Arsip

Sekolah Kehidupan yang Menginspirasi, Selalu Ada Solusi

Sesuatu yang menginspirasi kali ini diberi tema, Sekolah Kehidupan, karena pada dasarnya seorang anak itu perlu 2 (dua) ilmu, yaitu ilmu agama dan ilmu keterampilan hidup.

Sejak dimulai awal tahun 1990an, saat ini sudah banyak yang mengikuti model sekolah alam dan belajar di rumah sendiri (home schooling). Alasannya, sekolah formal cenderung belajar seperti kacamata kuda. Padahal, lingkungan saat ini dan kedepan memerlukan penyikapan yang lebih kompleks.

Tetapi pada intinya, kebutuhan ilmu paling mendasar bagi anak-anak “hanya” dua macam saja. Yaitu: ilmu agama dan ilmu ketrampilan hidup.

Ilmu agama ini dasar utama. Karena agama diperlukan saat orang masih hidup maupun setelah matinya. Sedangkan ilmu ketrampilan hidup digunakan agar anak-anak nanti dalam menjalankan agamanya berjalan lancar. Tidak menjadi peminta-minta.

Anak-anak warga setempat bermain di salah satu area outbound dan outing di Camp Bell 2 Edupark Tawangsari

Ilmu agama yang sangat diperlukan, dan akan terus dipraktekkan yaitu tentang Keimanan (rukun iman) dan Peribadatan (rukun Islam). Adapun ilmu ketrampilan hidup yaitu ketrampilan minimal yang diperlukan seseorang. Seperti: bisa membaca, menulis, bicara, berhitung, dan ketrampilan khusus.


Baca Juga :


Apa saja ketrampilan khusus? Ketrampilan yang bisa untuk digunakan mencari nafkah. Seperti: keahlian perbengkelan, reparasi, komputer, pertanian, kuliner, atletik, pengobatan, industri rumah tangga, bangunan, serta ketrampilan lain yang disesuaikan dengan kondisi fisik seseorang, lingkungan hidup, dan kebutuhan masyarakat.

Mengenai pengakuan atau ijazahnya bagaimana? Jangan kuatir. Sudah lama Pemerintah menyetarakan pendidikan masyarakat dengan ijazah kejar paket. Ijazah paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA. Lha, kalau ingin gelar universitas bagaimana? Kan ada UT (Universitas Terbuka)?

Subhanallah.. selalu ada solusi.

Arsip Kissparry
Oleh Hasprabu, KoDe, 07/03/2017 @hasprabu
di Unggah oleh LikKasjo (Sekayu)
Editor EsewedeWea

Hasprabu adalah nama pena dari Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat PATRI berkedudukan di Jakarta (saat ini)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.