementara Akun Google tetap aktif.

Membaca Balasan dan Membalas eMail

Apabila Google sedang tidak aktif, untuk membaca atau mengecek balasan email yang masuk, langkah yang dilakukan yaitu LOGIN atau MASUK ke layanan Google. Pilihan akun tidak ada — Gunakan akun yang lain

Sudah memeroleh email balasan dari suwardiwea@gmail.com, perhatikan Kotak Masuk ada 1 surat, isi surat balasan silaka dibaca dengan cara mengklik di judul / subjek balasan

Simbol panah balik Balas digunakan untuk membalas email yang masuk, sedangkan panah kanan Teruskan digunakan untuk meneruskan surat yang masuk.

Maksudnya bagaimana? Jika kita akan membalas email yang masuk dengan cara klik BALAS, sedangkan apabila email tersebut akan diteruskan ke orang lain maka klik TERUSKAN.

Setelah selesai menggunakan Gmail boleh keluar atau tanpa tombol keluar, karena dengan Keluar berarti akan keluar dari seluruh layanan Google.

Sekian

by Kissparry
Editor: EswedeWea

Satu komentar pada “Tutorial Mengirim eMail – Surel dengan Gmail Google”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.