Galeri Kenangan Hiburan dan Wisata Jawa Tengah Kenangan Masa Wisata Alam Wisata Keluarga

Ketep Pass, Menikmati Keindahan Alam Pegunungan, Sawangan Magelang

Sawangan, salah satu pondok pesantren modern terkenal ada di sini, Pondok Modern Gontor 6 ‘Darul Qiyam’. Karena inilah dahulu Kissparry Weanind Semarang sering mengunjungi Ketep Pass, yang sudah berubah.

Tidak sesering banget sih ke Ketep Pass-nya, yang sama-sama berada di Kecamatan Sawangan Kab. Mangelang ini, dulu seperti itu dan sekarang sudah jauh berbeda dengan Ketep Pass yang berbenah. Tetapi ke Gontor 6 Darul Qiyam di Sawangan ini hampir setiap bulan sekali.

Bahkan ketika meletus Gunung Merapi tahun 2010 itu seluruh santri di Pondok Gontor 6 ini dipulangkan, sedang untuk kelas 6 dipindah ke Gontor 1 ‘Darussalam’ Ponorogo.

Ketep Pass menjelang ‘Bedug’ atau tengah hari, suasana mendung berkabut 2018-11 Keluarga Kissparry

Berbicara mengenai Ketep Pass, sudah banyak sekali informasi yang beredar di layanan daring, tetapi Kissparry kali ini menyajikannya dalam kisah yang berbeda, selain untuk kenangan juga ingin mengemukakan beberapa sisi mengenai Ketep Pass.

Teman Kissparry yang aslinya dari Sawangan sudah ratusan kali ke Ketep Pass, malah katanya sih ribuan kali (tapi saya tulis ratusan saja), jangan-jangan ribuan tapi hanya lewati saja, karena memang rumahnya dekat Ketep Pass, bahkan saudaranya ada yang jualan. Orang sekitar dapat dikatakan masuk ke lokasi ini dengan gratis. Namun, temanku itu ketika diajak ke Ketep Pass tetap saja mau berangkat.

Perjalanan ke Ketep Pass

Ketep berada di ketinggian 1200 mdpl, dapat dijangkau dengan mobil besar, baik bus sedang maupun bus yang ukuran lebih besar. Untuk bus sedang (kecil) dapat melalui berbagai jalur. Rekomendasi mobil bus sedang.

Dari arah Boyolali ke timur (Solo Raya) melalui Kec Selo (selo ning gunung Merapi lan Merbabu), ya berarti direkomendasikan bus benar-benar mumpuni didaerah tanjakan, bila tidak mumpuni jangan lewat Selo. Untuk mobil roda empat atau motor roda dua boleh saja.

Bisa melalui Kopeng seperti yang dari arah Salatiga, karena tanjakan-tanjakan jalan tidak seheboh di jalur Selo.

Dari arah barat dari Yogyakarta, Magelang silakan melalui Blabak Muntilan, lokasi ini terletak di Jl. Blabak – Boyolali KM.16 Ketep Pass, Desa Ketep, Kec Sawangan, Kab Magelang. Sebaiknya armada bus melalui jalur ini.

Jarak dari kota terdekat dengan Ketep Pass menurut alur jalur lalu lintas. Dalam pencatatan jarak memulai dari alun-alun kota tersebut, bukan NOL kilometernya, sedang yang bukan kota diambil jarak rata-rata atau dari Kantor Desa/Kelurahan.

  • dari Selo Boyolali, 16 km (30 menit), dan Boyolali 36 km (75 menit), Klaten berjarak 60 km (105 menit), dari Solo 62 km (120 menit), dan dari Sukoharjo 73 km (130 menit), sedang yang lain menyesuaikan. Untuk yang dari Solo, Kartasura bisa melalui Jalan Tol dan keluar tol Salatiga, jalan yang dilalui berubah lewat Kopeng.
  • dari Kopeng, 17 km (35 menit), dan dari Salatiga 33 km (65 menit). Ada beberapa yang dari Semarang memilih melalui Kopeng, seperti teman saya, lewatnya Tol keluar Bawen.
  • dari Mungkid (Blabak), 17 km (30 menit), dan dari Kota Magelang 27 km (50 menit), Temanggung 50 km (110 menit), Candi Borobudur Kab. Magelang 28 km (45 menit), Taman Kyai Langgeng Magelang 29 km (55 menit). Dari Yogyakarta 53 km (130 menit) bisa melalui Muntilan lebih dekat untuk kendaraan kecil.
  • dan yang tidak disebut disini silakan menyesuaikan

Jam Buka dan Harga Tiket 2019

Setiap hari buka mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 17.00 (jam lima sore), dengan harga tanda masuk atau tiket terakhir (Desember 2018) dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu hari biasa dan hari libur atau Minggu.

Loket ada di pintu masuk parkir, sedang dahulu parkir ditarik sendiri dan loket masuk ditarik sendiri, loket didalam gedung utama. Sehingga dulu datang saja parkir tidak masuk lokasi bisa, karena loket ada di gedung, namun sekarang begitu masuk kawasan parkir sudah bayar.

Kissparry dahulu sering berkunjung ke tempat ini bahkan parkir saja tidak bayar, karena parkir ada disisi timur, tapi sekarang parkir motor ada di sisi barat yang sisi timur untuk mobil, sehingga masuk area langsung bayar tiket yang letaknya di pintu gerbang.

HTM Ketep Pass
  • Hari biasa (selain Minggu dan Libur), sebesar Rp 10.000,- perorang
  • Hari Minggu dan hari libur, sebesar Rp 12.500, perorang
  • Tiket wisatawan mancanegara (hari biasa) Rp 50.000,- perorang dan hari libur Rp 60.000,- perorang, ini berlaku untuk seluruh obyek yang ada, ditambah 1 botol softdring (update 2019)
  • yang paling menarik untuk rombongan lebih dari 30 orang diberi potongan 10% (update 2019)

Tiket masuk tidak membedakan wisatawan domestik atau wisatawan asing. Sedang untuk parkir motor mobil.

  • Parkir motor Rp 2.000,-
  • Parkir mobil Rp 5.000,-
  • Parkir bus kecil Rp 10.000,- (update)
  • Parkir bus besar Rp 15.000,- (update)

(untuk bus kecil dan suttle mengikuti *** lihat update)

  • Tiket Ketep Vulcano Theatre Rp 9.000,- / orang
  • Sewa teropong sekali pakai Rp 5.000, / buah

Area dan Alokasi Waktu

Area Ketep Pass sekitar 8000 m2 atau 8 hektar ini merupakan daerah berbukit dengan 2 (dua) pintu masuk, sebut saja gerbang barat dan gerbang timur

Sebaiknya menyediakan waktu cukup untuk kunjungan Anda di Ketep Pass, minimal 90 menit (1,5 jam) dan dapat lebih dari itu, karena menikmati pemandangan alam tidak perlu tergesa-gesa.

Terlebih bersama buah hati Anda, jangan lewatkan setiap sudutnya dengan mengabadikannya, diarea sekitar 8 ha tersebut.

Pesona Alam Ketep Pass

Kita sudah dapat membayangkan bagaimana suasana di Ketep Pass yang tidak jauh dari gunung Merapi ini. Ketep Pass yang memiliki ketinggian dari permukaan laut 1200 meter ini sudah tentu pesona alamnya sangat menarik untuk di nikmati.

Di tempat ini apalagi jika tidak keadaan mendung, dengan menyewa sebuah teropong seharga Rp 5000,- maka pemandangan alam yang indah itu bisa didepan mata.

Namun demikian dengan ketinggian 1200 mdpl, biasanya dibawah terang benderang sedang di Ketep Pass boleh jadi turun hujan, seperti ketika Kissparry beserta rombongan belum lama berwisata di tempat ini. Hujan turun di Ketep dan ketika perjalanan turun sampai Sawangan tidak terjadi hujan.

Ketep Pass diambil dari sisi barat

Lokasi yang biasa digunakan untuk pengambilan gambar adalah pelataran yang ada di Ketep Pass ini. Bila cuaca bagus tanpa mendung ataupun kabut, kita bisa melihat setidaknya ada 5 gunung besar yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet.

Gaya ibu-ibu ini beda, di Pelataran (Pancaarga), Ketep Pass

Terkadang kunjungan Anda ke Ketep Pass tidak beruntung karena cuaca mendung dan berkabut, meskipun begitu kita tetap dapat menikmati suasana di Ketep Pass dengan rileks tanpa memeroleh gambar latar belakang gunung, dan kita masih dapat mengambil gambar-gambar ditempat ini yang lainnya.

Berpose didepan prasasti peresmian Ketep Pass oleh Presiden Megawati, lokasi ada disisi barat depan Ketep Vulcano Theatre

Prasasti peresmian Ketep Pass berada di depan Ketep Vulcano Theatre dengan latar belakang Gunung Merapi (sayangnya mendung dan berkabut, padahal baru pukul 11.00).

Umi Iin dan AW Berpose di Gazebo gardu pandang sisi ujung barat di Ketep Pass, bila cuaca bagus latar belakang Gunung Sindoro, Sumbing dan Slamet bisa didapat.

Arena Bermain Ringan

Arena ini ada di sisi barat bagian bawah menuju tempat kuliner khas pegunungan. Tidak begitu banyak, namun lokasi 8 ha (8000 m2) ini sudah mulai dimanfaatkan hampir seluruhnya, karena saat kunjungan ini masih tampak pembangunan sarana prasarana berlangsung.

Arena bermain sederhana di Ketep Pass sisi barat bawah

Aneka Kuliner Khas Pegunungan

Jangan lupa jagung bakar dicoba sambil santai menikmati pemandangan diarea ini.

Warung-warung (36 lapak) penjaja makanan dan minuman khas pegunungan di Ketep Pass area bawah

Menariknya di tempat ini, kalau Anda minta minum air jeruk panas atau teh panas, maka kita akan dapatkan minuman yang benar-benar panas, beda ketika berada di warung sekitar bawah atau disekeliling kita. Seperti Kissparry Weanind pesan jeruk anget, wow… dapatnya jeruk panas banget… seger.

Bila tidak terbiasa minum panas, coba ditunggu sejenak agar sedikit lebih kurang panasnya, karena didaerah pegunungan air yang panas itu cepat menjadi hangat atau dingin

Menyantap jagung bakar disanding kopi kental dan mie rebus instan di Ketep Pass – Foto: Jelita – Cha Cha – Alif AW

Aneka makanan tersedia disini tinggal pilih, diwarung yang menyediakannya, dan paling mudah soto ayam. Lagi-lagi, disini soto yang dipesan dapat panas banget itu kuahnya, pun porsinya juga lumayan khas kampung, banyak banget.

Oleh sebab itu ketika pesan makanan disini agak bersabar, bila harus menunggu semua tersaji serba panas, mak nyoss….. Kami kira soto yang paling mudah, tapi ternyata semua tersaji panas dan harus menunggu.

Soto ayam panas, khas Ketep Pass, dan wedang jeruk panasnya

Jangan lupa juga mencoba jagung bakarnya, meskipun jagung dimana di Indonesia pasti seperti itu rasanya, tetapi ketika dinikmati di lereng bukit rasanya jadi lebih jreng…

Area Ketep Pass

Agar tidak terlewatkan dalam kunjungan rekreasi wisata di Ketep Pass, perlu kami sampaikan seputar area Ketep Pass.

Pintu Gerbang Loket dan Parkir

Pintu gerbang ada dua Pintu Timur dan Pintu Barat, loket untuk membeli karcis (tiket) masuk berada di pintu timur Loket 1 dan Loket 2. pintu gerbang barat juga ada loketnya Loket 3.

Loket 1 dan Loket 2 untuk pengunjung kendaraan roda empat atau lebih, namun juga melayani pengunjung perorangan, sehingga parkir timur diperuntukkan bagi pengunjung menggunakan mobil.

Loket 3 (temporer) untuk pengunjung kendaraan roda dua atau motor, sehingga parkir motor ada di pintu barat, namun loket ini juga melayani pengunjung.

Pintu timur dan halaman parkir timur, obyek terdekat adalah tulisan KETEP PASS yang biasa dipakai untuk mengabadikan kunjungan selama di Ketep Pass, Mushola, dan gedung Ketep Vulcano Center.

Pintu barat dan halaman parkir barat, obyek terdekat Pelataran barat, Ketep Vulcano Theatre.

Ketep Vulcano Center

Gedung ini bentuknya bulat, memuat informasi beserta dokumentasinya seputar gunung terutama Gunung Merapi, waktu letusan (sejarah letusan), pejabat negara yang bekunjung, sebaiknya pengunjung menelusuri satu persatu gambar yang ada.

Disini terdapat gambar Puncak Garuda yaitu puncak Gunung Merapi yang bisa dijadikan untuk selfi (swafoto seolah berada di puncak Merapi).

Maket Gunung Merapi juga ada disini, dan pengunjung dapat mencoba tombol-tombol simulasi keadaan Merapi.

Bagian luar – pintu masuk gedung Ketep Vulcano Center, Ketep Pass, Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang

Foto model baru, dengan membelakangi kamera, pura-pura akan membersihkan bebatuan yang ada.

Ruang Gedung Vulcano Centre seharusnya juga menjadi tujuan wisata ditempat ini, tetapi kami amati, ketika melihat pemandangan dengan latar belakang tulisan KETEP PASS, sudah lupa ruangan dalam gedung Vulcano Center.

Puncak Garuda Gunung Merapi di Vulcano Center Ketep Pass

Setelah puas berada di Vulcano Center, kemudian keluar mengitari Gunung Merapi menuju Pelataran pandang, yang juga dikenal dengan Pelataran Pancaarga.

Pelataran Pancaarga

Pelataran atau halaman Pancaarga terletak di lokasi paling puncak di Ketep Pass, diatas Vulcano Centre dan Vulcano Theatre. Di pelataran inilah kita bisa melihat gunung-gunung disekitar Ketep Pass, yakni Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet.

Jadi ada 5 (lima) gunung, dalam bahasa sanskerta 5 adalah Panca sedang Arga berarti gunung — Panca arga sama dengan Lima gunung. Meskipun kita juga dapat melihat gunung-gunung kecil ditempat ini, misalkan Gunung Telomoyo yang terkenal dengan gunung yang bisa didaki dengan kendaraan.


Baca Juga :


Salah satu pelataran atau halaman Panca Arga di Ketep Pass sisi timur (Foto Keluarga Supagi – Kissparry Semarang)

Setelah puas mengitari pelataran dari berbagai sudut ini, silakan turun ke arah barat, untuk ke Ketep Vulcano Theatre. Dan sebaliknya untuk yang parkit di halaman parkir barat dan pelataran barat, silakan ke Pelataran PancaArga dan turun ke Vulcano Centre.

Sewa teropong ditempat ini Rp 5.000,- (lima ribu rupiah), sekali pakai, satu teropong bisa dipakai bergantian.

Ketep Vulcano Theatre

Vulcano theatre merupakan tempat pertujukan layar lebar berkaitan dengan kegunungapian terutama Gunung Merapi yang sering meletus, dan letusan paling dahsyat akhir-akhir ini yakni tahu 2010 menjadi tayangan utama.

Tiket masuk berlaku tersendiri tidak menjadi satu dengan tiket tanda masuk lokasi. Durasi theatre berkisar 14 menit saja, namun kadang harus antre atau menunggu pengunjung yang lain.

Halaman Sisi Barat

Di halaman ini pemandangan juga masih cukup menarik, dengan latar belakang prasasti peresmian Ketep Pass oleh Presiden Megawati. Kemudian disampinga ada Puncak Garuda puncak Gunung Merapi yang diatasnya diberi simbol burung garuda.

Miniatur Puncak Garuda di Gunung Merapi, disertai simbol burung garuda – Ketep Pass – Kissparry Weanind

Di area ini

Ruang Pamer dan Gazebo

Berjalan ke sebelah baratnya lagi ada ruang pamer terbuka, yang menampilkan sisi lain dari wisata di Jawa Tengah, dan seterusnya adalah Gazebo yang berfungsi juga gardu pandang disebelah barat.

Ditempat ini juga bagus untuk pengambilan gambar, sehingga jangan melewatkan ke area ini.

Gazebo sisi barat, gardu pandang, Ketep Pass, Ketep, Magelang

Ke Area Permainan & Kuliner

Selah ini silakan ke area kuliner yang tersedia di bawah, banyak warung-warung (cafe) yang berada di lereng lembah. Saat turun menuju lembah di area kuliner, kita akan melewati arena bermain ringkas.

O.. iya… di area atas juga ada restoran, juga ada Cafe.

Keliling Ketep Pass sudah selesai.

Kissparry
Editor: EswedeWea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.